Home Mobil Cara Cek Rem Mobil Setelah Terkena Banjir / Hujan Deras

Cara Cek Rem Mobil Setelah Terkena Banjir / Hujan Deras

0 1278

Tips Cek Rem Mobil Setelah Terendam Banjir. Di musim hujan seperti saat ini, tak jarang memberikan tugas tambahan kepada para pemilik mobil. Seperti yang kita ketahui, baik mobil baru ataupun mobil bekas terdiri dari berbagai komponen. Dari bermacam-macam komponen yang ada, terdapat beberapa bagian yang rentan terhadap air hujan. Oleh karena itu pemilik mobil wajib untuk memeriksa kondisi komponen mobilnya.

Salah satu hal yang tidak boleh terlewatkan adalah memeriksa sistem pengereman. Komponen yang berfungsi untuk mengurangi kecepatan mobil ini adalah komponen vital yang harus selalu diperhatikan kondisinya.

Akan tetapi tak jarang para pemilik kendaraan mengabaikan pemeriksaan rem mobilnya karena beberapa alasan. “Biasanya penyakit-penyakit pada rem muncul saat musim hujan,” kata Jimmy H. Susanto, Workshop Head Auto2000 Kalimalang, Jakarta Timur.

Di daerah yang rawan banjir, permasalahan yang banyak dialami oleh pemilik mobil ketika datang ke bengkel adalah seputar rem. Sebab komponen tersebut berada di bagian yang rawan terkena air. Hal inilah yang membuat kinerja rem menurun. Jika dibiarkan tanpa melakukan perbaikan, bukan tidak mungkin biaya yang dikeluarkan untuk memperbaiki rem menjadi lebih banyak.

Agar hal tersebut tidak terjadi, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan setelah mobil yang Anda kendarai melintasi genangan Air. Berikut adalah cara memeriksa rem mobil pasca melibas banjir:

Tips Memeriksa Rem Mobil Setelah Melintasi Banjir 2

Rem ini biasanya digunakan di ban bagian belakang. Rem tromol memiliki kelemahan yaitu rentan kemasukan air. Hal tersebut dapat menimbulkan korosi pada ruang tromol, terutama jika setelah menerjang banjir, mobil diparkir beberapa hari.

Mendeteksi kerusakan pada rem tromol juga cukup sulit. Anda harus lebih peka terhadap buni dan anomali yang terjadi setelah mobil melalui genangan air. Adanya suara yang tidak terlalu keras di bagian roda belakang saat roda direm adalah salah satu tanda bahwa ada kotoran dan air di ruang tromol.

Jalankan mobil hingga rem berfungsi normal dan suara tersebut hilang. Disaranakan untuk tidak menggunakan rem parkir untuk beberapa waktu sampai rem berfungsi normal kembali. Namun jika rem tidak dapat bekerja dengan normal, ada baiknya untuk segera membawanya ke bengkel.

Rem cakram/Disc brake

Mendeteksi kerusakan pada rem cakram cukup mudah. Akan tetapi jika Anda tidak menghiraukan kondisi rem ini, biaya yang akan Anda keluarkan untuk perbaikan akan lebih tinggi.

Rem cakram mudah berkarat, terutama setelah menerjang genangan air dan tidak langsung dibersihkan. Jika tidak segera dibersihkan, karat tersebut akan menumpuk dan dapat menyebabkan brake pad tidak mampu memberikan tekanan yang merata pada piringan cakram.

Tidak hanya itu saja, dampak terburuknya yang akan timbul adalah brake pad akan habis tidak merata dan mengikis piringan cakram. Agar masalah tersebut tidak terjadi, gunakan air bertekanan tinggi untuk membersihkan piringan cakram dan kaliper dari air kotor. Saat membersihkan, jangan menggunakan sabun, karena dapat menimbulkan korosi.

ABS

Untuk memeriksa kondisi mobil yang telah dibekali dengan peranti ABS, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah ABS mengalami gangguan atau tidak. Umumnya indikator ABS akan menyala baik itu berkedip ataupun menyala terus jika terjadi gangguan pada perangkat ABS. Permasalahannya disebabkan oleh kotoran yang menghalangi sensor untuk membaca sistem rem. Untuk itu Anda dapat membawa mobil ke bengkel resmi untuk melakukan pemeriksaan pada sistem ABS.

Perlu Anda ingat, setelah melintasi genangan air, disarankan untuk tidak mengendarai mobil dalam kecepatan mobil. Kemudikan kendaraan secara perlahan sambil menginajk pedal gas dan rem secara bersamaan. Hal tersebut perlu dilakukan agar kampas rem cepat mengering dan dapat bekerja dengan baik lagi.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply