Home Motor Salah Isi Jenis Bensin Bisa Sebabkan Performa Motor Turun

Salah Isi Jenis Bensin Bisa Sebabkan Performa Motor Turun

0 1904

4 Akibat Salah Isi Bahan Bakar Bensin Premium. Hingga saat ini sepeda motor menjadi kedaraan andalan masyarakat di Tanah Air. Ada beberapa alasan mengapa banyak masyarakat yang tetap setia dengan kendaraan roda dua ini. Diantaranya adalah kemudahannya untuk dikendarai, kepraktisan dan harga jual yang sesuai dengan kondisi ekonomi masyarakat Indonesia.

Tak heran penjualan sepeda motor baru di Indonesia berkembang pesat. Hal tersebut membuat produsen motor berlomba-lomba untuk memasarkan produk andalannya dengan mesin berperforma tinggi. Semakin canggihnya teknologi pada mesin sepeda motor, mengharuskan pemilik kendaraan paham betul mengenai perawatannya. Tidak hanya itu, sudah merupakan hal wajib bagi pemilik motor untuk mengetahui bahan bakar yang sesuai untuk kendaraannya.

Akan tetapi banyak sekali pemilik sepeda motor yang belum mengerti peran penting dari bahan bakar yang digunakan. Padahal jenis bahan bakar yang dibeli sangat berpengaruh terhadap usia motor dan performa mesin.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Welovehonda, bahan bakar atau bensin yang digunakan pada motor tidak boleh sembarangan. Harus disesuaikan antara rasio kompresi (compression ratio) pada kendaraan dengan nilai oktan pada bahan bakar yang akan digunakan. Mesin yang memiliki kompresi tinggi juga membutuhkan bensin dengan kandungan nilai oktan yang tinggi. Dengan catatan nilai oktan tidak melebihi nilai rasio kompresi.

Dampak Buruk Salah Gunakan BBM pada Motor 2

Hubungan antara rasio kompresi terhadap oktan bahan bakar mungkin sudah sering didengar. Akan tetapi belum banyak yang mengetahui apa dampak buruk jika salah menggunakan bahan bakar.

“Teknologi kendaraan sekarang ini, baik mobil atau motor terus berkembang. Ada sebagian yang kalau diisi bensin Premium, akan membuat performanya kurang maksimal. Bahkan bisa bikin mesin cepat rusak,” jelas Waljiyanto, Commercial Retail Fuel Marketing Manager PT Pertamina (Persero).

Sebagai contoh, Yamaha New V-Ixion Lightning memiliki rasio kompresi 10,4 : 1. Motor dengan rasio tersebut disarankan menggunakan bahan bakar dengan oktan RON 92.

Sementara untuk mesin dengan rasio kompresi 9 : 1, paling tidak membutuhkan bahan bakar dengan oktan RON 89 dan maksimal RON 96. Lalu untuk mesin yang memiliki rasio kompresi 10 : 1, minimal menggunakan bahan bakar beroktan RON 92 dan maksimal RON 100.

Jika Anda ingin mengetahui informasi mengenai rasio kompresi pada kendaraan, Anda dapat melihatnya di buku petunjuk kendaraan pada bagian spesifikasi mesin.

Seperti yang diketahui bersama, bahan bakar yang lazim digunakan di Indonesia ada dua jenis, yakni bahan bakar dengan RON 88 seperti Premium dan RON 92 semisal Pertamax. RON atau Research Octane Number adalah nilai ukur oktan yang digunakan di Indonesia. Nilai RON didapatkan dari proses pengujian ketahanan bahan bakar terhadap tekanan kompresi pada kondisi putaran mesin rendah.

Lalu apa saja yang timbul jika pengguna motor tidak menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan rasio kompresi mesin?

Berikut adalah dampak buruk salah menggunakan bahan bakar pada kendaraan:

  1. Menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan lebih rendah dari rasio kompresi dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.
  2. Sedangkan jika bahan bakar yang digunakan memiliki oktan terlalu tinggi akan mengakibatkan gagalnya pembakaran. Alhasil bahan bakar yang mengendap dapat menyebabkan munculnya kerak pada ruang pembakaran.
  3. Bisa mengakibatkan kerusakan pada ring piston yang terletak di mesin motor. Kerusakan yang timbul bisa berupa retakan ataupun patah.
  4. Dapat menurunkan tenaga sepeda motor yang dihasilkan oleh mesin.

Demikian adalah beberapa dampak buruk salah menggunakan bahan bakar pada motor. Dengan mengetahui bahan bakar yang tepat untuk kendaraan, akan membuat tunggangan Anda menjadi lebih optimal dan terhindar dari kerusakan mesin.

Source: amankaah pakai perramax dmesin motor, injeksi di isi premium, motor salah isi premiun injeksi, kenapa beat injeksi tidak bisa diisi premium, injeksi terlalu sering isi premium, gejala jika memakai bensin premium pada vixion, dampak motor injeksi pakai premium, bolehkah matic diisi premium, bensin premium untuk sepeda matic injeksi, apakah motor boleh diisi premium, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply