Home Mobil Kenali Perbedaan Mobil FWD, RWD, AWD dan 4WD

Kenali Perbedaan Mobil FWD, RWD, AWD dan 4WD

0 1934

Perbandingan Mobil FWD, RWD, AWD dan 4WD. Ketika melintasi jalanan yang licin karena hujan ataupun berada di lintasan berlumbur, roda mobil bergerak secara berbeda tergantung dari jenis penggerak roda kendaraan tersebut. Seperti yang diketahui bersama, terdapat empat jenis penggerak roda yang ada saat ini, antara lain front-wheel drive, rear-wheel drive, all-wheel drive dan four wheel drive.

Ketika Anda memutuskan untuk membeli mobil tertentu, biasanya akan ditawarkan beberapa sistem penggerak roda. Akan tetapi bagaimana cara kerja sistem penggerak roda tersebut? Terlebih dengan adanya sistem kontrol traksi elektronik pada beberapa mobil baru yang memungkinkan mengintervensi cara kerja penggerak roda secara otomatis saat jalanan licin.

Berikut adalah penjelasan mengenai cara kerja penggerak roda mobil:

Front-wheel drive (FWD)

Pada sistem ini, tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan disalurkan ke penggerak depan untuk membuat mobil melaju. Sistem tersebut banyak digunakan pada mobil di Indonesia. Sebab sistem penggerak roda depan lebih rapi dan dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar (BBM), serta menghemat ruang di dalam mobil.

Tidak hany aitu, beban powertrain lebih terfokuskan di roda kemudi. Dengan demikian traksi yang dihasilkan akan lebih baik ketika mobil melalui jalanan yang licin. Sistem tersebut banyak dijumpai pada mobil besutan Chevrolet.

Sistem Penggerak Roda Mobil 2

Rear-wheel drive (RWD)

Rear-wheel drive disebut juga dengan sistem penggerak roda belakang. Tenaga yang dikeluarkan mesin dilanjutkan ke roda belakang untuk menggerakkan mobil. Untuk mobil berpenumpang, sistem RWD banyak dijumpai pada kendaraan lama, sebelum ditemukannya sistem FWD pada awal tahun 1980-an.

Kendati demikian sistem RWD lebih efektif untuk mendukung performa mesin dan bobot kendaraan yang lebih besar. Oleh karena itu sistem tersebut hingga saat ini masih digunakan pada truk berukuran besar, kendaraan bertenaga besar, mobil polisi dan mobil balap.

All-wheel drive (AWD)

Perlu diketahui, all-wheel drive tidak sama dengan four-wheel drive. Walaupun kedua sistem tersebut melibatkan empat roda, tetapi desain dan cara kerjanya berbeda. umumnya sistem pemindah daya pada AWD bekerja dengan menganut sistem FWD atau RWD.

Sistem AWD pada mobil Chevrolet menyalurkan tenaga ke as depan dan belakang untuk menghindari terjadinya selip. Tenaga tersebut didistribusikan secara otomatis melalui transfer case berkecepatan tunggal. Transfer case tersebut tersambung ke transmisi untuk membagi tenaga ke roda depan dan belakang.

Sistem AWD banyak digemari oleh para pengendara yang menginginkan mobil dengan kemampuan on-road yang handal, disertai tambahan traksi untuk melalui lintasan berlumpur, pasir, rumput dan kerikil yang biasanya membuat mobil bersistem FWD dan RWD tersangkut.

Four-wheel drive (4WD atau 4×4)

Kendaraan yang menggunakan sistem penggerak roda ini biasanya menggunakan transfer case dua kecepatan dengan rentang tinggi dan rendah untuk traksi maksimal. Transmisi mobil dengan sistem 4WD paad umumnya berjalan dengan sistem RWD hingga sistem 4WD diperlukan. ketika kebanyakan sistem penggerak harus diaktifkan secara manual oleh pengguna, banyak mobil yang menawarkan pengaturan yang akan berpindah ke rentang tinggi secara otomatis saat mengalami selip.

Akan tetapi sistem 4WD memiliki beberapa kekurangan, yakni harganya yang lebih mahal, lebih rumit dan memiliki bobot yang lebih berat. Sistem 4WD juga dikenal boros bahan bakar sehingga kurang cocok bagi Anda yang mengutamakan efisiensi BBM. Selain itu sistem penggerak ini tidak dapat digunakan sembarangan pada permukaan jalan yang normal dan kering seperti aspal. Sebab hal tersebut dapat merusak sistem transmisi hingga ban kendaraan.

Source: Perbedaan fwd vs rwd, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply