Home Mobil Bagian-Bagian Kolong Mobil Yang Wajib Diperiksa Secara Berkala

Bagian-Bagian Kolong Mobil Yang Wajib Diperiksa Secara Berkala

0 1992

Tips Merawat Kolong Mobil. Di musim penghujan seperti saat ini, banyak sekali permasalah yang timbul pada kendaraan, baik mobil ataupun sepeda motor. Hal tersebut menjadi permasalahan tersendiri bagi para pemilik kendaraan, sehingga mengharuskannya untuk melakukan perawatan secara rutin.

Saat hujan tiba, bodi mobil menjadi mudah sekali kotor, terutama di bagian kolong baik mobil baru ataupun mobil bekas. Akan tetapi bagian tersebut jarang mendapat perhatian dari pemiliknya lantaran letaknya yang tidak dapat langsung terlihat oleh mata. Padahal pada kolong mobil terdapat banyak komponen metal yang rentan keropos.

kotoran-kotoran seperti daun dan tanah yang bercampur dengan air dapat menyebabkan meningkatnya tingkat korosi, sebab kotoran tersebut dapat dengan mudah menempel pada lampisan sempit kolong mobil. Apabila kotoran tersebut tidak segera dibersihkan dan tetap mengendap di bagian mobil, bisa jadi akan menimbulkan kerusakan.

Oleh karena itu, jangan pernah melupakan perawatan pada bagian ini. Paling tidak bersihkan kolong mobil setiap satu minggu sekali, dengan catatan intensitas hujan tidak terlalu besar. Namun jika mobil Anda sering terkena hujan, terlebih lagi kerap melalui jalanan yang tertutup oleh banjir, disarankan untuk membersihkannya setiap dua kali dalam seminggu.

5 Bagian Kolong Mobil yang Harus Dijaga 2

Ada beberapa bagian yang harus Anda bersihkan dan periksa secara teratur agar mobil selalu dalam keadaan yang baik. Berikut adalah 5 area kolong mobil yang perlu dibersihkan:

1. AS roda

Komponen AS roda mobil, terutama pada mobil berpenggerak roda depan harus selalu dibersihkan. Sebab kotoran dan butiran tanah yang ada di jalanan dapat menempel sehingga berpotensi menyebabkan kerusakan karet pelindung AS roda.

Dalam jangka waktu yang panjang, kotoran tersebut akan terus menumpuk dan dapat merusak pelumas pada joint kopel sehingga terbuang dan mudah rusak.

2. Lantai pelindung

Beberapa pabrikan mobil melindungi box mesin dengan lantai. Hal ini dilakukan untuk mencegah cipratan air bercampir dengan tanah dan bermacam-macam kotoran lainnya. Pada umumnya lantai pelindung tersebut dipasang dengan klep karet atau mur yang bisa saja kendur karena beberapa hal.

Oleh karenanya jangan lupa untuk memeriksa lantai pelindung ini. Lihat apakah ada komponen yang mengalami kendur, sehingga komponen di dalamnya selalu dalam keadaan bersih dan mesin dapat berfungsi secara maksimal.

3. Steering rack

Kotoran juga dapat menyebabkan kerusakan pada bagian power steering. Sebab kotoran yang dibiarkan menumpuk pada kareet boot pelindung sistem kemudi rack dan pinion dapat menyebabkan bocornya oli power steering. Saat membersihkan bagian tersebut, jangan lupa untuk mengecek apakah ada rembesan oli. Tujuannya untuk menjaga sistem kemudi tetap normal.

4. Suspensi

Komponen penting lainnya yang rentan mengalami kerusakan akibat kotoran adalah suspensi. Jika sela-sela per suspensi kotor, dapat menyebabkan berdecit dan membuat suasana berkendara menjadi tidak nyaman. Oleh karena itu jangan lupa untuk membersihkan komponen yang berperan penting untuk menopang beban kendaraan ini. Bersihkan secara rutin sebab sil karet dapat cepat rusak jika terdapat kotoran yang menempel.

5. Kondensor AC

Lantaran letaknya yang rendah dan dekat dengan permukaan jalan, kondensor AC sangat mudah terkena kotoran. Kotoran-kotoran tersebut dapat menghilangi kisi-kisi kondensor. Modelnya yang sejajar dengan radiator, dapat membuat kotoran menghambat pelepasan panas AC dan mengganggu kinerja mesin. Untuk mencegah kondisi semakin parah, lakukan pembersihan secara rutin.

Demikian adalah 5 bagian kolong mobil yang perlu dibersihkan. Menjaga kebersihan kolong mobil akan membuat kinerja kendaraan tetap maksimal dan meminimalisir pengeluaran biaya yang lebih banyak lantaran rusaknya komponen mobil.

Source: bagian bagian pada bawah mobil, Bagian bawah mobil nama nama, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply