Home Auto News Mobil Suzuki Ciaz Pesaing Honda City Dan Toyota Vios

Mobil Suzuki Ciaz Pesaing Honda City Dan Toyota Vios

0 1816

Mobil Suzuki Ciaz Indonesia. Pada perhelatan Bangkok International Motor Show (BIMS) 2015, para pabrikan mobil menampilkan mobil-mobil terbarunya. Salah satu automaker yang menghadirkan mobil baru adalah Suzuki. Produsen mobil asal Negeri Bunga Sakura ini memperkenalkan Suzuki Ciaz. Mobil yang menempati segmen sedan ini akan bersaing ketat dengan pesaingnya, seperti Honda City dan Toyota Vios.

Desain Suzuki Ciaz terinsipirasi dari mobil konsep Suzuki AUthentics Concept yang pernah ditampilkan pada ajang Shanghai Motor Show 2013 silam. Melihat tampilan depannya, lampu depan dirancang lebar, beserta projektor. Sementara lampu bagian belakang didesain dengan kesan premium.

Beralih ke bagian kabin, Suzuki Ciaz menawarkan nuansa kemewahan yang dihadirkan dengan ornamen kayu pada dashboard dan trim pintu. Sementara jok dibalut dengan kulit dengan warna krem sehingga memperkuat kesan elegan. Sedan baru andalan Suzuki ini juga dibekali dengan layar infotainment berjenis touchscreen, lengkap dengan sistem navigasi.

Melirik sektor performanya, Suzuki Ciaz dipersenjatai dengan mesin yang memiliki kapasitas sebesar 1.3 liter. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga 90 daya kuda pada putaran 4.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 200 Nm pada putaran 1.750 rpm. Mobil baru ini memiliki ukuran panjang 4.490 mm, dengan lebar sebesar 1.730 mm dan tingginya mencapai 1.475 mm.

Sedan besutan Suzuki ini juga dilengkapi dengan sejumlah fitur pendukung, di antaranya adalah ABS (Antilock Braking System), dual airbag, touchscreen infotainment, kamera parkir di belakang kontrol dan iklim tergantung pada trim.

Suzuki Ciaz 2015 Thailand 2

Meskipun telah dihadirkan di hadapan publik, pihak Suzuki di Negeri Gajah Putih itu belum membuka pemesanan untuk Suzuki Ciaz. Sebab belum ada informasi lebih lanjut mengenai harga jual mobil baru ini pada perhelatan BIMS 2015. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan Suzuki Ciaz tersebut dipasarkan dengan harga sekitar 500,000-680,000 Baht atau mencapai Rp 199 juta hingga Rp 270 juta.

Lalu akankah mobil baru andalan Suzuki ini hadir di Indonesia?

Rupanya pihak PT Suzuki Indomobil Sales (PT SIS) tengah mempertimbangkan untuk meriils sedan tersebut di Tanah Air.

“Kami sedang mempertimbangkannya,” kata Davy J Tuilan, yang menjabat sebagai 4W Deputy Managing Director PT SIS.

Namun Davy enggan berkomentar lebih jauh mengenai faktor apa saja yang menjadi pertimbangan PT SIS untuk mendatangkan Suzuki Ciaz tersebut. Seperti yang diketahui bersama, potensi pasar sedan di Indonesia bisa dibilang tidak sebaik segmen lainnya.

Salah satu sumber di Suzuki juga pernah mengungkapkan bahwa Suzuki Indomobil sedang mempertimbangkan untuk menjual sejumlah model baru di Tanah Air, salah satunya adalah sedan. Meskipun tidak terlalu menjanjikan, akan tetapi pasar sedan masih berpotensi berkembang.

“Suzuki Ciaz masuk dalam daftar pertimbangan, selain Hustler dan Celerio. Tapi itu kan masih rencana awal banget, bisa direalisasi atau sebaliknya,” jelas sumber tersebut.

Sekedar informasi, Suzuki Ciaz yang diperkenalkan di Thailand tidak dirakit secara lokal, namun diimpor utuh dari Negeri Hindustan, India. Alasan Suzuki mengimpor sedan ini dari India dan bukan dari China bukan karena build quality, namun mengenai orientasi berkendara. China merupakan negara yang kendaraannya menganut setir kiri, sementara Thailand menggunakan setir kanan, sama seperti Indonesia.

di India, Suzuki Ciaz dirilis pada 6 Oktober 2014 lalu. Mobil ini dibekali dengan mesin bensin 1.4 liter K-Series yang dipadukan dengan sistem perpindahan gigi manual 5-percepatan. Suzuki juga menawarkan transmisi 4-percepatan otomatis untuk tipe V + dan Z trims. Mesin tersebut dapat menekan konsumsi bahan bakar hingga 20,73 km/liter jika disandingkan dengan gearbox manual.

Source: suzuki ciaz vs honda city, all new CIAZ vs new VIOS 2015, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply