Home Auto News Yamaha R25 Tanpa Fairing Segera Meluncur Di Indonesia!

Yamaha R25 Tanpa Fairing Segera Meluncur Di Indonesia!

0 2419

Yamaha YZF-R25 Street Fighter Tanpa Fairing. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) punya kabar gembira untuk pecinta otomotif Tanah Air. Rencananya pabrikan motor berlambang tiga garputala itu akan kembali meluncurkan motor barunya. Motor tersebut adalah YZF-R25 yang akan hadir dalam wujud naked.

Dionysius Beti, yang menjabat sebagai Executive Vice President Director PT YIMM telah memberikan infrmasi perihal peluncuran motor ini. Rencananya Yamaha YZF-R25 versi tanpa fairing street fighter ini akan dirilis pada tahun ini.

“Saya pikir dalam waktu hitungan bulan akan keluar versi naked (R25), mudah-mudahan sebelum Lebaran (Juli),” ujar Dionysius yang ditemui usai meresmikan perjalanan Tour de Soul “125 Moments to Go” di dealer utara Yamaa di Cempaka Putih, Jakarta, Sabtu (04/04/2015).

Keberadaan Yamaha R25 tanpa fairing ini telah terungkap oleh media sejak tahun lalu. Tidak hanya itu, bahkan rekaan digital hingga spyshot motor ini telah beredar di kalangan pecinta otomotif.

Sekedar informasi, di Eropa beredar kabar bahwa Yamaha merilis MT-125. Motor berwujud naked ini dikembangkan dengan menggunakan basis Yamaha R125. Sementara di Tanah Air, saat beredarnya kabar mengenai keberadaan R25 versi tanpa fairing, banyak yang menyebut motor tersebut adalah MT-25.

Kendati demikian, hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Yamaha Indonesia mengenai nama, desain dan spesifikasi dari motor barunya itu. Namun diperkirakan Yamaha YZF-R25 versi naked ini akan dipersenjatai dengan jantung mekanis yang sama dengan YZF-R25 berfairing, yakni mesin DOHC, 2-silinder, 250 cc, berpendingin cair dengan setingan daya yang berbeda.

Menurut pemaparan salah satu sumber YIMM, sesi test drive untuk internal sudah dilakukan di Negeri Gajah Putih, Thailand pada bulan lalu. Sang sumber menerangkan, karakter pengendalian motor naked ini lebih mengarah ke tunggangan touring. Posisi duduk dibuat lebih tegak dengan torsi yang lebih besar dari Yamaha R25. Hal tersebut membuat model naked ini cocok untuk menjadi tungangan sehari-hari.

Yamaha Indonesia kabarnya tengah mematangkan strategi pemasaran motor naked terbarunya ini. YIMM juga mengusahakan agar versi naked tersebut memiliki harga jual yang lebih terjangkau dibandingkan dengan R25 versi baju balap. Di pasar otomotif nasional, segmen motor naked 2-silinder 250 cc diisi oleh Kawasaki Z250 dan Suzuki Inazuma. Penjualannya bisa dibilang tidak sebaik versi fairing yang memiliki banyak peminat.

Sebagai informasi, Yamaha R25 versi fairing pertama kali diperkenalkan di hadapan publik pada 20 November 2013 silam di perhelatan Tokyo Motor Show. Dilihat dari segi dimensinya, motor sport andalan Yamaha ini memiliki ukuran panjang 2.090 mm, dengan lebar 720 mm dan tinggi mencapai 1.135 mm. Wheelbase motor ini mencapai 1.380 mm, sementara ground clearance-nya mencapai 160 mm. Motor ini memiliki tangki bahan bakar yang dapat menampu 14,3 liter bensin.

Melihat sektor performanya, Yamaha R25 dibekali dengan mesin yang memiliki kapasitas sebesar 249 cc 4 langkah, 8 valve, DOHC, berpendingin cairan. Mesin ini juga dilengkapi dengan teknologi Direct Drive Camshaft dengan 8 katup, ruang bakar kompresi tinggi, saluran intake tipe down draft, independen injector 12 lubang, DiASil Cylinder dan Forget piston Yamaha yang membuat performanya semakin tangguh.

Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga 27,2 kW pada putaran 1.200 rm dengan torsi maksimum mencapai 23,2 Nm pada 10.000 rpm. Yamaha telah membenamkan sistem Fuel Injection sehingga lebih hemat bahan bakar namun performa tetap maksimal. Dapur pacu tersebut disandingkan dengan sistem transmisi constant mesh 6-percepatan.

Lalu apakah mesin yang diusung oleh R25 naked sama dengan versi fairingnya? Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Yamaha Indonesia. Yang pasti kehadiran Yamaha R25 versi tanpa fairing akan memanaskan persaingan motor baru di segmen naked bike Tanah Air.

Source: yamaha mt 25, yamaha mt25, yamaha 250cc street fighter, yamaha r25 modifikasi street fighter, yamaha mt 25 2015, motor r25 tanpa fairing, motor yamaha r25 fighter, new yamaha street figther 250, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply