Home Auto News Motor Sport Suzuki Gixxer SF 150 Pesaing Yamaha R15

Motor Sport Suzuki Gixxer SF 150 Pesaing Yamaha R15

0 1778

Motor Suzuki Gixxer Versi Full Fairing. Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15 yang dipasarkan di Negeri Hindustan, India tampaknya akan kedatangan pesaing baru. Motor tersebut adalah Suzuki Gixxer SF yang akan menunjukkan jati dirinya pada 7 April 2015 mendatang.

Meskipun baru meluncur pekan depan, namun brosur sportbike berkapasitas 150 cc ini telah beredar di jagat maya. Motor besutan salah satu produsen otomotif asal Negeri Bunga Sakura ini merupakan versi full-fairing dari Suzuki Gixxer 150 yang sebelumnya telah dilepas di pasaran India.

Spesifikasi Suzuki Gixxer SF terlihat semakin berisi berkat penggunaan fairing penuh, mulai dari depan bagian samping yang menyatu hingga ke bagian belakang. Jika dilihat sekilas tampilannya tampak mirip dengan motor gede (moge) andalan Suzuki, yakni Hayabusa. Akan tetapi dimensi motor sport ini tidak sebesar Hayabusa, lantaran mesin yang digunakan hanya 150 cc.

Sementara desain tangki bahan bakar Suzuki Gixxer SF full fairing ini juga memiliki desain baru, dihiasi dengan lekukan yang tampil serasi dengan desain fairingnya. Jika dibandingkan dengan Suzuki Gixxer versi non fairing yang menjadi basis motor ini, ada beberaa perbedaan yang terlihat jelas. Perbedaannya tampak pada model tangki yang dibuat ulang. Selain itu dimensinya juga lebih besar dengan lekukan yang lebih ditonjolkan.

Walaupun memiliki tampilan yang berbeda, Suzuki Gixxer SF tetap mengandalkan mesin yang sama dengan saudara dekatnya. Motor berlambang S khas ini dipersenjaai dengan dapur pacu yang memiliki kapasitas sebesar 154,9 cc, silinder tunggal, berpendingin udara.

Suzuki Gixxer SF 2015 Indonesia 2

Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga hingga 14,8 hp pada putaran 8.000 rpm dengan torsi puncak mencapai 14 Nm pada putaran 6.000 rpm. Pihak Suzuki mengklaim, Suzuki Gixxer SF akan menjadi salah satu motor sport 150 cc yang memiliki torsi paling tinggi di kelasnya.

Tenaga dari mesin disalurkan ke roda melalui sistem perpindahan gigi manual 5-percepatan. Sementara untuk asupan bahan bakarnya masih menggunakan sistem konvensional, karburator. Selain itu, motor ini juga dibekali dengan tekologi SEP (Suzuki Eco Performance).

Lampu yang disematkan pada Suzuki Gixxer SF telah menggunakan model LED, lengkap dengan instrumen digital untuk indikator gear dan RPM. Suzuki nantinya akan menyediakan motor sport andalannya ini dalah tiga pilian warna, antara lain biru, hitam dan putih.

Walaupun Suzuki di India baru akan memasarkan unit Gixer SF melalui dealer-dealer pada bulan Aprril 2015 mendatang, akan tetapi sejumlah media otomotif setempak telah memprediksi harga jual dari motor sport full fairing tersebut. Menurut informasi yang dilansir ibtimes.co.in, Suzuki Gixxer SF diperkirakan akan dijual sebesar Rs (Rupee) 90.000 atau jika dikurskan mencapai Rp 18,8 jutaan. Harga tersebut bisa dibilang cukup terjangkau untuk ukuran sebuah motor sport.

Sekedar informasi, melalui situs resminya yamaha-motor.co.id, harga Yamaha YZF-R15 dijual dengan harga Rp 29,1 juta on the road Jakarta. Sementara harga Honda CBR150R Indonesia melalui situs resminya dipatok dengan harga mulai dari Rp 29,8 juta hingga Rp 30,4 juta on the road Jakarta.

Bila dibandingkan dengan dua motor sport di atas, Suzuki Gixxer SF memiliki harga jual yang lebih murah. Hal tersebut dapat menjadi peluang bagi Suzuki Indonesia untuk merebut pangsa pasar motor sport di Tanah Air. Lalu apakah motor sport ini akan dijual di Indonesia?

“Apa yang ada di India belum tentu cocok dengan situasi dan kondisi market di Indonesia, terlebih lagi kita harus menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia,” kata Yohan Yahya, General Manager (GM) Marketing 2W Suzuki Indomobil Sales (SIS) beberapa waktu yang lalu.

Kendati demikian ia mengungkapkan bahwa tidak menutup kemungkinan jika Suzuki Gixxer SF nantinya akan dipasarkan di Indonesia. “Pokoknya ditunggu saja, apabila motor baru ini cocok di Indonesia, motor ini secepatnya akan dibawa ke Indonesia,” ungkap Yohan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply