Home Auto News Suzuki Ertiga Facelift Terbaru Sedang Dipersiapkan

Suzuki Ertiga Facelift Terbaru Sedang Dipersiapkan

0 1865

Desain Baru Mobil Suzuki Ertiga. Kabar baik bagi pecinta mobil MPV (Multi Purpose Vehicle) di Tanah Air. Selain rencana Toyota untuk melakukan ubahan pada mayor pada MPV terlaris dan andalannya, Avanza, rupanya Suzuki Indonesia juga akan melakukan penyegaran pada Ertiga. Mobil andalannya di segmen kendaraan multi guna level bawah (low MPV) ini rencananya akan meluncur pada semester kedua tahun 2015 ini.

“Kami sudah menyiapkan minor change (perubahan minor), kapannya nanti saja diinformasikan lebih lanjut,” kata Dav Jeffry Tuilan, yang menjabat sebagai Wakil Direktur Pelaksana Roa Empat PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Bekasi, beberapa waktu yang lalu.

Walaupun tidak memberikan keterangan pasti mengenai waktu peluncuran Suzuki Erita Terbaru, tetapi Davy telah memberikan sinyal bahwa peluncurannya akan dilakukan pada pertengahan tahun ini. Ada beberapa faktor yang menjadi pertimbangan Suzuki Indonesia, salah satunya adlah kondisi pasar mobil nasional yang sedang lesu sejak dua bulan pertama di tahun 2015.

“Acuannya, kalau pasar lagi lesu, biasanya orang masih ‘wait and see’ peluncuran model baru. Tapi, pasar akan kembali naik lagi, saya yakin itu, semester kedua akan lebih baik situasinya,” ungkap Davy.

Generasi kedua

Menariknya, produsen mobil asal Negeri Matahari Terbit ini membocorkan bahwa pihaknya telah menyiapkan generasi kedua Ertiga untuk diluncurkan ke pasar dalam beberapa tahun ke depan. Seperti yang diketahui bersama, penjualan low MPV di Indonesia masih cukup besar dan mendominasi total penjualan mobil baru di Tanah Air. Oleh karena itu low MPV menjadi segmen menjanjikan yang sayaang jika dilewatkan begitu saja.

Suzuki Ertiga 2015 Indonesia 2

“Saat ini usia Ertiga sudah tiga tahun, tentu kami harus pertimbangkan apakah (generasi kedua Ertiga) akan diluncurkan di 2017, kalau ada urgensi bahkan bisa dipercepat ke 2016, atau malah 2018, semua bisa terjadi,” jelas Davy.

Sebelumnya Suzuki Ertiga terbaru sempat tertangkap kamera sedang melakukan uji coba di India. Berdasarkan kabar yang berkembang, Ertiga akan memperoleh sejumlah perubahan mekanik. Walaupun masih tetap menggunaan mesin lama, Suzuki mengatakan bahwa Suzuki Ertiga terbaru model 2015 ini akan memiliki mesin yang lebih irit dalam hal konsumsi bahan bakar. Diprediksi mesin tersebut akan dipadukan dengan sistem transmisi Automated Manual Transmission (AMT) 5-percepatan.

Suzuki Ertiga terbaru ini mengalami perubahan pada bagian grille, bumper dan pelek. Bagian grille terdapat tiga bilah besar yang dihiasi dengan aksen krom. Rumah lampu kabut didesain lebih segar dengan aksen krom di sudutnya. Sementara lubang angin di bawah bumper dirancang lebih besar dari model sebelumnya.

Kabar yang beredar Ertiga 2015 ini akan memiliki skema cat yang baru pula. Tidak hanya sisi eksteriornya saja yang berubah, bagian interior juga mendapat sentuhan perubahan untuk mendapatkan fitur yang sama dengan Suzuki Swift. Beberapa fitur yang akan diusung pada MPV terbaru ni adalah sistem audio Bluetooth, spion elektrik yang dapat dilipat dan lain-lain.

Sekedar informasi, Suzuki Ertiga yang dipasarkan di Indonesia saat ini ditawarkan dalam beberapa tipe, antara lain GA, GL, GX dan Elegant. Mobil mpv terbaru ini memiliki panjang 4.265 mm, dengan lebar 1.695 mm dan tinggi 1.685 mm. Wheelbase MPV ini 2.740 mm, sementara ground clearance-nya mencapai 185 mm.

Melirik jantung pacunya, Suzuki Ertiga dibekali dengan mesin K14B 4 silinder in-line, 16 katup yang memiliki kapasitas sebesar 1.373 cc. Berbekal mesin tersebut Suzuki Ertiga dapat memproduksi tenaga sebesar 95 PS pada 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 130 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply