Home Modifikasi Motor Modifikasi Yamaha R1 Monster Energy Terlihat Lebih Segar

Modifikasi Yamaha R1 Monster Energy Terlihat Lebih Segar

0 2160

Modifikasi Yamaha R1 MotoGP. Ada berbagai alasan mengapa masyarakat banyak yang menyukai motor gede atau yang biasa disebut dengan moge ini. Moge memiliki daya pikat sendiri yang tak lekang oleh waktu. Kapasitas mesin yang besar dan suara mesin yang terdengar gahar menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang memilih untuk membeli moge.

Meski usia moge tak lagi muda, bukanlah menjadi alasan untuk membiarkannya begitu saja. Ada beragam cara untuk membuat tampilannya terlihat muda kembali atau membuat performanya menjadi lebih gahar dan lebih memuaskan.

Sama halnya dengan Yamaha YZF-R1 lansiran tahun 2003 ini. Berkat kepiawaian rumah modifikasi JDM Project, motor gede bermesin 1.000 cc ini berubah wujud menjadi lebih segar, lengkap dengan warna biru yang menjadi warna khas Yamaha.

“Cuma dirapihkan tampilannya biar lebih segar, sengaja pilih livery superbike karena R1-kan identik sama balapan ini,” ungkap Joddy Ario, punggawa JDM Project yang bertempat di wilayah Jatiwaringin, Jakarta Timur ini.

Joddy mengatakan, moge besutan pabrikan motor asal Negeri Bunga Sakura ini tiba dalam kondisi lusuh. Oleh karenanya Joddy beserta rekannya memfokuskan sentuhan ubahan pada bagian tampilan. “Tampilan pokoknya kita buat seperti baru lagi,” kata pria berkacamata tersebut.

Sebagai langkah awal proses modifikasi, warna silver pada moge ini juga dihilangkan. Sebaggai gantinya modifikator melapisinya dengan powder coating dengan warna hitam. Dengan demikian tampilannya akan terlihat lebih gahar dan tampak menyatu dengan livery yang diterapkan.

Rupanya tidak hanya tampilannya saja yang dirombak, sektor performa Yamaha YZF-R1 ini juga ikut disegarkan. Ada beberapa komponen internal mesin yang harus diganti agar performa yang dihasilkan kembali maksimal seperti sedia kala. “Termasuk servis besar, gantis sil klep dan ganti pilot jet dan main jet karburator,” jelas Joddy.

Joddy menerangkan, mendapatkan permintaan modifikasi motor gede seperti ini bisa dibilang gampang-gampang susah. Sebab apabila pengerjaan modifikasi salah, maka kesan moge akan hilang dan terlihat norak. “Kalau ini intinya kita mau buat tampil baru seperti pada saat dijamannya motor ini beredar,” ujarnya.

Selain itu, Joddy juga menyematkan sejumlah pernak-pernik untuk memperkuat aura moge nan segar. Misalnya digunakan mika headlamp yang dibalut dengan cat smoke, lalu kulit pelapis jok yang didesain khusus, hingga knalpot besutan Leo Vince.

Sebagai tambahan informasi, spesifikasi Yamaha YZF-R1 rakitan tahun 2003 mempunyai ukuran panjang 2.040 mm, dengan lebar sebesar 705 mm dan tingginya mencapai 1.105 mm. Wheelbase moge ini mencapai 1.395 mm. Yamaha YZF-R1 dibekali dengan tangki bahan bakar berkapasitas 17 liter. Sementara bobot motor ini mencapai 174 kg.

Pada bagian kaki-kaki, YZF-R1 menggunakan ban depan berukuran 120/70-17, sementara bagian belakang berukuran 190/50-17. Sistem pengereman motor ini menggunakan dual 298 mm discs dengan 4-piston kaliper pada bagian depan, sedang bagian belakang single 220 mm disc dengan 2-piston kaliper.

Moge berlambang tiga garputala ini dibekali dengan dapur pacu yang memiliki kapasitas sebesar 998 cc, liquid cooled, 4 silinder in line, 4 stoke, DOHC. Mesin tersebut memiliki rasio kompresi 11,8 : 1.

Berbekal mesin ini, Yamaha YZF-R1 dapat mengeluarkan tenaga hingga 152 hp (113,3 kW) pada putaran 10.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 104,9 Nm (77,4 ft. lbs) pada putaran 8.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan ke roda melalui sistem perpindahan gigi 6-percepatan.

Spesifikasi motor modifikasi Yamaha YZF-R1 2003:

Ban : Michelin Pilot
Knalpot : Leo Vince
Lampu utama : Projector HID
Jok : MB Tech
Bodi : Livery by JDM Project
Lampu sein : Variasi

Source: http://otomotif.metrotvnews.com

Source: yamaha r1 modifikasi, foto modifikasi motor gede yamaha r1, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply