Home Auto News Yamaha Indonesia Siap Luncurkan Motor Matic Terbaru!

Yamaha Indonesia Siap Luncurkan Motor Matic Terbaru!

0 4044

Motor Matik Yamaha Terbaru 2015, Persaingan di pasar motor Tanah Air tidak berhenti sampai di sini saja. Menjelang bulan ketiga di tahun 2015, agen pemegang merek (APM) di Indonesia semakin gencar meluncurkan motor baru nya. Kali ini berita baru datang dari salah satu produsen motor ternama asal Jepang, Yamaha.

Rencananya minggu depan, tepatnya pada hari Selasa (03/02/2015) Yamaha akan merilis model barunya. Menurut kabar yang berkembang motor yang akan dihadirkan oleh Yamaha merupakan model skuter matik atau juga dikenal dengan istilah skutik.

Ketika dikonfirmasi mengenai motor apa yang akan dirilis, Mohammad Masykur, selaku Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) enggan untuk mengungkapkannya. Kendati demikian Masykur memberikan sedikit informasi.

“Nanti Selasa kita tunggu. Ya, motor matik,” ujar Masykur ketika ditemui di Semarang, Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu.

Masykur menjelaskan, motor matik tersebut merupakan versi peningkatan dari skutik yang sudah dipasarkan oleh Yamaha Indonesia. Skutik terbaru itu akan dipersenjatai dengan dapur pacu yang telah dilengkapi dengan teknologi Blue Core.

“Produksnya yang sudah ada. Tapi ganti mesin Blue Core,” jelasnya.

Selain itu Masykur juga mengungkapkan bahwa motor matik tersebut mempunyai desain yang futuristik. “Udah pakai lampu LED kayak NMAX. Desainnya futuristik,” kata Masykur.

Lantas, skutik mana yang akan diluncurkan? Masykur tidak bersedia untuk menjelaskannya lebih jauh. “Produkya apa? Tungu hari Selasa,” singkatnya.

Yamaha NMAX 2015 Indonesia 1

Jika melihat-lihat skutik Yamaha yang diniagakan di Indonesia, ada beberapa model yang memang belum dibekali teknologi Blue Core. Diantaranya GT 125, Mio GT, Soul GT, Mio J, Fino FI, X-Ride dan Xeon RC. Masykur mengatakan, skutik terbaru tesebut memiliki kapasitas mesin dan frame yang telah ditingkatkan.

“Ganti frame dan nambah kapasitas mesin,” ujarnya.

Sekedar contoh, Mio model lama memiliki mesin 115 cc. Setelah dibekali dengan mesin Blue Core kapasitasnya naik menjadi 125 cc. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa skutik terbaru Yamaha nantinya juga akan mengalami peningkatan serupa.

Artinya, jika Yamaha melakukan peningkatan pada skutik 115 cc, bisa jadi akan meningkat menjadi 125 cc, sama seperti Mio M3 yang telah lebih dulu mengaspal. Namun, apabila skutik tersebut memiliki mesin 125 cc, kemungkinan besar akn meningkat menjadi 155 cc seperti Yamaha NMAX.

Akan tetapi jika ditelaah, tidak menutup kemungkinan skutik yang dimaksud adalah Soul GT 115. Jika benar, motor matik tersebut akan naik kelas menjadi 125 cc, seperti saudaranya Mio M3.

Sebagai pembanding, Yamaha Mio dipersenjatai dengan mesin 4 langkah SOHC 2-klep pendingin udara dengan kapasitas 113,7 cc. Mesin tersebut sanggup menghasilkan tenaga sebesar 8,9 ps pada putaran 12.000 rpm dan torsi mencapai 7,84 Nm pada 7.000 rpm.

Pada sistem pengeremannya, Mio menggunakan rem hydraulic single disc pada bagian depan, dan rem belakang drum. Suspensi depan dan belakang skutik ini mengandalkan model teleskopik. Sementara ban depan berukuran 70/90-14MC 34P dan belakang 80/90-14MC 34P. Yamaha Mio ini mengaplikasikan rangka tipe steel tube.

Sementara Yamaha Mio M3 125 yang telah dilengkapi dengan teknologi Blue Core dibekali mesin 4 langkah, SOHC, satu silinder, pendingin udara yang memiliki kapasitas sebesar 125 cc. Sitem bahan bakarnya telah menganut fuel injection. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya sebesar 70 kW pada 8.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Tidak ada yang berbeda pada sistem pengeremannya. Bedanya, Mio M3 menggunakan ban belakang berukuran 80/90-14M/C 40 dengan suspensi belakang unit swing. Rangka skutik ini menggunakan tipe underbone.

Source: yamaha matic terbaru 2016, yamaha matic 2016, yamaha mio terbaru 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply