Home Mobil Tips Menjaga Performa Mobil Agar Tetap Prima

Tips Menjaga Performa Mobil Agar Tetap Prima

0 1268

Tips Menjaga Kinerja Mobil, Bagi sebagian orang, berkendara dengan mobil pribadi merupakan kegiatan yang menyenangkan. Tidak sekedar untuk penyalur, mobil juga bisa digunakan bersama keluarga untuk pergi bertamasya atau sekedar keliling kota.

Kendaraan roda empat ini masih menjadi alat transportasi andalan masyarakat di Indonesia. Selain aman dan nyaman, berkendara dengan mobil dinilai lebih praktis dibandingkan dengan menaiki alat transportasi umum.

Penggunaan mobil dalam jangka waktu panjang akan berdampak pada menurunnya performa kendaraan. Tidak hanya itu, beberapa komponen mobil biasanya akan mengalami aur sehingga membutuhkan penggantian.

Akan tetapi tak jarang para pemilik kendaraan roda empat mengabaikan perawatan komponen-komponen mobil yang sebenarnya merupakan sebuah rutinitas yang harus dilakukan. Jika hal tersebut dibiarkan terus-menerus, akan mengakibatkan pada menurunnya performa mobil. Bahkan bisa jadi komponen-komponen tersebut mengalami kerusakan.

Agar hal semacam itu tidak terjadi, alangkah baiknya Anda melakukan perawatan secara rutin, termasuk mengganti komponen suku cadang yang telah habis masa pakainya.

Cara Menjaga Performa Mobil 2

Di bawah ini terdapat beberapa komponen mobil yang membutuhkan perawatan rutin supaya performa mobil tetap terjaga dilansir dari Breakerlink:

1. Filter udara mobil

Filter udara merupakan salah satu komponen yang mendukung kinerja mesin kendaraan. Apabila asupan tidak lancar, akan beraikbat pada proses pembakaran yang tidak maksimal dan konsumsi bahan bakar yang boros.

Umumnya komponen ini membutuhkan penggantian setelah kendaraan menempuh jarak sejauh 60 ribu kilometer. Tetapi bila Anda sering melintasi daerah berdebu, disarankan untuk mengganti filter udara lebih awal dari waktu yang ditetapkan.

2. Oli (pelumas)

Seperti yang diketahui bersama, oli mesin harus diganti secara rutin. Apabila oli telah keruh dan tidak segera diganti, akan mengakibatkan daya lumas berkurang. Alhasil suara mesin terdengar lebih kasar. Untuk menghindari permasalahan tersebut, lakukan penggantian oli setiap menempuh 6 ribu kilometer.

3. Brake pads

Komponen yang memiliki nama lain kanvas rem ini merupakan salah satu komponen terpenting pada mobil. Brake pads berfungsi untuk mengurangi laju kendaraan. Komponen ini bekerja dengan cara bergesekan pada piringan tromol ataupun cakram.

Hal tersebut akan membuat ketebalan kanvas rem menipis sehingga pengereman menjadi kurang pakem. Kanvas rem umumnya memerlukan pergantian jika mobil telah menempuh 90 ribu kilometer. Akan tetapi jika mobil digunakan pada perkotaan, masa pakai brake pads akan lebih singkat.

4. Suspensi

Bisa dikatakan komponen ini tidak memerlukan banyak perawatan layaknya tiga komponen sebelumnya. Kendati demikian perawatan suspensi tidak boleh diabaikan.

Apabila mobil sering melalui jalanan berlubang dan rusak, tentu saja akan berdampak pada komponen tersebut. Kinerja suspensi dapat menurun seiring pemakaian dalam jangka waktu yang lama.

Untuk menjaga kinerja suspensi agar tetap maksimal, usahakan untuk menghindari jalanan yang berlubang ataupun rusak. Jika komponen ini mengalami kerusakan, segera bawa ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya untuk diperbaiki.

5. Kanvas kopling

Kanvas kopling merupakan komponen yang bekerja ekstra berat sebab harus bergesekan ketika memutus atau menyalurkan daya dari jantung pacu ke roda mobil. Oleh karena itu, perawatan kanvas kopling wajib Anda lakukan secara rutin.

Untuk penggunaan harian, kanvas kopling harus diganti setiap menempuh jarak 160 ribu kilometer. Penggantian tergantung dari pola mengemudi. Jika Anda suka mengendarai mobil dengan agresif, waktu penggantian akan semakin cepat.

Demikian adalah tips mobil untuk menjaga performa mesin seperti baru. Melakukan perawatan secara rutin pada mobil kesayangan Anda tidak hanya berdampak pada terjaganya performa mobil, namun juga meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply