Home Motor Tips Membeli Motor Bekas Yang Harus Anda Ketahui

Tips Membeli Motor Bekas Yang Harus Anda Ketahui

0 2283

Membeli Motor Bekas. Kini persaingan pasar motor di tanah air semakin sengit. Setiap bulan para agen pemegang merek (APM) meluncurkan motor baru andalannya dengan sejumlah keunggulan dan fitur menarik. Hal tersebut membuat calon pembeli dihadapkan dengan beragam pilihan dan tinggal memilih mana kendaraan yang sesuai dengan keinginan.

Namun bukan berarti pasar motor bekas sepi peminat. Tetap banyak masyarakat yang membeli motor bekas karena beberapa alasan. Bagi Anda yang ingin membeli motor, namun tidak memiliki cukup dana, motor bekas bisa menjadi solusinya.

Kini, dengan adanya lembaga pembiayaan calon konsumen dapat membeli kendaraan bekas yang diinginkan. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan saat melakukan angkat kredit untuk membeli motor bekas?

Jimmy, pemilik gerai motor bekas CV Motor88, rekanan dealer Adira Used Motorcycles, memiliki beberapa tips untuk calon pembeli motor bekas.

1. Garansi

Tidak jarang calon pembeli termakan oleh bujuk rayu dari pedagang motor bekas lantaran masih awamnya calon pembeli tentang mesin. Oleh karena itu, meskipun tidak memiliki cukup pengetahuan mengenai mesin, pastikan ada garansi untuk kendaraan yang hendak dibeli.

“Ya banyaklah omong-omongan yang disalurkan ke konsumen supaya mereka tertarik, satu-dua bulan datang ke toko, saat ditanya soal garansi, bilangnya oh gampang deh. Namun, satu-dua bulan bali k lagi, jawabnya o enggak bisa, Pak, harus bayar… Untuk itu, tanya, garansi berapa lama, dan bentuknya seperti apa? Termasuk spare part atau tidak? Diperjelas saja,” paparnya.

Tips Beli Motor Bekas 2

2. Pastikan jumlah DP

Jika memutuskan untuk membeli motor secara kredit, tentu ada uang muka atau down payment (DP) yang harus dibayarkan. Hal ini juga berlaku saat membeli motor bekas. Akan tetapi, tidak sedikit DP yang tertera di brosur atau tempat lainnya hanya untuk menarik konsumen semata, padahal kenyataannya tetap dikenai dengan sejumlah biaya tambahan. Untuk itu, menanyakan mengenai DP yang harus dikeluarkan merupakan hal yang wajib.

“Apakah uang DP itu tidak perlu penambahan lagi, apakah termasuk asuransi, termasuk angsuran pertama. Jadi kita banyak nanya aja supaya kita sendiri tidak awam,” jelasnya.

3. Denda

Tidak menutup kemungkinan konsumen tidak membayar angsuran kredit motor bekas karena beberapa alasan. Keterlambatan membayar kredit biasanya akan dikenai denda dengan jumlah tertentu. Oleh karena itu, calon konsumen harus mengetahui besaran denda yang harus dibayarkan jika terlambat membayar angsuran kredit.

Denda yang ditanyakan bisa lebih mendetail, seperti apakah angka yang berlaku berdasarkan bulan saja atau dihitung perhari. Tanyalah secara spesifik sehingga Anda paham betul mengenai mekanisme denda.

4. Debt Collector

Salah satu permasalahan yang ditakuti oleh konsumen dalam kredit adalah didatangi debt collector. Tak jarang hal tersebut memunculkan konflik berkepanjangan. Oleh karenanya konsumen harus bersikap realistis dan memastikan kapan kendaraannya diambil oleh debt collector saat konsumen lalai mengangsur.

Anda dapat menanyakan dalam kurun waktu berapa lama kolektor mengambil kendaraan Anda. Sebagai nasabah Anda berhak untuk mendapatkan informasi tersebut. Para penjual juga wajib menjelaskan informasi tersebut kepada nasabah.

“Jangan cuma punya uang Rp 500.000, ambil kredit, kita tidak mampu nerusin, didatengin kolektor, berantem, kenapa motor ditarik. Sebenarnya itu semua jelas, unit itu dikembalikan kurung waktu 30 hari-60 hari, baru diambil kolektor, atau dendanya berapa,” tutupnya.

Demikian adalah beberapa tips motor yang perlu Anda tanyakan sebelum membeli motor bekas secara kredit. Dengan menjadi konsumen yang realistis, Anda akan terhindar dari hal yang diinginkan. Jika anda ingin membeli mobil bekas baca tips ini, Tips Membeli Mobil Bekas dan ini, Pilihan Mobil Bekas Paling Laris Di Indonesia.

Source: toko bagus motor, motor seken di bali, olx jual beli motor drag murah kediri, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply