Home Kawasaki Modifikasi Ninja 250cc Flat American Style

Modifikasi Ninja 250cc Flat American Style

Kawasaki Ninja 250cc Modifikasi Flat Tracker. Seperti yang kita ketahui bersama, sejatinya Kawasaki Ninja 250 merupakan motor sport yang kental dengan kesan sporty. Namun tak jarang motor ini berubah tampilan menjadi sosok yang benar-benar unik dan beda dari konsep aslinya.

Salah satu pemilik yang melakukan hal tersebut adalah Fakhridy Kasuma. Pria asal Banjarmasin, Kalimantan selatan ini menyulap Ninja 250 cc milinya menjadi sosok tunggangan khas Amerika, Flat Tracker. Jika dilihat, konsep modifikasi yang diusung oleh Fakhri terkesan unik dan menarik. Namun inilah yang membuat sang pemilik berhasil menciptakan kesan out of the box, serta memberikan warna tersendiri dalam dunia modifikasi motor.

“Biasanya kalau Kawasaki Ninja-kan dimodifikasi dengan bergaya sport, racing atau street fighter. Tapi kalau saya kini lebih memilih untuk melakukan modifikasi bergaya Amerika seperti ‘Flat Tracker’,” terang pria berusia 29 tahun ini.

Untuk mewujudkan keinginannya tersebut, sang pemilik meminta bantuan kepada Fauzan dari bengkel modifikasi rumahan yang bertempat di Banjarmasin. Biaya yang dibutuhkan untuk mengerjakan konsep modifikasi tersebut sebesar Rp 13 jutaan.

“Untuk modifikasi Kawasaki Ninja 250 Flat Tracker ini, menghabiskan waktu hingga 2 bulan. Dan modifikasi yang paling susah itu saat pembuatan tangki,” ungkap Fakhri.

Modifikasi Kawasaki Ninja 250 2

“Pembuatan tangki yang paling lama, karena saya menggunakan tangki Yamaha LS dan tangki ini dirombak ulang secara total. Karena buatan Yamaha-kan berbeda, makanya dirombak total. Dan pembuatan tangki ini menghabiskan dana hingga 2 minggu. Selain itu plug-in-nya juga agak ribet, karena dudukan bodinya berbeda,” lanjutnya.

Pengerjaan modifikasi membuat motor kesayangan Fakhri ini berubah total. Sebagai contoh, bagian bodi motor ini di-custom dengan menggunakan pelat besi galvanis yang memiliki ukuran 1,5 mm. Tidak hanya itu, bahkan bagian buntut Kawasaki Ninja 250 ini dipotong hingga 15 cm.

Ubahan berikutnya adalah pada bagian depan. Headlamp standar pabrik tidak digunakan dan diganti dengan custom berbahan plat galvanis berukuran 1,5 mm, lengkap dengan foglamp atau lampu kabut. Sementara bagian setang dan raiser diganti dengan Pro Taper. Saluran gas buang atau knalpot turut diubah, menggunakan knalpot replika Weskes USA Slip on yang memiliki tampilan menarik.

“Sebenarnya ini modifikasi kedua saya, sebelumnya Kawasaki Ninja 250cc milik saya ini sudah dijadikan model Street Fighter. Jadi karena saya ingin tampil berbeda, saya memilih untuk memodifikasikan kembali dengan tema Flat Tracker,” kata Fakhri.

Sekedar informasi, Kawasaki Ninja 250 dirilis sejak tahun 2008. Saat itu mesin yang digunakan masih mengandalkan teknologi karburator untuk menyuplai bahan bakar. Seiring berkembangnya zaman, saat ini pabrikan motor asal Negeri Bunga Sakura tersebut telah membenamkan teknologi Injeksi pada motor sport andalannya ini.

Dilihat dari segi dimensinya, Kawasaki Ninja 250 FI memiliki ukuran panjang 2.010 m, dengan lebar sebesar 715 mm dan tinggi mencapai 1.110 mm. Motor ini mengusung tangki bahan bakar yang memiliki kapasitas sebesar 17 liter. Ninja 250 FI mengusung setang jepit dan dipadukan dengan jok yang berkesan sporty.

Melirik bagian kaki-kakinya, motor sport ini menggunakan suspensi depan telescopic fork dengan diameter 37 mm an suspensi belakang link Uni-Trak dengan model Gas-Shok 5 tingkat pengaturan.

Beralih ke bagian jantung pacunya, Kawasaki Ninja 250 FI dipersenjatai dengan mesin yang memiliki kapasitas sebesar 250 cc, dua silinder sejajar, DOHC, 4 langkah dengan sistem pendinginan berbasis water cooling. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 32 hp (23.5 kW) pada putaran 11.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 21 Nm pada putaran 10.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke roda-roda melalui sistem transmii 6-percepatan.

Source: biaya modifikasi motor 250cc street fighter, modif ninja 250cc, modifikasi ninja 250 street fighter, Ninja 250 karbu modif tracker, ninja 250 modifikasi cruiser, tracker ninja 250 karbu, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply