Home Auto News Toyota Corolla Punya 2 Desain Baru Untuk Segmen Berbeda

Toyota Corolla Punya 2 Desain Baru Untuk Segmen Berbeda

0 1382

Mobil Toyota Corolla Wagon Dan Sedan. Para produsen otomotif terus meluncurkan produk baru andalannya untuk menghadapi ketatnya persaingan di pasar otomotif dunia. Salah satunya adalah salah satu pabrikan mobil asal Jepang, Toyota.

Rencananya perusahaan otomotif terbesar itu akan merilis Toyota Corolla terbaru di negara asalnya pada 1 April 2015. Menariknya, salah satu mobil andalan Toyota Motor Corporation (TMC) itu akan meluncur dengan dua tampilan yang berbeda.

Berdasarkan kabar yang dilansir dari situs resmi Toyota Global, Senin (30/03/2015), TMC akan merilis Toyota Corolla generasi terbaru dalam dua varian berbeda, yaitu Corolla Fielder jenis station wagon dan Corolla Axio yang berjenis mid-sedan.

Melihat tampilannya, tampak jelas kedua mobil ini memiliki perbedaan pada bagian belakang. Corolla Fielder didesain menyerupai model MPV (Multi Purpose Vehicle) dan tidak memiliki bagasi luar. Sementara Corolla Axio tetap hadir seperti sedan yang ada saat ini. Selain bagian buritan, perbedaan juga terlihat pada desain headlamp, pelek dan interior.

Walaupun hadir dengan bentuk yang berbeda, kedua mobil beda segmen ini tetap mengadopsi mesin yang sama. Corolla Fielder dan Axio sama-sama dibekali dengan dapur pacu yang memiliki kapasitas sebesar 1.500 cc. Mesin tersebut dilengkapi dengan teknologi penghemat bahan bakar 1NZ-FE an 2NR-FKE.

Toyota mengklaim, Corolla Fielder dan Axio dapat menempuh jarak sejauh 23 kilometer hanya dengan satu liter bensin. Menariknya, Toyota juga akan menghadirkan tipe hybrid pada mobil terbarunya ini. automaker asal Negeri Bunga Sakura itu mengklaim, Corolla tipe hybrid dapat menekan konsumsi bahan bakar hingga 40 km/liter.

Toyota Corolla Fielder 2015

Namun sepertinya pecinta mobil di Tanah Air harus bersabar. Pasalnya Toyota Corolla Fielder dan Corolla Axio baru dijual untuk memenuhi permintaan konsumen di Jepang. Di negara asalnya, Toyota Corolla Fielder akan bersaing dengan Honda Odyssey dan Nissan Road. Sementara Corolla Axio akan menantang model mid-sedan Honda Civic.

Fitur keselamatan baru

Tidak hanya tampilannya saja yang baru, Corolla Fielder dan Axio juga dibekali dengan beberapa fitur baru. Keduanya akan menjadi mobil pertama besutan Toyota yang dibekali dengan fitur keselamatan bernama Toyota Safety Sense C. Fitur tersebut meliputi Pre-collision System (PCS), Lane Departure Alret (LDA) dan Automatic High Beam (AHB). Paket fitur tersebut adalah bagian dari pendekatan multi antisipasi untuk keselamatan aktif bagi kendaraan.

Cara kerja sistem Safety Sense C memanfaatkan dua unit radar laser dan kamera. Peranti tersebut terintegrasi dengan PCS, LDA dan AHB. Laser akan membaca obyek yang ada di depan kendaraan. Apabila terdapat potensi tabrakan, alarm akan berbunyi. Jika tidak ada respon dari pengemudi, secara otomatis sistem akan melakukan pengereman dan menurunkan kecepatan menjadi 30 km/jam. Selain itu fitur keselamatan ini juga dapat memberikan peringatan kepada pengemudi sesuai dengan rambu lalu lintas yang dijumpai.

Tidak hanya itu saja, dengan fitur AHB pengemudi akan memperoleh bantuan pencahayaan sehingga pandangan akan menjadi lebih maksimal. Sistem tersebut juga dapat mendeteksi lampu dari mobil yang datang dari arah berlawanan maupun lampu belakang mobil di depan kendaraan yang melaju searah, sehingga dapat mencegah terjadinya kecelakaan.

Dalam laman resminya, Toyota Corolla Fielder terbaru dipasarkan mulai 1,61 juta yen atau sekitar Rp 176 jutaan. Sementara untuk versi sedannya, Toyota Corolla Aio dipatok lebih mudah dibandingkan tipe station wagon, yakni 1,46 juta yen atau setara Rp 160 jutaan. Toyota menargetkan penjualan Corolla Fielder sebanyak 6.000 unit dan 3.000 unit untuk Corolla Axio per bulan di Jepang.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply