Home Mobil Menghilangkan Bau Asap Rokok Pada Kabin Mobil

Menghilangkan Bau Asap Rokok Pada Kabin Mobil

0 1433

Cara Menghilangkan Bau Rokok Pada Mobil. Kabin mobil yang terlihat selalu bersih tentu menyenangkan. Membuat aktivitas berkendara menjadi jauh lebih nyaman dan tenang. Belum lagi jika aroma kabin yang wangi dan terbebas dari bau tidak sedap.

Namun kadang kala ada pengguna mobil yang gemar merokok di dalam mobil. Bahkan saat berkendara juga tak dapat melepas kegemarannya tersebut. Merokok memang menjadi suatu kebiasaan yang sukar untuk dihentikan, tak terkecuali ketika sedang mengemudi.

Akan tetapi dampak yang ditimbulkan tidak hanya sebatas mengganggu kenyamanan penumpang lainnya saja. Kebiasaan merokok di dalam mobil dapat menimbulkan bau tidak sedap yang sangat mengganggu pengguna mobil.

Melenyapkan aroma tidak sedap di dalam mobil yang ditimbulkan oleh rokok memang cukup sulit. Karena ada beberapa tempat yang harus Anda tangani agar bau tersebut hilang. Yakni pada karpet dan jok, serta pada sistem sirkulasi udara yang lebih sulit. Tidak hanya sulit, pembersihan sirkulasi udara juga membutuhkan biaya yang banyak.

Tips Hilangkan Bau Rokok pada Mobil 2

Tapi Anda tidak perlu khawatir jika mendapati kabin mobil Anda bau rokok. Ada cara untuk menghilangkan bau asap rokok hingga tidak tersisa. Berikut adalah beberapa tips singkat yang dilansir dari Carsdirect:

Langkah pertama

Pertama-tama, yang perlu Anda lakukan adalah mengeluarkan semua sampah yang ada di dalam mobil. Setelah itu lap interior mobil Anda dengan menggunakan pembersih. Gunakan alat bantu vacuum cleaner untuk membersihkan jok dan karper hingga terbebas dari kotoran atau sampah.

Langkah kedua

Setelah semua sampah telah hilang, langkah selanjutnya adalah menghilangkan bau asap rokok dari Jok. Gunakanlah penghilang bau yang memiliki bahan dasar enzim. Memang, harga penghilang bau ini tidak murah, namun setara dengan manfaat yang didapat. Untuk menggunakannya Anda hanya perlu menyemprotkan di seluruh bagian di dalam mobil.

Langkah ketiga

Langkah berikutnya adalah menghilangkan aroma rokok pada sistem saluran udara. Dalam hal ini, Anda membutuhkan penetral bau alias pengharum ruangan. Parkirkan kendaraan Anda di tempa yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Sebagai contoh Anda dapat memarkir mobil di luar ruangan, namun dengan catatan jika cuaca memang mendukung. Lalu nyalakan mesin dengan pintu mobil terbuka.

Langkah keempat

Selanjutnya, yang perlu Anda lakukan adalah membersihkan air intake yang berhubungan dengan penyejuk dan pemanas udara. Pada umumnya, air intake mobil terletak di bagian bawah kaca depan. Yang harus Anda lakukan hanyalah menyemprotkan pewangi langsung pada sistem tersebut. Pewangi tersebut bertugas untuk menetralisir semua saluran udara yang dilewati oleh asap rokok.

Langkah kelima

Masih melanjutkan langkah keempat, atur suhu ke tingkat paling panas. Lalu terus semprotkan pewangi ke dalam air intake hingga Anda tidak mencium aroma apapun. Dengan udara yang panas, pewangi akan membersihkan blower, ducting dan inti pemanas.

Selain langkah-langkah di atas, ada beberapa tips tambahan untuk menghilangkan bau rokok yang membandel. Caranya adalah dengan memanfaatkan cuka yang biasa digunakan untuk memasak. Tuangkan sedikit cuka ke dalam sebuah wadah, lalu diamkan semalaman dalam mobil. Lalu keesokan harinya keluarkan cuka dari dalam mobil dan biarkan semua kaca mobil terbuka selama satu atau dua jam.

Anda juga dapat memanfaatkan bubuk kopi untuk mengusir bau rokok. Caranya bukan dengan menyebar bubuk kopi, namun dengan memasukkan bubuk kopi dalam kantong kecil seperti teh celup, lalu gantungkan pada tempat yang bau.

Demikian adalah beberapa tips mobil sederhana untuk menghilangkan bau rokok pada mobil.

Source: cara melenyapkan asap, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply