Home Auto News SUV Mitsubishi Outlander PHEV Siap Masuk Indonesia

SUV Mitsubishi Outlander PHEV Siap Masuk Indonesia

0 2979

Mobil Mitsubishi Outlander PHEV Indonesia. Produsen mobil asal Negeri Bunga Sakura, Mitsubishi mengklaim menjadi pabrikan mobil pertama yang memproduksi mobil listrik dan menjualnya secara massal. Mobil listrik tersebut diberi nama i-MiEV. Mobil tersebut pernah diperkenalkan di Tanah Air, akan tetapi bukan untuk dijual melainkan sebagai percontohan mobil penumpang yang ramah lingkungan.

Setelah meraih kesuksesan yang cukup menggembirakan, Mitsubishi kembali mengembangkan mobil plug ini hybrid. Kali ini Mitsubishi mengusung model SUV (Sport Utility Vehicle) sebagai proyek mobil listrik selanjutnya. Mobil tersebut adalah Outlander Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV).

Sejak tahun 2013 lalu, berhembus kabar bahwa Mitsubishi akan memasarkan mobil tersebut di Indonesia. Akan tetapi hingga saat ini kabar tersebut belum terbukti.

“Seperti yang kita ketahui, Mitsubishi Motors merupakan pioneer dari perusahaan yang memproduksi secara massal kendaraan listrik yaitu i-MiEV pada 2009 dan kemudian mengembangkan ke Plug-in Hybrid Electric Vehicle yang juga diproduksi secara massal dan tentunya saya berharap PHEV dapat diperkenalkan di Indonesia dalam waktu dekat, namun masih harus didiskusikan lebih lanjut ke pemerintah untuk bisa mendapatkan subsidi agar bisa memasarkan kendaraan itu dengan sukses di Indonesia,” kata Osamu Masuko, selaku Chairman of Board, CEO of Mitsubishi Motors Corporation.

Sekedar informasi, mobil listrik MiEV diperkenalkan pertama kali di negara asalnya, Jepang pada tahun 2009 silam. Mobil yang menempati segmen hatchback lima pintu tersebut telah diniagakan di negara-negara Amerika, Eropa dan China.

Mitsubishi Outlander PHEV 2015 2

Sedangkan untuk model SUV-nya, Mitsubishi Outlander PHEV memulai debut perdananya pada perhelatan Paris Motor Show 2012. Mobil ini mulai dijual di Jepang pada tahun 2013. Outlander PHEV sempat dipamerkan di Tanah Air melalui pameran akbar Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013.

Sebelumnya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku agen pemegang merek (APM) Mitsubishi di Tanah Air berencana untuk merilis Outlander PHEV di penghujung tahun 2014. Namun PT KTB memutuskan untuk menunda peluncuran SUV andalannya yang menggunakan mesin listrik tersebut. Penundaan tersebut dikarenakan pihak Mitsubishi masih harus mempelajari beberapa hal, seperti infrastruktur penunjang.

“Memang rencanannya mau masuk, cuma kami masih coba pelajari lebih dalam lagi mengenai segala sesuatunya misalnya infrastruktur,” jelas Jerry Amran, Head of Mitsubishi Motor Corporation Public Relations Section PT KTB saat itu.

Jerry menambahkan, sebagai mobil yang mengandalkan tenaga listrik pada salah satu mesinnya, maka infrastruktur penunjang seperti outlet charger baterai perlu diperhatikan. “Dari mulai charger dan segala sesuatunya harus kami pikirkan, jangan sampai nanti menimbulkan masalah di kedepannya,” ungkapnya.

Sementara mengenai waktu pasti kehadiran Mitsubishi Outlander PHEV ini, Jerry mengungkapkan peluncurannya bisa dilakukan tahun 2015 atau dua tahun lagi. “Memang rencana awalnya tahun ini (2014), cuma ditunda lagi apakah tahun depan atau tahun depannya lagi. Yang jelas kami masih studi,” ujarnya kala itu.

Berbicara mengenai harga jualnya, Mitsubishi Outlander PHEV yang menggunakan mesin bensin 2.0 liter dan motor listrik ini dijual seharga 3 juta yen atau sekitar Rp300 jutaan di Jepang. Apabila nantinya hadir di Indonesia, SUV ini bisa dibanderol dengan harga Rp 500 jutaan.

Lalu seperti apa performa dari mobil listrik ini?

Jika mengandalkan motor listrik, Outlander PHEV dapat menempuh jarak sejauh 52 km. Saat menjalani sebuah pengujian, SUV andalan Mitsubishi ini rata-rata membutuhkan bahan bakar 1,7 liter untuk melesat sejauh 100 kilometer. Mitsubishi Outlander PHEV ini dapat menembus total jarak mencapai 800 km/jam dengan tingkat emisi sebesar 50 g/km.

Source: harga mitsubishi GT, gt phev mitsubishi kapasitas penumpang, outlander phev spek, outlander phev 2017 spesifikasi, mobil mitsubishi terbaru pesaing avanza, hrga mitsubishi gt phev, harga mobil Gt-Phev-con, harga mobil gt phev, harga dan gambar mitsubishi phev diindonesia, spesifikasi mitsubishi outlander phev suv, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply