Home Mobil Panaskan Mobil Terlalu Lama Bisa Sangat Berbahaya!

Panaskan Mobil Terlalu Lama Bisa Sangat Berbahaya!

0 1491

Tips Memanaskan Mobil. Sering kita jumpai mobil yang sedang diparkir namun mesinnya dibiarkan tetap hidup. Bahkan tak jarang pemilik mobil menyalakan mesin dalam waktu yang lama lantaran sedang menunggu seseorang.

Hal tersebut dilakukan agar Air Conditioner (AC) di dalam mobil tetap berfungsi sehingga pengemudi maupun penumpang yang ada di dalamnya tetap merasa sejuk selama menunggu.

Biasanya pengguna hanya mengetahui dampak dari menghidupkan mesin mobil terlalu lama adalah terbuangnya bahan bakar. Sayangnya dampak yang ditimbulkan tidak hanya itu saja. Khususnya kendaraan yang telah memenuhi standar emisi minimal Euro 2 dan telah dilengkapi dengan peranti catalytic converter.

Apabila terlalu panas, komponen yang bertugas sebagai penurun emisi gas buang ini tidak dapat bekerja dengan baik. Bahkan lebih buruknya catalytic converter yang terlalu panas dapat menyebabkan kebakaran jika berada di dekat bahan-bahan yang mudah terbakar.

Dilansir dari laman AstraWorld, prinsip kerjanya, pemanasan suhu pada catalytic converter memang sengaja dilakukan. Hal inilah yang menjadi alasan mengapa komponen tersebut diletakkan setelah exhaust manifold. Sehingga catalytic converter terkena dampak dari gas buang mesin yang panas.

Di saat seperti itu, komponen ini bekerja sebagai katalis untuk mengurangi gas buang, seperti Hidrokarbon, Karbonmonoksida dan Nitrogen Oksida. Walaupun secara teknis catalytic converter bekerja di suhu yang panas, namun suhu peranti ini tidak boleh melebihi batas yang telah ditetapkan, yakni sekitar 400-500 derajat celcius.

Perlu diketahui, suhu catalytic converter tetap terjaga saat mobil berjalan karena adanya hembusan angin. Namun lain halnya jika mobil dalam keadaan berhenti dan mesin tetap menyala. Hal tersebut justru membuat kenaikan suhunya melebihi batas aman yang telah ditentukan. Dan pada akhirnya hal itu membuat catalytic converter menjadi rawan terbakar.

Dampak Panaksan Mobil Terlalu Lama 2

Oleh karena itu, agar suhu komponen ini tetap terjaga dan tidak melebihi ketentuan, gunakan beberapa tips mobil sesuai dengan buku panduan. Di buku panduan tersebut biasanya tercantum keterangan, bahwa tidak mobel memanaskan mesin atau menghidupkan kendaraan dalam kondisi diam lebih dari 20 menit.

Di samping itu, saat hendak memarkir kendaraan, usahakan untuk menghindari parkir di atas benda yang mudah terbakar, seperti rumput atau tumpukan kertas dan daun kering. Alangkah baiknya untuk mematikan mesin jika Anda sedang menunggu. Carilah tempat yang nyaman di luar mobil selagi Anda menunggu.

Selain itu perhatikan pula saat Anda sedang memanaskan mobil. Memanaskan mesin mobil tidak boleh dilakukan sembarangan. Hal ini dilakukan agar mobil Anda terhindar dari resiko kerusakan dan terbuangnya bahan bakar sia-sia.

Sebelum menggunakan mobil, Anda dapat meghidupkan mesin selama 5 menit. Jangan memanaskannya terlalu lama agar mesin tidak mengalami over heating.

Saat memanaskan mobil jangan menekan pedal gas. Hal ini biasanya dilakukan oleh banyak orang. Tetapi saat ini mobil baru yang dijual di pasaran telah dilengkapi dengan sistem injeksi. Dengan demikian Anda tidak perlu menginjak pedal gas mobil. Usahakan mesin menyala dalam keadaan konstan. Tetapi jika harus menginjak pedal, injaklah sebelum saat mesin dinyalakan.

Hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah memastikan AC mobil dalam keadaan mati. Sebab jika kondisi mesin menyala dan AC juga hidup justru dapat membuat komponen AC menjadi rusak. Bahkan kerusakan pun bisa menjadi lebih parah jika terus diabaikan. Perlu diingat, menghidupkan AC saat suhu mobil belum normal bisa memperberat kemampuan mesin.

Ada baiknya Anda memanaskan mobil di area terbuka saat sedang memanaskan mesin mobil. Hindari memanaskan mobil di garasi tertutup. Sebab hal ersebut dapat membahakan keselamatan Anda sendiri.

Source: akibat manasin, efek manasin mobil kelamaan, kenapa jika sedang memanasi mobil tidak boleh menginjak gas terlalu dalam, standart manasin mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply