Home Auto News Juara Formula 1 Musim 2015 Seri Perdana, Lewis Hamilton

Juara Formula 1 Musim 2015 Seri Perdana, Lewis Hamilton

0 1102

Juara Formula 1 2015 Austraila. Pada pertandingan Formula 1 musim 2015 ini, Lewis Hamilton mendapatkan hasil yang memuaskan. Pebalap Mercedes GP tersebut berhasil meraih podium juara di seri pembuka F1 2015 yang diselenggarakan di Australia.

Balap F1 yang berlangsung di sirkuit Albert Park, pada Minggu (15/03/2015) siang WIB kemarin, Hamilton sukses mempertahankan posisi terdepannya dari awal hingga akhir lomba. Dengan mengendarai Mercedes F1 W06 Hybrid, Hamilton dapat menuntaskan 58 lap dengan catatan waktu terbaik 1 jam 31,645 menit.

Pebalap asal Inggris ini lebih cepat 1,4 detik dari rekan satu timnya, Nico Rosberg yang berada diurutan kedua. Sementara peringkat ketiga ditempati oleh Sebastian Vettel dari tim Ferrari yang berselisih 34,5 detik dari Hamilton. Sementara posisi keempat dan kelima diduduki oleh Felipe Massa dann Felipe Nasr.

Kemenangan yang diraih oleh Lewis Hamilton ini merupakan yang pertama kalinya di GP Australia setelah terakhir kali menyandang gelar juara pada 2008 silam. Keberhasilan Hamilton membuatnya berada diposisi teratas klasemen sementara dengan 25 poin, disusul oleh Rosberg dan Vettel yang menempati peringkat dua dan tiga.

Saat balap dimulai, Hamilton yang mendapat pole position langsung melesat kedepan. Di belakangnya, disusul oleh Nico Rosberg, Felipe Massa dan Sebastian Vettel.

Namun saat memasuki tikungan pertama, safety car harus masuk lintasan lantaran adanya kecelakaan yang menimpa Pastor Maldonado. Lotus E23 Hybrid yang dikendarainya menabrak tembok pembatas setelah bersenggolan dengan mobil Felipe Nasr dari tim Sauber.

Klasemen Sementara F1 2015 Australia 2

Hal tersebut membuat Maldonado terpaksa menyudahi balapan lebih awal. Namun Maldonado bukanlah satu-satunya yang gagal menyelesaikan pertandingan. Rekan satu timnya, Romain Grosjean juga tidak dapat melanjutkan balapan setelah mobilnya mengalami kendala.

Memasuki lap ke-4, safety car meninggalkan lintasan balap. Hamilton tetap berada di posisi terdepan, diikuti oleh Massa, Rosberg dan Vettel.

Bahkan hingga lap ke-17 pebalap Mercedes GP tersebut tetap menjadi yang terdepan. Pebalap yang menjadi juara dunia F1 musim 2014 ini unggul 2,7 detik atas Rosberg dan 12,7 detik dari Massa yang berada di urutan ketiga.

Pada lap ke-20 satu per satu barisan terdepan mulai masuk pit-stop untuk mengganti ban. Massa dan Vettel memasuki pit-stop pada lap ke-21 dan 25. Sementara dua pebalap Mercedes baru melakukan penggantian ban di lap ke-26.

Meskipun sempat kehilangan posisi teratasnya, Hamilton dapat merebut kembali posisi terdepan pada lap ke-27 setelah Rosberg memutuskan untuk masuk ke pit-stop.

Memasuki lap ke-35, Max Verstappen gagal melanjutkan pertandingan. Pebalap dari tim Scuderia Toro Rosso ini terpaksa harus menyudahi balapnya lantaran mobil Toro Rosso STR10 yang ia kendarai mengeluarkan asap.

Menyusul Max Verstappen, Kimi Raikkoen juga tidak dapat melanjutkan balap di seri pembuka F1 2015. Mobil Ferrari SF15-T miliknya mengalami masalah sehingga mengharuskan Raikkonen kembali ke pit pada lap ke-41.

Pada lap ke-50 Hamilton tetap tak tergoyahkan. Ia memimpin jalannya pertandingan. Hamilton unggul 2,2 detik atas Rosberg yang berada di tempat kedua dan 32 detik dari Vettel yang berada di posisi ketiga.

Hingga pertandingan usai, Lewis Hamilton tetap berada di posisi terdepan. Dengan demikian mantan kekasih Nicole Scherzinger ini menempati podium pertama dan unggul atas Nico Rosberg yang menempati podium kedua dan Sebastian Vettel yang berada di podium ketiga.

Klasemen sementara Formula 1 2015 Australia:

  1. Lewis Hamilton – Mercedes-Mercedes: 25 poin
  2. Nico Rosberg – Mercedes-Mercedes: 18 poin
  3. Sebastian Vettel – Ferrari-Ferrari: 15 poin
  4. Felipe Massa – Williams-Mercedes: 12 poin
  5. Felipe Nasr – Sauber-Ferrari: 10 poin
  6. Daniel Ricciardo – Red Bull-Renault: 8 poin
  7. Nico Hulkenberg – Force India-Mercedes: 6 poin
  8. Marcus Ericsson – Sauber-Ferrari: 4 poin
  9. Carlos Sainz Jr – Toro Rosso-Renault: 2 poin
  10. Sergio Perez – Force India-Mercedes: 1 poin

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply