Thursday, April 23rd, 2015 - Auto News, Motor Matic, Oto Rubrik, Yamaha
Selamat Datang, Di situs Indonesiautosblog yang mengulas berbagai informasi terkait dengan dunia otomotif baik dari roda empat ataupun roda dua yang mungkin Anda butuhkan. Seperti yang kami ulas secara detail pada artikel berikut di bawah ini, Kelebihan Yamaha All New Soul GT Fitur Dan Teknologi.

Kelebihan Motor Yamaha Soul GT Terbaru 2015. Beberapa waktu yang lalu pasar motor matik di Indonesia kedatangan anggota baru. Motor matik terbaru tersebut adalah All New Yamaha Soul GT yang hadir dengan wajah dan mesin baru.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek (APM) Yamaha di Tanah Air membenamkan mesin 125 berteknologi Blue Core pada skutik barunya ini. Mesin tersebut sebelumnya juga diberikan kepada Yamaha Mio M3 125.

Berbekal mesin baru ini, tak sedikit orang yang penasaran mengenai performa salah satu skutik andalan pabrikan motor berlambang tiga garputala ini. Disamping itu, akan muncul sebuah pertanyaan seperti apakah perbedaan All New Soul GT ini dengan model sebelumnya, terutama Mio M3 125 yang mengadopsi mesin sejenis.

“Khususnya dengan mesin Mio M3 125, bisa dibilang sedikit sekali perbedaannya. Bagian CVT disesuaikan dengan bobot All New Soul GT yang 96 kg,” ujar M. Abidin, yang menjabat sebagai General Manager Service & Motorsport YIMM.

Berikut ini akan diulas mengenai fitur-fitur baru yang dibenamkan pada All New Yamaha Soul GT ini.

All New Yamaha Soul GT 2015 Indonesia 2

Mesin

Mesin adalah salah satu unsur yang termasuk ke dalam filosofi Blue Core khas Yamaha. Ratio pada dapur pacu All New Soul GT dibuat ringan. Dengan demikian diharapkan akselerasi yang dicapai oleh skutik ini menjadi lebih maksimal.

Selain itu, roller yang digunakan oleh All New Soul GT berbobot 10 gram, atau lebih ringan 2 gram dari Yamaha Mio M3 125 Blue Core. Yamaha juga melakukan ubahan CVT, yakni dengan memperpendek jarak sumbu CVT. Seluruh ubahan yang dilakukan itu bertujuan untuk mendongrak tenaga sehingga lebih maksimal.

Ada 2 hal penting yang dilakukan pada Yamaha Soul GT guna mendukung Blue Core. Pada bagian luar, silinder dibuat lebih dingin dengan memanfaatkan sudut kipas yang lebih besar. Sedangkan air shroud dirancang mengarah langsung ke bagian silinder dan sirip silinder yang tipis.

Pada bagian dalamnya, seperti DiASIL silinder memiliki beberapa kemampuan. Di antaranya adalah mampu melepas panas jauh lebih baik dan lebih kuat, serta lebih ringan namun tidak mudah berubah bentuk. Sementara diusungnya forged piston dan oil jet piston coller dapat menjaga sisi dalam piston agar dingin.

Tidak sampai di situ saja, insinyur automaker asal Jepang ini juga melakukan optimalisasi durasi cam in dan ex, serta ruang bakar hemisperical yang berbentuk setengah lingkaran. Dengan begitu pencampuran antara bahan bakar dan udara menjadi lebih akurat.

Baca : Yamaha Aerox 125 Indonesia Pakai Mesin Soul GT

Fitur unggulan

Tidak hanya tampilan dan mesinnya saja yang baru, Yamaha juga membekali All New Soul GT ini dengan sejumlah fitur unggulan. Beberapa di antarannya adalah smart side stand switch, speedometer dengan desain baru dan indikator, bagasi yang cukup luas LED headlamp dan lampu sein berdesain segar.

Smart Side Stand Switch

Ketika standar samping diturunkan, secara otomatis mesin motor yang menyala akan mati secara otomatis. Mesin tidak dapat dihidupkan selama standar samping masih difungsikan. Fitur keselamatan ini akan memberikan keamanan lebih baik kepada pengendara yang kerap lupa menaikkan standar samping saat hendak mengendarai motornya.

Spidometer

Spidometer yang disematkan pada All New Soul GT masih menggunakan model lama analog. Kendati demikian tampilan spidometer ini tidak akan menyulitkan pengendara untuk membaca informasi yang terpapar. Di sisi kanan terdapat indikator Eco. Lampu indikator tersebut akan menyala dengan sendirinya apabila gaya berkendara penggunanya hemat bahan bakar.

Bagasi

Kelebihan lain yang dimiliki All New Soul GT adalah bagasi yang cukup luas. Bagasi tersebut dibuat lebar dengan volume 14 liter. Anda dapat menyimpan banyak barang, bahkan helm half face ke dalamnya.

LED headlamp

Skutik baru besutan Yamaha ini menggunakan lampu LED pada bagian headlamp. Untuk lampu pendek memiliki spesifikasi 12 Volt 6 Watt x 2, sementara untuk lampu jauh 12 Volt 4 Watt x 1.

Lampu sein

Disamping desain bodi yang terlihat baru dan segar, rupanya Yamaha juga melakukan ubahan signifikan pada fitur lampu sein. All New Soul GT ini menggunakan lampu sein yang dibuat terpisah dengan cover headlamp, tak lagi menyatu. lampu tersebut diletakkan di cover bodi samping kiri dan kanan motor. Rancangan tersebut juga diterapkan pada skutik premium Yamaha NMAX.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Yamaha Soul GT 125

Related Posts

KLIK (X) Untuk Menutup

Selamat Datang

INDONESIAUTOSBLOG

×