Home Auto News Nissan Kicks, Pesaing Honda HR-V dan Mitsubishi Outlander

Nissan Kicks, Pesaing Honda HR-V dan Mitsubishi Outlander

0 4933

Mobil Terbaru 2015 Nissan Kicks. Hingga saat ini pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) tetap menjadi primadona di Tanah Air. Hal tersebut terlihat dari besarnya angka penjualan MPV atau mobil keluarga di Tanah Air.

Namun selain itu, kelas Low SUV (Sport Utility Vehicle) atau yang juga disebut dengan istilah Crossover Utility Vehicle) ini juga mulai ramai diserbu konsumen dan produsen otomotif.

Pada dasarnya, mobil yang termasuk ke dalam kategori Low SUV memiliki panjang kurang dari 4,3 meter dan memiliki tampilan yang gagah khas model SUV. Di Tanah Air ada beberapa merek mobil terbaru 2015 yang bersaing di segmen ini, antara lain Honda HR-V, Mitsubishi Outlander Sport dan Nissan Juke.

Untuk Suzuki SX-4 dan Nissan Juke sebenarna termasuk kendaraan compact crossover, pasalnya kedua mobil tersebut memiliki panjang kurang dari 4,2 meter. mobil jenis ini pada umumnya mempunyai kabin yang sedikit terbatas, sehingga penumpang di belakang tidak dapat duduk dengan leluasa.

Lain halnya dengan kendaraan jenis CUV seperti HR-V dan Outlander Sport, mobil tersebut dinilah cocok dengan selera konsumen Indonesia yang menginginkan kendaraan tidak terlalu kecil dan besar. Mobil jenis CUV memiliki berapa keunggulan, yakni mudah untuk bermanuver di jalanan perkotaan yang padat maupun di tempat parkir yang terbatas dan memiliki ruang kaki yang lega serta kapasitas bagasi yang memadai.

Nissan Kick 2016 2

Hal tersebut tampaknya dijadikan bahan pertimbangan oleh Nissan untuk menghadirkan mobil barunya. Berdasarkan kabar yang dilansir dari Rushlane, Rabu (01/04/2015), pabrikan mobil asal Negeri Matahari Terbit itu berencana untuk menambahkan satu model baru untuk melengkapi line-up Nissan. Mobil tersebut diberi nama Nissan Kicks. Walaupun mengadopsi konsep crossover sama seperti Nissan Juke, Kicks mempunyai dimensi yang lebih panjang dari saudaranya.

Dengan demikian dapat diartikan Nissan Kicks diciptakan untuk berhadapan langsung dengan Honda HR-V dan Mitsubishi Outlander Sport yang telah lebih dahulu berkiprah di pasar otomotif dunia. Melihat bentuk Nissan Kicks ini, secara garis besar desainnya serupa dengan Juke. Hal tersebut terlihat pada lebarnya ruang roda dan atap yang tampak rendah di bagian belakang.

Automaker ternama asal Jepang itu merancang bagian depan Nissan Kicks lebih konensional. Lampu didesain persegi dengan lis grille berbentuk V yang dilapisi krom khas mobil Nissan yang ada saat ini. Sementara Tuas pembuka pintu belakang diprediksi akan diranang sederhana, tidak lagi di pilar C layaknya Nissan Juke maupun Honda HR-V.

Sementara berbicara mengenai dapur pacu yang diandalkan, sepertinya Nissan tetap mempertahankan mesin berkapasitas 1.500 cc yang juga digunakan oleh Juke dan March.

Sebagai tambahan informasi, mesin 1.500 cc yang digunakan oleh Nissan Juke memiliki 4 silinder yang dipadukan dengan teknologi DOHC. Berbekal mesin tersebut, Nissan juke dapat menghasilkan tenaga sebesar 114 daya kuda pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 150 Nm pada putaran 4.000.

Sementara mobil low SUV Honda HR-V mengusung mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder sebagai tenaga penggeraknya. Mesin tersebut memiliki tenaga 120 hp pada 6.600 rpm dan torsi 145 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Lain halnya dengan Mitsubishi Outlander Sport yang mengusung mesin 4B11 MIVEC DOHC 16 Valve 4 Cylinder in-line berkapasitas 1.988 cc. Mesin tersebut dapat memproduksi tenaga 150 PS (110 kW) pada 6.000 rp dengan torsi 197 Nm pada 4.200 rpm.

Tidak menutup kemungkinan Nissan akan menghadirkan crossover Kicks dengan jantung pacu yang mumpuni dan dapat bersaing ketat dengan para kompetitor lainnya.

Rencananya mobil tersebut akan dihadirkan ke hadapan publik dalam wujud versi produksi pada awal tahun 2016 mendatang di Negeri Hindustan, India.

Source: http://www.noticiasautomotivas.com.br

Source: nissan kicks indonesia, mobil baru indonesia 2016, mobil nissan terbaru 2016, mobil mitsubishi terbaru 2016, honda hrv 2016 indonesia, model mobil terbaru 2016, mobil mpv 2016, harga nissan kicks, mobil HRV 2016, nissan terbaru 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply