Home Mobil Cara Menghindari Tabrakan Mobil Lepas Kendali

Cara Menghindari Tabrakan Mobil Lepas Kendali

0 1697

Menangani Mobil Lepas Kendali Rem Blong. Di Indonesia, kecelakaan mobil tetap menjadi salah satu hal yang menyebabkan banyak orang meninggal. Masih tingginya kasus kecelakaan mobil yang terjadi membuat kita harus berpikir lebih dalam mengenai seberapa pentingnya berkendara secara aman di jalanan. Banyaknya pengendara ugal-ugalan membuat kita harus lebih berhati-hati dalam berkendara agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Ada banyak penyebab yang memicu timbulnya kecelakaan, salah satunya adalah mobil lepas kendali atau mobil yang terus-menerus melesat walaupun pengendara tidak menginjak pedal gas. Dalam keadaan semacam itu adalah hal wajar jika pengemudi merasa panik, terlebih saat kondisi jalanan tengah ramai.

Mobil yang lepas kendali dikarenakan oleh beberapa faktor, antara lain karpet obil yang tersangkut di pedal gas, adanya benda atau botol minuman yang tidak sengaja menindih pedal, hingga menimbulkan kerusakan pada sistem gas di mesin mobil. Permasalahan tersebut bisa menimpa siapa saja, khususnya bagi pengendara mobil tua terlebih lagi sudah menjadi mobil bekas.

Namun Anda tidak perlu khawatir, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat mobil yang Anda kendarai tiba-tiba berakselerasi secara terus-menerus alias hilang kendali. Berikut adalah beberapa tips mengatasi mobil lepas kendali yang bisa Anda ikuti:

1. Periksa pedal gas

Pertama kali yang perlu Anda lakukan memeriksa pedal gas mobil. Cek apakah ada benda atau karpet yang mengganjal sehingga membuat pedal gas tertekan. Disamping itu, coba Anda angkat pedal gas secara manual dengan menggunakan kaki. Dorong pedal gas dari bawah dengan menggunakan telapak kaki Anda.

2. Menetralkan gigi

P90081940

Apabila memeriksa pedal gas adalah hal yang tidak memungkinkan bagi Anda karena kondisi jalanan yang ramai, segera pindahkan gigi ke posisi netral, diikuti dengan menginjak rem. Biasanya Anda akan mendengar suara mesin yang berdengung terus-menerus.

Suara tersebut timbul lantaran gas mobil yang terus berjalan, namun transmisi berada dalam posisi netral. Sebenarnya hal ini dapat merusak mesin mobil, akan tetapi nyawa Anda lebih adalah yang terpenting.

3. Mematikan mesin mobil

Jika langkah di atas terasa sulit untuk dilakukan, matikan mesin mobil dengan cara memutar kunci kontak ke posisi mati. Perlu Anda ingat, saat mesin mati Anda akan lebih sulit untuk mengendalikan mobil sebab sistem power steering juga ikut mati. Tetapi, setelah memutar kunci kontak, jangan mencabut kunci mobil sebab hal tersebut dapat membuat kemudi mobil terkunci dan tidak dapat digerakkan.

4. Injak pedal rem

Sesudah melakukan langkah-langkah di atas, jangan lupa untuk menginjak rem. Jika memang perlu gunakan kedua kaki secara bersamaan. Ingat, jangan menginjak rem dengan memompanya, karena hal itu justru membuat Anda kesulitan untuk mengentikan laju mobil.

Selain menginjak pedal rem, Anda juga dapat menggunakan tuas rem tangan. Tetapi lakukan secara perlahan. Dengan demikian mobil tidak akan berhenti secara mendadak yang pada akhirnya justru membuat penumpang terlempar ke depan.

5. Turunkan transmisi

Apabila mobil Anda berakselerasi dalam kecepatan tidak terlalu kencang, dan masih ada jarak di depan, Anda dapat memperlambat laju mobil dengan menurunkan gigi satu per satu. Hal ini akan mobil mengerem karena adanya engine braking. Kemudian untuk menghentikan laju mobil, gunakan rem tangan.

Demikian adalah beberapa cara untuk menghentikan laju mobil yang lepas kendali. Semoga tips mobil tersebut bermanfaat bagi Anda. Adalah kewajiban kita untuk berkendara secara aman dan bijak sehingga terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Source: mesin mati rem tidak berfungsi, mobil felos mesin mati rem blong, mobil solar mesin mati rem juga mati, rem blong bisakah dimatikan mesin mobilnya, rem nlong langsung cabut kunci, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply