Home Mobil Tips Merawat Velg Mobil Tetap Kinclong Seperti Baru

Tips Merawat Velg Mobil Tetap Kinclong Seperti Baru

0 2315

Tips Membuat Velg Mobil Mengkilap Tetap Indah. Seperti yang kita ketahui, mobil terdiri dari berbagai macam komponen. Dari sekian banyak komponen yang menempel, velg merupakan salah satu bagian yang memiliki peran penting. Sebab velg menjadi tempat bersemayamnya ban. Ban yang menempel di ujung luar jari-jari roda akan bergesekan dengan jalanan saat berputar sehingga membuat mobil dapat berjalan.

Tidak hanya itu, dengan sedikit ubahan pada bagian velg tampilan mobil akan berubah menjadi lebih menarik dari sebelumnya. Oleh karena itu banyak pemilik mobil yang melakukan modifikasi pada bagian velg kendaraannya. Banyaknya jenis velg yang dijual di pasaran membuat pemilik mobil semakin leluasa untuk memilih velg mana yang diinginkan.

Meski begitu bukan berarti velg mobil tidak membutuhkan perawatan. Kondisi velg harus selalu diperhatikan kondisi dan kebersihannya. Letak velg yang berada di bawah biasanya sering menghantam lubang maupun tergores suatu benda. Hal inilah yang kerap luput dari perhatian sang pemilik. Lalu bagaimana cara merawat velg yang baik?

Nieza, Manager Trijaya Ban 83 area Otista, Jakarta Timur menerangkan, ada beberapa hal yang harus dicermati untuk menjaga kondisi velg mobil agar tetap baik. Salah satu diantaranya adalah memeriksa tekanan angin ban.

Tips Perawatan Pelek Mobil 2

“Kalau perlu sebulan sekali dicek tekanan angin, jangan kurang, jangan lebih. Karena, ketika terkena lubang, atau benturan keras ban dapat melindungi Velg,” jelas Nieza.

Nieza melanjutkan, apabila pengendara memacu mobil dalam kecepatan tinggi dan menghantam lubang, hal tersebut dapat menyebabkan velg menjadi penyok, peyang, terkelupas atau bahkan lebih parahnya bisa retak.

“Itu membuat laju mobil bisa tidak terkendali, berbahaya,” tambah Nieza.

Jika velg mobil mengalami kerusakan semacam itu, bisa dipastikan pemilik mobil harus melakukan servis velg yang harganya berkisar Rp 150 ribu untuk kerusakan ringan hingga Rp 600 ribu untuk kerusakan velg yang berat.

“Semua tergantung kerusakan, karena velg lecet, atau peyang bisa di-press dan dicat ulang. Kalau velg krom, ya harus dikrom ulang. Kalau rusak sangat parah, mending beli velg baru,” papar Nieza.

Lalu bagaimana cara menjaga kebersihan velg mobil yang benar? Disamping memberi cara sederhana untuk merawat velg, Neiza juga memberikan beberapa tips mobil ini untuk membersihkan velg mobil secara sederhana. Berikut adalah beberapa teknik membersihkan velg yang dijelaskan Nieza:

  1. Apabila Anda hendak mencuci velg mobil, tunggulah hingga kondisi velg dingin terlebih dahulu. Sebab, apabila kondisi velg masih panas dan langsung dicuci dapat menyebabkan munculnya jamur pada velg.
  2. Jika velg kendaraan Anda kotor, ada baiknay untuk segera membersihkannya. Jangan lupa untuk membersihkan hingga ke bagian sela-sela. Anda dapat memanfaatkan sikat kecil atau kuas untuk menjangkaunya.
  3. Jangan menggunakan sabun colek untuk membersihkan velg mobil. Karena, sabun colek tidak dibuat untuk membersihkan velg. Penggunaan sabun tersebut justru dapat merusak kondisi velg. Lebih baik Anda menggunakan sampo khusus velg. Sementara bagi Anda yang menggunakan velg krom, gunakan sampo khusus velg krom.
  4. Apabila velg mobil Anda terkena aspal yang menempel, pembersihannya bukan menggunakan air ataupun dikerok, namun dengan menggunakan minyak tanah, atau bensin. Setelah itu gunakan sampo khusus velg mobil.

Demikian adalah beberapa tips velg mobil yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah. Kondisi velg yang selalu terjaga akan membuat perjalanan Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Tidak hanya itu, velg yang selalu bersih akan membuat pengendaranya lebih percaya diri.

Source: perawatan velg, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply