Home Modifikasi Motor Modifikasi Suzuki Satria FU 150 Street Fighter!

Modifikasi Suzuki Satria FU 150 Street Fighter!

0 2735

Suzuki Satria FU 150 Modifikasi Naked Bike. Ada banyak sekali konsep modifikasi yang dapat diterapkan pada motor kesayangan. Salah satu di antaranya adlaah konsep bergaya MF (Minor Fighter). Modifikasi motor yang memiliki ciri khas pada bodinya yang lancip, bagian buritan yang dibuat pendek dan ban belakang yang lebar ini memang memiliki penggemar tersendiri.

Salah satu orang yang menyukai gaya Minor Fighter ini adalah Bayu Sudibyo yang bertempat tinggal di Cobor, Suberejo. Namun ada yang menarik dalam modifikasi kali ini. Bayu ingin Suzuki Satria FU 150 lansiran tahun 2008 miliknya berubah wujud menjadi sosok tunggangan bergaya MF. Hal ini tentu menjadi suatu hal yang tidak biasa.

Pada umumnya modifikasi motor bergaya Minor Fighter diterapkan pada motor-motor jenis sport, seperti Honda Tiger, Yamaha Scorpio, Yamaha V-Ixion dan lain-lain. “Ini salah satu tantangan dalam mewujudkannya. Keterbatasan bukan penghalang, enggak ada yang tak mungkin buat dimodifikasi,” jelas Bayu yang sekaligus mengerjakan modifikasi ini.

Waktu pengerjaan yang dibutuhkan cukup lama, yakni sekitar 6 bulan. Hal tersebut dikarenakan saat itu sang pemilik masih bekerja di Jakarta. Alhasil pengerjaan tidak bisa dilakukan setiap hari.

“Jadi penggarapannya di sela-sela rehat kerja. Proses bikin sasis lumayan makan waktu dan enggak bakal kelar kalau tanpa bantuan rekan saya Imam Prastyo. Dia itu tukang las yang suka modifikasi motor suzuki satria ini,” jelas Bayu yang saat ini menjadi petani di desanya.

Modifikasi Suzuki Satria FU 150 2008 2

Untuk sasis tubular custom, Bayu menggunakan bahan 1 batang pipa besi dengan panjang sekitar 3 m, diameter 2 cm dan tebal 3 mm. Tubular tersebut dipotong-potong, dirangkai dan dilas. Bagian ini digunakan untuk dudukan tangki bahan bakar yang menggunakan milik Kawasaki Ninja 150.

Namun sebelum dipasang, tangki tersebut disesuaikan dengan rangkaian rangka tubular yang baru. Sementara rangkaian sasisnya dibuat sederhana tetapi membuat tampilan motor terlihat lebih padat. Tak lupa Bayu memodifikasi bagian buritan. Bagian tersebut dibuat lebih pendek dan meruncing di belakang jok sehingga membuat kesan Minor Fighter semakin kental. Sang pemilik menamai motor modifikasi miliknya ini dengan sebutan “sabun” (Satria Buntung).

“Bikin swing arm enggak bisa sekali jadi. Soalnya saya enggak mengganti swing arm asli. Jadi perlu membongkar aslinya dan dimodifikasi lebih lebar. Total lebar jadi 31 cm dan panjangnya total 61 cm,” ujar Bayu.

Ubahan selanjutnya adalah sektor kaki-kaki. Bayu mengandalkan pelek lebar berukuran 5,5 inci yang diambil dari Ninja 250. Kemudian pelek tersebut dibalut dengan ban merek Sinko yang memiliki ukuran 190/50R17. Sedangkan komponen swing arm ditopang monosok milik Suzuki Satria R (Satria 2 Tak), sebab bawaan aslinya sudah pendek.

“Setang lebar diimpor dari kota virus ini berasal, mereknya X-K bikinan Agus Yanuar,” kata sang pemilik.

Meski tampilannya sudah berubah menjadi lebih beda dan unik, namun Bayu membiarkan mesin dalam kondisi standar alias tanpa ubahan apapun. Dengan demikian Suzuki Satria FU 150 Minor Fighter ini tetap mengandalkan mesin berkapasitas 147,3 cc, 4 tak, DOHC, 4 valve sebagai sumber tenaganya.

Mesin tersebut dapat menghembuskan tenaga sebesar 16 PS pada putaran 9.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 12,7 kgm pada putaran 8.500 rpm. Tenaga yang dihasilkan mesin disalurkan ke roda melalui transmisi 6-percepatan.

Spesifikasi modifikasi motor Suzuki Satria FU 150:

  • Pelek Depan : Rossi 2.50xR17
  • Pelek Belakang: Vrossi 550.17
  • Ban Depan : Zeneos 120/70R17
  • Ban Belakang : Sinko 190/50R17
  • Monosok : Suzuki Satria R
  • Up Side Down : Zox
  • Tangki : Kawasaki Ninja R150
  • Headlamp : Iron Gixer
  • Stang : X-K
  • CDI : BRT
  • Karburator : Keihin PE28

Source: http://motor.otomotifnet.com

Source: satria fu street fighter, satria fu modif street fighter, modif satria fu street fighter, modifikasi satria fu street fighter, satria street fighter, satria fu modifikasi street fighter, motor yamaha scorpio modif, modifikasi satria fu stre, satria fu minor fighter, modifikasi satria fu street fighter beserta biaya, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply