Home Kawasaki Modifikasi Kawasaki Ninja 250FI Jadi 300cc Habis 17 Jutaan

Modifikasi Kawasaki Ninja 250FI Jadi 300cc Habis 17 Jutaan

Modifikasi Bore-up Ninja 250FI Jadi 300cc. Belum lama ini Kawasaki Motor Indonesia (KMI) meluncurkan motor barunya, Kawasaki Ninja 300 FI di Tanah Air. Dirilisnya motor tersebut membuat banyak orang terpikat dan ingin memilikinya.

Akan tetapi jika diperhatikan lebih detail tampilan Kawasaki Ninja 300 FI tak jauh berbeda dengan Kawasaki Ninja 250 FI. Tidak hanya itu, selisih tenaga yang dihasilkan oleh kedua mesin tersebut hanya beda 7 hp saja. Bagi sebagian orang tentu tak sebanding dengan perbedaan harga yang mencapai Rp 20 jutaan.

Namun Anda tidak perlu putus asa. Jika Anda ingin melakukan modifikasi motor Ninja 250FI memiliki kapasitas mesin mirip motor terbaru Kawasaki itu ada solusi alternatif, yakni dengan cara melakukan upgrade mesin.

Apabila Anda tertarik, memodifikasi atau upgrade mesin langkah bore-up merupakan cara yang paling mudah untuk dilakukan. Sebab komponen yang ada di pasaran sudah banyak. “Biaya merombak mesin 250 jadi 300 itu mencapai Rp 17 jutaan,” kata Angga, pemilik Anjany Racing Jl. Arteri Kelapa Dua, Kebun Jeruk, Jakarta Barat.

Akan tetapi, seluruh ubahan tersebut tidak hanya dengan menaikkan kapasitas mesin saja, namun juga menyematkan beberapa peranti pendukung lainnya. Beberapa piranti yang diperlukan adalah piggyback Power Commander V yang dijual dengan harga Rp 4,5 jutaan. Penggunaan peranti tersebut akan membuat tarikan motor lebih panjang dan pengguna dapat melakukan maping ulang.

Upgrade Kawasaki Ninja 250 FI 2

Kemudian mengganti throttle body berdiameter 32 mm, untuk menyesuaikan kapasitas mesin yang telah diupgrade. Bagian lainnya yang perlu diganti adalah saluran gas buang. Anda dapat menggunakan produk lokal maupun impor. Untuk merek lokal seperti AR-1 carbon dipatok dengan harga Rp 3,5 juta. Dalam urusan upgrade mesin, trik stroke-up dan ganti setang seher sangat jarang dilakukan.

“Upgrade stroke-up cukup riskan, bro! Karena kompresi ruang bakar cukup tinggi, takutnya setang seher atau itu enggak kuat menahannya dan bikin jebol,” ungkap Angga.

Sekedar informasi, Kawasaki Ninja 250 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008. Saat itu mesin yang digunakan masih standar, yakni dengan menggunakan karburator sebagai supay bahan bakarnya. Lalu dari tahun ke tahun, pabrikan motor asal Negeri Bunga Sakura ini melakukan pembaruan teknologi, tampilan dan mesin dari Ninja 250. Pada tahun 2014 kemarin, Kawasaki kembali menghadirkan Ninja 250 yang telah dibekali dengan teknologi fuel injection (FI).

Standarnya motor sport andalan Kawasaki ini memiliki dimensi panjang 2.010 mm, dengan lebar 715 mm dan tingginya mencapai 1.110 mm. Tangki bahan bakar Ninja 250FI ini dapat menampung 17 liter bensin. Setang jepit bernuansa semi-balap yang dipadukan dengan fairing dan jok berjenis single seat terpisah oleh jok pengemudi semakin memperkuat kesan sporty dari motor ini.

Sementara pada bagian speedometernya, Kawasaki Ninja 250 FI telah menggunakan model digital yang memuat banyak panel sebagai penunjuk kecepatan, rotasi mesin, indikator gigi, indikator lampu dan sein, serta indikator fuel injection.

Beralih ke sektor kaki, Ninja 250 FI dibekali dengan suspensi depan telescopic fork berdiameter 37 mm yang dipadukan dengan suspensi belakang link Uni-Trak dengan model Gas-Shock 5 tingkat settingan. Penggunaan suspensi ini akan membuat motor lebih stabil dan nyaman saat dikendarai dalam kecepatan rendah maupun tinggi.

Sementara pada sektor pacunya, Kawasaki Ninja 250 FI dipersenjatai dengan mesin yang memiliki kapasitas sebesar 250 cc, dua silinder sejajar, DOHC, 4 langkah, water cooling. Berbekal mesin tersebut motor sport andalan automaker yang terkenal dengan warna hijau yang khas ini dapat mengehmbuskan tenaga hingga 32 hp (23,5 kW) pada putaran 11.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 21 Nm pada 10.000 rpm.

Source: ninja 300cc, modifikasi ninja 250 fi minimalis, kawasaki ninja r 300 oktober modig, ninja 250 fi bore up, ninja 4 tak hijau modif, throttle body for 300cc, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply