Home Mobil Cara Membedakan Jok Kulit Asli Dan Sintetis Pada Interior Mobil

Cara Membedakan Jok Kulit Asli Dan Sintetis Pada Interior Mobil

0 2403

Cara Membedakan Jok Kulit Asli Dengan Sintetis. Tidak sedikit orang yang merasa bosan dengan tampilan standar mobil miliknya. Oleh karena itu banyak pemilik kendaraan yang memutuskan untuk mempercantik tampilannya dengan beragam cara. Melakukan ubahan tidak hanya dilakukan pada bagian eksterior saja, namun juga menjangkau sisi interior mobil itu sendiri.

Berbagai perlengkapan dan hiasan disematkan untuk menghadirkan kesan nyaman dan menarik. Salah satu bagian yang sering diubah adalah jok mobil. Di pasaran terdapat beberapa jenis jok yang biasa digunakan.

Pertama adalah auto seat cover atau jok mobil non permanen. Sarung jok ini cukup praktis karena bisa dipasang dan dilepas dengan mudah. Cara pemasangannya cukup mudah, yakni dengan mengait-ngaitkan karet ke bawah jok dengan kawat cantol. Namun kekurangan dari jok jenis ini tidak mengikuti lekuk busa.

Berikutnya adalah sarung jok semi paten. Jok jenis ini banyak digunakan oleh pemilik mobil, karena pemasangannya tidak perlu melepas jok asli. Dengan kata lain jok mobil asli dilapisi dengan sarung jok mobil yang baru. Kelebihan lain dari sarung jok semi paten ini tidak merusak lapis jok mobil asli.

Yang terakhir adalah sarung jok paten. Pemasangannya dilakukan dengan membuka lapis jok mobil. Setelah tersisa busa dan kerangka, barulah dibalut kembali dengan sarung jok yang baru.

Tips Membedakan Jok Kulit Asli dan Sintetis 2

Terlepas dari berbagai jenis sarung jok mobil yang ada, umumnya banyak pemilik mobil yang menggunakan sarung jok berbahan kulit. Hal tersebut dapat membuat tampilan interior mobil terlihat lebih menarik dan bernilai.

Namun bagi Anda yang ingin melakukan hal serupa, ada beberapa hal yang harus Anda cermati. Sebab jika tidak hati-hati dan teliti, Anda justru tertipu oleh sarung jok kulit sintetis.

Sebenarnya membedakan jok kulit asli dengan sintetis tidak terlalu sulit. Menurut informasi yang disampaikan oleh Fany Darmawan, pemilik Generous Car Leather Seat di bilangan ruko Demarket Otomotif Depok, ada beberapa hal yang membedakan jok kulit asli dengan sintetis.

“Pasti ada bedanya yang asli dan sintetis. Ada beberapa perbedaan yang bisa langsung diliat,” kata Fany.

Berikut adalah beberapa tips membedakan jok kulit asli dan sintetis:

  1. Wangi jok kulit asli dan sintetis berbeda. Kulit asli mempunyai aroma amis kulit, sementara wangi kulit sintetis cenderung berbau karet.
  2. Tekstur kulit asli terasa lebih kasar. Lain halnya dengan jok kulit sintetis yang terasa lebih lembut. Untuk mengetahuinya Anda dapat meraba kulit jok tersebut.
  3. Selain itu jok kulit bersifat menyerap keringat, sedangkan kulit sintetis tidak dapat menyerap keringat sehingga sangat mengganggu kenyamanan Anda selama berkendara.

Sebagai pembanding, jok kulit yang dijual di gerai milik Fany berkisar Rp 8 juta hingga Rp 10 juta untuk jok kulit asli. Sementara untuk jok kulit sintetis dipatok dengan harga Rp 3 juta sampai Rp 5 juta.

Harga jok kulit asli yang terbilang cukup mahal bukan tanpa sebab. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh jok kulit asli. Diantaranya jok jenis ini tidak terasa panas ketika bersentuhan dengan tubuh. Selain itu jok kulit asli lebih cepat melepas panas dibandingkan dengan jok kulit sintetis. Jok kulit asli juga anti gores dan tahan lama, bisa digunakan hingga lebih dari lima tahun.

Kendati demikian jok kulit asli tetap membutuhkan perawatan khusus. Jok jenis ini harus selalu terjaga kelembabannya. Sebab sama halnya dengan kulit manusia, jika jok kulit asli terlalu kering dapat menimbulkan retak-retak. Kami memiliki beberapa tips mobil lainnya sekedar untuk menambah pengetahuan dan berbagi informasi yaitu Tips Merawat Velg Mobil Seperti Baru, Tips Membeli Mobil Secara Online, Cara Merawat Mesin Mobil dan Tips Membeli Mobil Tipe SUV.

Source: jok kulit mobil perbedaan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply