Home Mobil 4 Tips Memilih Audio Sound System Mobil Berkualitas

4 Tips Memilih Audio Sound System Mobil Berkualitas

0 2074

Memilih Audio Mobil Berkualitas. Mengendarai mobil untuk menempuh perjalanan jauh ataupun hanya sekedar berkeliling kota memang menjadi hal yang menyenangkan. Akan tetapi, ada kalanya rasa jenuh datang di tengah perjalanan yang panjang dan melelahkan. Oleh karena itu adanya sarana hiburan di dalam mobil merupakan hal yang sangat dibutuhkan.

Ketersediaan peranti hiburan akan menjadi penyegar bagi para penggunanya. Ada bermacam-macam sarana hiburan yang bisa digunakan, salah satunya adalah sound system. Banyak kita jumpai para pemilik mobil yang rela mengeluarkan banyak biaya hanya untuk mengganti beberapa perangkat sound system. Tujuannya selain untuk menghilangkan rasa jenuh selama perjalanan, melakukan upgrade sound system akan menghasilkan suara musik yang jauh lebih jernih bila dibandingkan dengan hanya mengandalkan bawaan pabrik.

Apabila Anda berniat untuk melakukan penggantian sound system pada mobil baru ataupun lama, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Joni, pemilik gerai Best Audio yang berlokasi di kawasan Fatmawati, Jakarta, menjelaskan, setidaknya ada empat poin yang wajib dicermati oleh konsumen saat hendak memilih dan membeli sound system.

“Sound system adalah salah satu pelengkap bagi mobil, yang mampu mengatasi rasa jenuh di tengah kemacetan. Jadi kalau dapat sound system yang baik, pasti enjoy juga bawa mobilnya,” ujar Joni.

Tips Modifikasi Audio Mobil 2

Berikut adalah empat tips untuk memilih audio mobil:

  1. Pilihlah Media Player yang mempunyai kelengkapan format. Hal tersebut diperlukan, supaya pemilik mobi dapat memutar semua format lagu. Selain itu pilihlah perangkat yang mempunyai mekanik media player yang lengkap, seperti CD, DVD dan MP3.
  2. Saat hendak membeli, carilah sound system yang memiliki daya besar. Hal ini bertujuan untuk mendorong beban pada woofer dan speaker.
  3. Pilihlah perangkat audio yang mempunyai pengaturan suara lengkap. Pengaturan tersebut meliputi bass, treble hingga balance. Hal tersebut akan membuat kualitas suara yang dihasilkan lebih jernih dan maksimal.
  4. Jika Anda membeli sound system untuk mobil, itu berarti Anda juga harus menyediakan perangkat speaker yang mendukung. Anda dapat memasang Tweeter yang memiliki frekuensi suara tinggi. Pemilihan peranti tersebut berfungsi untuk menyeimbangkan treble dan vokal.

Baca Juga: Modifikasi Suzuki Swift Utamakan Fitur Audio

Selain empat tips yang disampaikan oleh Joni, ada beberapa tips tambahan lain saat mengganti sistem audio mobil. Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Telitilah saat melakukan penggantian audio mobil. Mulai dari pemilihan bahan hingga saat proses instalasinya. Alangkah baiknya untuk mencari bengkel atau instalator yang terpercaya dan benar-benar berpengalaman. Dengan demikian hasil yang Anda peroleh menjadi lebih maksimal dan memuaskan.
  2. Jangan berpatokan dengan harga, sebab tidak selamanya harga yang mahal menjamin kualitas dari perangkat audio tersebut. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat memilih. Jangan sampai Anda tertipu dengan harga yang ditawarkan.
  3. Apabila Anda memiliki dana yang lebih, Anda bisa menggunakan peranti-peranti yang bagus namun berharga mahal. Kendati demikian, dengan adanya dukungan peralatan dan spesifikasi yang mumpuni hasilnya pun juga memuaskan. Dalam hal ini Anda membutuhkan tenaga ahli untuk melakukan penyesuaian settingan terbaik untuk Anda.
  4. Saat memutuskan untuk mengganti audio sistem mobil, setidaknya Anda harus mengetahui kelas-kelas dalam dunia audio mobil. Sebagai contoh, untuk pembagian kategori dibagi menjadi tiga kelas, yakni Sound Quality (SQ), Sound Quality Loud (SQL) dan Sound Pressure Level (SPL). Disamping itu sistem audio juga dibagi menurut Clarity (kejernihan suara), Depth (kedalaman suara) dan Sound Stage (tata panggung).
  5. Pilihlah jenis audio yang Anda sukai. Jika Anda ingin dentuman bass yang terasa jelas, Anda dapat menggunakan settingan SPL. Namun jika masih pemula, disarankan untuk mencoba jenis SQL yang memadukan kualitas suara dan dentuman keras.

Source: sound system mobil, modifikasi audio mobil, yang perlu diperhatikan membuat audio mobil, modif audio mobil, sound untuk mobil, sound system mobil datsun, modifikasi sound system mobil, memilih audio mobil yg sq, harga anggaran modifikasi sound system mobil, gambar audio mobil baru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply