Home Mobil Tips Merawat Mobil Jadul Klasik Agar Tetap Mempesona

Tips Merawat Mobil Jadul Klasik Agar Tetap Mempesona

0 2750

Cara Merawat Mobil Tua Jadul Sedan. Saat ini banyak produsen otomotif yang menghadirkan mobil dengan tampilan sporty dan modern untuk memikat hati calon konsumen. Tampilan yang sporty memang banyak disukai oleh banyak masyarakat, terutama di Indonesia.

Akan tetapi hal tersebut bukan berarti mobil klasik atau jadul mulai ditinggal oleh pecintanya. Mobil ini justru memiliki penggemar tersendiri di dunia otomotif. Ada beragam alasan mengapa orang memilih untuk membeli mobil klasik daripada mobil baru yang pada umumnya memiliki banyak kecanggihan dan performa yang maksimal.

Akan tetapi tak dipungkiri mobil-mobil klasik dianggap sangat menyusahkan dalam hal perawatan. Maklum saja, usia yang sudah tak lagi muda membuat mobil ini membutuhkan banyak perawatan dibandingkan dengan mobil-mobil saat ini.

Mobil jadul atau klasik memerlukan perawatan khusus. Oleh karenanya perlu adanya tips untuk menjaga kondisi mobil klasik agar tidak mudah mengalami kerusakan. Ekky, pemilik bengkel Jayapura Duta Mas di daerah Fatmawati ini memiliki beberapa tips untuk Anda pemilik mobil klasik.

Tips Merawat Mobil Klasik 2

“Sebenarnya merawat mobil tua itu tidak terlalu sulit, namun kita memang dituntut untuk lebih perhatian,” terang Ekky.

Ekky menjelaskan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan. Berikut adalah lima trik jitu untuk merawat mobil klasik berdasarkan keterangan Ekky:

1. Lebih teliti saat mengganti oli mesin

Salah satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah oli. Sebab oli memiliki peran sangat penting untuk memberikan perlindungan bagi mesin mobil. Khusus untuk mobil lama, alangkah baiknya untuk mengganti oli setiap menempuh jarak 2.500 km.

2. Jangan lupa memeriksa kaki-kaki mobil

Mobil jadul atau klasik pada umumnya memiliki permasalahan pada kaki-kaki mobil. Salah satu tanda bahwa bagian ini bermasalah adalah timbulnya bunyi atau suara yang cukup mengganggu telinga. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan dan perawatan secara berkala sehingga hal tersebut dapat diminimalisir.

3. Rawat cat mobil

Seiring berjalannya waktu, cat mobil tua biasanya akan memudar dengan sendirinya. Hal tersebut membuat tampilan mobil menjadi kurang menarik saat dipandang. Namun Anda tidak perlu khawatir. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu melakukan pengecatan ulang.

Akan tetapi masalah yang sering dialami adalah kualitas pengecatan ulang tidak sebagus dan semulus aslinya. Untuk itu usahakan menggunakan penutup atau pelindung mobil ketika sedang diparkir.

4. Perhatikan kabel-kabel mobil

Perhatikan juga kondisi kabel pada mobil Anda. Sebab kabel yang telah getas dapat menyebabkan konsleting dan membuat mesin tidak dapat hidup. Jika Anda menemukan kabel yang sudah getas, segera gantilah dengan kabel yang baru. Jika tidak segera ditangani permasalah tersebut dapat menyebabkan kebakaran.

5. Perhatikan ring sekher

Salah satu komponen mobil klasik atau tua yang sering mengalami permasalahan adalah ring sekher. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan selama berkendara, lakukan perawatan dan pengecekan secara berkala untuk komponen ini. Hal tersebut perlu dilakukan agar kendaraan tidak mogok di tengah jalan.

Selain 5 tips mobil di atas, ada beberapa trik tambahan seputar perawatan mobil. Salah satunya adalah menjaga kebersihan mobil. Kebersihan bagian luar dan dalam harus terjaga agar memberikan kenyamanan kepada para penggunanya.

Selain itu Anda dapat menggunakan cover untuk jok. Pilihlah cover yang tebal sehingga memberikan kenyamanan yang lebih baik. Memanfaatkan cover akan menghindari jok terkena noda secara langsung.

Demikian adalah beberapa tips merawat mobil klasik atau tua. Pada dasarnya seluruh kendaraan bermotor membutuhkan perawatan rutin. Dengan demikian kendaraan Anda akan terhindar dari segala resiko yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Source: mobil jadul, mobil tua, mobil sedan jadul, merawat mesin mobil jadul com, perawatan rutin mobil tua, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply