Home Motor Tips Memilih Lampu Motor Untuk Keselamatan Berkendara

Tips Memilih Lampu Motor Untuk Keselamatan Berkendara

0 1820

Cara Memilih Lampu Motor Baru Bekas. Pada dasarnya lampu atau headlamp pada sepeda motor berfungsi untuk membantu penglihatan pengendara, khususnya saat berkendara di malam hari. Banyak pemilik motor yang mengganti headlamp-nya untuk berbagai tujuan.

Akan tetapi perlu Anda ketahui, mengganti lampu tidak boleh dilakukan sembarangan. Apabila pemasangan dilakukan dengan tidak tepat, hal tersebut justru dapat mendatangkan musibah bagi Anda maupun pengendara lain. Kepedulian dan kepekaan pemilik motor sangat diperlukan saat memilih dan memasang lampu, sehingga tidak merugikan orang lain.

Bebin Djuana, pakar automotif memaparkan beberapa tips dalam memilih lampu motor. Berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Pilihlah lampu yang memiliki cahaya terang, akan tetapi tidak sampai menyilaukan. Oleh karena itu, sebelum membeli alangkah baiknya untuk bertanya kepada penjual walaupun secara umum lampu motor yang dijual sudah standar.
  2. Dianjurkan untuk membeli lampu motor saat menjelang senja. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui warna, terang, jangkauan dan fokus dari lampu yang hendak dibeli. Selain itu lebar sudut cahaya harus sama dengan pandangan mata Anda. Sebisa mungkin jangan mengganti lampu baru di siang hari atau di tempat yang sempit.
  3. Ketika mengganti lampu lama dengan yang baru, biasanya pemilik akan menemui permasalahan sudut pencahayaan yang tidak sama. Untuk memeriksa apakah sudut pencahayaan sudah tepat atau belum, Anda harus mengetahui sudut penerangan lampu yang lama. Caranya, nyalakan lampu dan perhatikan serta ingat kadar cahaya, fokus dan lebar lampu lama. Jangan ubah posisi motor agar Anda semakin mudah untuk mengingatnya.
  4. Langkah berikutnya, ganti dengan lampu baru sembari memastikan posisi motor atau setang tidak bergeser. Sesudah menggantinya dengan yang baru, lakukan pengetesan ulang seperti langkah di atas. Selain menguji ketepatan sudut pencahayaan, cara tersebut juga bermanfaat bagi pemilik motor untuk mengetahui kualitas lampu yang baru dibeli.

Tips Ganti Lampu Motor 2

Perlu Anda catat, sebisa mungkin hindari penggunaan lampu berwarna putih kebiru-biruan yang dipasang tegak lurus searah jarak pandang pengendara dari arah berlawanan. Hal tersebut dapat membuat pengendara lain kehilangan pandangan dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Lampu standar pada umumnya sudah memiliki cahaya yang terang. Tetapi, apabila bagi Anda cahayanya kurang terang, Anda dapat menggantinya dengan watt yang lebih kecil agar pijarnya lebih besar. Perlu diingat, mengganti lampu dengan watt yang lebih kecil akan berdampak pada usia lampu yang lebih pendek.

Apabila bohlam standar kurang terang, Anda dapat menggunakan lampu jenis halogen yang lebih terang. Pilihlah watt yang sama dengan lampu motor lama, sebab lampu halogen yang memiliki watt sama dengan lampu standar memiliki sinar yang lebih terang. Berhati-hatilah saat mengganti bohlam dengan jenis halogen. Jangan memegang bola lampu, karena hal tersebut akan meninggalkan warna kehitaman.

Jika lampu halogen kurang terang, Anda dapat menggunakan jenis xenon. Lampu ini memiliki sinar yang lebih terang dari halogen dan lampu motor standar. Akan tetapi lampu xenon memiliki panas yang cukup tinggi sehingga cukup beresiko jika digunakan pada reflektor dan kaca lampu standar.

Solusi lainnya Anda dapat mencoba HID Xenon. Awalnya lampu ini khusus ditujukan untuk mobil. Namun seiring berjalannya waktu para produsen lampu juga menyediakan HID xenon untuk motor. Lampu jenis ini memiliki beberapa peranti pendukung, seperti bulb dan ballast. Harga jualnya bisa mencapai Rp 350 ribu. Akan tetapi, jika Anda memutuskan untuk memilih lampu model ini, perhatikan kondisi aki. Aki motor harus dalam keadaan baik dan tidak tekor.

Source: lampu motor paling terang dan fokus, cara memilih bohlam motor, foto dan harga bohlam lampu halogen untuk honda beat, lampu motor paling terang di dunia, tips memilih lampu motor depan matic, trik memilih bohlam motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply