Home Motor Keuntungan Dan Kerugian Kredit Motor Bekas

Keuntungan Dan Kerugian Kredit Motor Bekas

0 1384

Kelebihan Kekurangan Beli Motor Bekas. Saat ini, masyarakat ditawarkan dengan beragam kemudahan untuk membeli berbagai macam kendaraan yang diinginkan. Kondisi finansial tampaknya tidak lagi menjadi masalah. Hal tersebut dikarenakan terdapat banyaknya lembaga pembiayaan yang ada di Indonesia.

Seperti yang diketahui bersama, pembayaran secara kredit merupakan cara pembayaran paling ringan dan populer saat ini. Tidak hanya untuk konsumen yang ingin membeli mobil baru saja, perusahaan finansial juga menawarkan jasa kredit untuk motor baru yang pastinya memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Seiring berkembangnya waktu, tak sedikit perusahaan finansial yang bekerjasama dengan show room motor bekas untuk menyediakan jasa kredit bagi konsumen yang ingin membeli motor bekas. Akan tetapi perlu Anda ketahui, ibarat dua sisi mata uang, pembayaran saat melakukan pembelian motor bekas memiliki keuntungan dan kerugian. Lalu apa saja keuntungan dan kerugian jika membeli motor bekas secara kredit?

Dilihat dari segi keuntungannya, membeli motor bekas dengan cara kredit akan memberikan kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan motor bekas yang Anda inginkan dengan cepat walaupun kondisi finansial belum terlalu memadai. Tidak hanya itu, banyak perusahaan finansial yang menawarkan jasa kredit dengan berbagai show room motor yang menawarkan DP ringan. Tentunya hal tersebut akan memudahkan Anda untuk membeli motor.

Walaupun berstatus motor bekas, Anda juga bisa mendapatkan motor dengan kualitas baik seperti baru, walaupun tidak seratus persen baru. Akan tetapi Anda harus benar-benar teliti dan jeli dalam memilih motor bekas yang hendak Anda beli. Dari sisi pembayaran, membeli motor bekas secara kredit jauh lebih ringan, pembiayaan pajaknya umumnya lebih ringan karena motor bekas yang dijual kebanyakan memiliki tahun produksi yang lama.

Keuntungan dan Kerugian Kredit Motor Bekas 2

Akan tetapi, ada beberapa kerugian yang bisa Anda jadikan bahan pertimbangan sebelum melakukan pembelian motor bekas secara kredit. Membeli motor bekas secara kredit harganya jauh lebih mahal apabila dikumpulkan lantaran aturan pembiayaan kredit yang ditetapkan. Selain itu perusahaan finansial tidak memberikan garansi untuk motor bekas.

Membeli motor bekas tidak terlepas dari resiko. Anda harus bersiap jika motor bekas yang anda beli sewaktu-waktu mengalami permasalahan atau kerusakan yang serius. Oleh karena itu, sebelum memutuskan membeli motor bekas, baik secara tunai ataupun kredit, Anda harus benar-benar mencermati setiap bagian motor tersebut. Selain itu, ada baiknya Anda membeli motor bekas yang terpercaya.

Jika Anda berminat membeli motor bekas secara kredit, ada beberapa hal yang harus Anda cermati. Pertama adalah memastikan jumlah down payment (DP) yang harus Anda bayarkan. Pasalnya ada gerai motor bekas yang mencantumkan DP pada brosur hanya untuk menarik konsumen saja. Pada akhirnya konsumen harus membayar sejumlah biaya tambahan. Oleh karena itu banyaklah bertanya hal-hal seputar DP sehingga Anda tidak terkecoh dan merasa dirugikan.

Berikutnya, hal yang harus Anda ketahui adalah jumlah denda yang harus Anda bayarkan jika terlambat membayar. Kemungkinan untuk terlambat membayar selalu dapat terjadi sewaktu-waktu. Maka dari itu, tanyakan mengenai besaran denda yang harus dibayarkan. Tanyalah secara spesifik hingga Anda benar-benar paham mengenai mekanisme denda yang berlaku.

Jangan lupa untuk bertanya mengenai debt collector. Permasalahan tersebut menjadi hal yang ditakuti oleh kondumen dalam melakukan kredit. Bahkan tidak sedikit yang menimulkan konflik berkepanjangan. Anda sebagai konsumen harus bersikap realistis. Anda harus mengetahui kapan kendaraan yang Anda beli diambil oleh debt collector jika Anda lupa mengangsur.

Anda dapat bertanya dalam kurun waktu berapa lama debt collector mengambil kendaraan Anda, sebab hal tersebut adalah hak Anda sebagai nasabah.

Source: keuntungan beli motor bekas, resiko/kekurangan beli motor bekas, kekurangan beli motor bekas, kerugian makelar sepeda motor, resiko beli motor bekas, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply