Home Mobil Kebiasaan Tidur Di Mobil Ternyata Berbahaya!

Kebiasaan Tidur Di Mobil Ternyata Berbahaya!

0 1575

Bahaya Tidur Di Mobil. Di zaman modern seperti saat ini, kebutuhan akan sebuah kendaraan bermotor telah menjadi sebuah hal yang harus terpenuhi. Baik kendaraan roda empat maupun roda dua telah menjadi alat transportasi yang banyak digunakan oleh masyarakat di dunia.

Konsumen mobil dari waktu ke waktu mengalami kenaikan. Mobil dinilai memiliki tingkat keamanan yang lebih baik. Selain itu kenyamanan dan ketangguhan membuat mobil memiliki banyak peminat.

Bisa dikatakan mobil merupakan kendaraan yang serba guna. Pemilik dapat menggunakannya sebagai alat transportasi untuk mengantar keluarga ke suatu tempat ataupun dapat menggunakannya sebagai bisnis atau usaha.

Ketika mengendarai mobil untuk menempuh jarak yang cukup jauh, tak jarang mobil dijadikan sebagai rumah sementara oleh penggunanya. Lelah dan kantuk yang datang saat melakukan perjalanan membuat pengendara memilih untuk beristirahat di dalam mobil dengan kondisi mesin dan AC yang menyala. Hal tersebut memang keputusan yang benar untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan jika memaksakan diri untuk terus berkendara saat kantuk mulai menyerang.

Di wilayah tropis seperti Indonesia, memang memiliki cuaca yang lebih panas. Saat siang hari, panas matahari yang menyengat tentu membuat orang merasa tidak betah. Itulah mengapa banyak pengendara yang menyalakan AC ketika sedang tidur di dalam mobil.

Akan tetapi banyak yang tidak menyadari bahwa tidur di dalam mobil ketika mesin mobil masih menyala juga dapat mendatangkan petaka. Berdasarkan kabar yang dilansir dari situs AstraWorld melalui Otomotif Vivanews, Jum’at (20/03/2015), pengendara mobil tak banyak melakukan kesalahan dengan tetap menyalakan AC (Air Conditioner) dan mesin mobil ketika sedang tidur. Padahal mesin yang dibiarkan menyala dapat membahayakan pengemudi maupun penumpang di dalamnya jika gas buang masuk ke dalam kabin.

Bahaya Tidur di Dalam Mobil 2

Mengapa hal semacam itu bisa membahayakan pengguna mobil? Seperti yang diketahui bersama, gas buang yang dihasilkan oleh mobil, baik mesin bensin maupun mesin diesel mengandung zat karbon monoksida (CO).

Parahnya zat berbahaya tersebut tidak memiliki aroma yang menyengat dan tidak dapat dilihat secara kasat mata untuk mobil bermesin bensin. Apabila polutan tersebut terhirup oleh manusia dalam jumlah banyak dan waktu yang cukup lama, maka dampaknya dapat membuat tubuh manusia menjadi lemas, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Agar hal semacam itu tidak terjadi, alangkah baiknya turunkan sedikit kaca mobil di posisi Anda akan beristirahat. Hal ini bertujuan untuk memberikan celah sehingga sirkulasi udara di dalam kabin tetap terjaga.

Namun jangan menurunkan kaca jendela terlalu lebar, untuk menghindari aksi kejahatan orang lain yang tidak Anda inginkan. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan, jangan lupa untuk mengunci pintu mobil.

Setelah itu, atur posisi tidur Anda senyaman mungkin. Jangan mengabaikan kesehatan tulang punggung Anda. Ratakan semaksimal mungkin kursi tempat Anda beristirahat agar punggung berada pada posisi lurus, tidak tertekuk dan punggung tidak menanggung beban yang berlebih.

Ada baiknya untuk mencari tempat parkir yang aman. Parkirlah mobil Anda di tempat yang jauh dari resiko kriminalitas. Anda dapat mencari tempat yang tidak terlalu sepi, sehingga orang yang hendak melakukan aksi kejahatannya akan berpikir ulang.

Tips terakhir, aktifkan rem tangan ketika mobil Anda dalam keadaan terparkir. Hal tersebut harus dilakukan agar mobil tidak bergeser sendiri ketika Anda tertidur di dalamnya.

Jika Anda tetap merasa khawatir untuk tidur di dalam mobil, ada baiknya untuk mencari tempat yang aman untuk beristirahat. Kami memiliki beberapa tips mobil lainnya sekedar untuk menambah pengetahuan dan berbagi informasi yaitu Tips Merawat Velg Mobil Seperti Baru, Tips Membeli Mobil Secara Online, Cara Merawat Mesin Mobil dan Tips Membeli Mobil Tipe SUV.

Source: kebiasaan tidur di mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply