Home Mobil Barang-Barang Yang Harus Ada Di Mobil Saat Musim Hujan

Barang-Barang Yang Harus Ada Di Mobil Saat Musim Hujan

0 1944

Barang Dan Perlengkapan Mobil Saat Musim Hujan. Memasuki bulan ketiga tahun 2015, musim hujan masih menjadi teman setia bagi masyarakat Tanah Air, terlebih para pengguna jalan. Tergenangnya ruas jalan oleh air hujan masih menjadi pemandangan yang sering kita lihat.

Selain menjadi berkah bagi sebagian orang, hujan yang turun menjadi permasalahan tersendiri bagi para pemilik kendaraan, baik mobil maupun sepeda motor. Bagi pengendara sepeda motor, ketersediaan jas hujan sudah tentu menjadi hal yang tidak boleh terlewatkan.

Lalu bagaimana dengan orang yang mengendarai mobil? Adakah yang perlu dipersiapkan sebelum berkendara?

Meskipun pengendara mobil terlindung dari hujan, bukan berarti tidak memerlukan perlengkapan khusus untuk menghadapi air hujan. Pastinya Anda tidak ingin kebasahan tersiram air hujan begitu keluar dari mobil.

Berikut adalah beberapa perlengkapan yang wajib  di dalam mobil saat musim hujan seperti saat ini:

1. Payung

Payung adalah salah satu benda yang harus ada di dalam mobil Anda. Payung sangat dibutuhkan ketika keluar dari mobil menuju ke suatu tempat yang tidak terlindung dari air hujan. Usahakan untuk meletakkan payung di tempat yang tidak mengganggu konsentrasi Anda saat berkendara. Jika memang perlu Anda dapat membawa payung yang dapat dilipat sehingga lebih praktis dan tidak memakan banyak tempat.

Perlengkapan Untuk Musim Hujan 2

2. Jas hujan

Jas hujan sangat bermanfaat untuk mengurangi tubuh terkena hujan ketika keluar dari mobil. Selain itu jas hujan sangat berguna dalam kondisi darurat, seperti mengganti ban dan lain-lain. Dianjurkan untu memilih jas hujan model jaket karena tidak akan mengganggu gerak Anda.

3. Sandal

Agar sepatu yang Anda gunakan tidak basah maupun kotor saat turun dari mobil, tentu Anda membutuhkan sandal. Oleh karenanya jangan lupa untuk menyiapkannya di dalam mobil Anda. Sepatu yang basah dapat membuat Anda merasa tidak nyaman, khususnya saat digunakan untuk mengemudi mobil.

4. Lap sintetis

Selain dua hal di atas, jangan lupa untuk menyiapkan benda yang satu ini. Lap sintetis atau yang sering dikenal dengan nama kanebo ini terkenal memiliki daya serap yang sangat baik. Saat hujan reda, gunakan lap tersebut untuk membersihkan sisa air pada kaca depan, kaca spion dan kaca belakang untuk mobil yang tidak memiliki wiper belakang.

Hal ini perlu dilakukan agar air hujan yang menempel tidak meninggalkan bercak yang akan menghalangi pandangan Anda saat mengemudi. “Supaya pandangan bersih lagi, dan cegah bercak dari sisa air,” kata Adhi Roesh, anggota Honda Brio Community.

5. Pakaian ganti

Pakaian ganti wajib dipersiapkan untuk mengantisipasi jika pakaian yang Anda kenakan basah atau lecek. Cuaca yang terkadang tidak menentu dapat menjadi permasalahan tersendiri bagi Anda jika tidak mengantisipasinya sejak awal. “Saat tak hujan saja bawa, apalagi musim hujan, wajib bawa,” ujar Adhi.

Sebagai informasi tambahan, berkendara di saat hujan bukan tanpa resiko. Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar terhindar dari hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Sebelum berkendara, pastikan seluruh lampu kendaraan dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Hujan deras dapat membuat jarak pandang menjadi terbatas, sehingga mobil Anda harus terlihat oleh pengendara lain, begitu juga sebaliknya. Akan tetapi jangan gunakan lampu hazard saat hujan, kecuali dalam keadaan darurat saja. Sebab lampu hazard dapat mengganggu pandangan pengemudi lain.

Selain itu selalu jagalah kebersihan kaca, terutama kaca depan. Kaca yang bersih dapat memberikan pandangan yang jelas, terutama saat hujan turun. Kami memiliki beberapa tips mobil lainnya sekedar untuk menambah pengetahuan dan berbagi informasi yaitu Tips Merawat Velg Mobil Seperti Baru, Tips Membeli Mobil Secara Online, Cara Merawat Mesin Mobil dan Tips Membeli Mobil Tipe SUV.

Source: pemandangan hujan dari dalam mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply