Home Motor Upgrade CVT Yamaha Mio M3 125 Untuk Meningkatkan Akselerasi

Upgrade CVT Yamaha Mio M3 125 Untuk Meningkatkan Akselerasi

0 5207

Modifikasi CVT Yamaha Mio M3 125 Lebih Kencang. Beberapa waktu yang lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku agen pemegang merek (APM) Yamaha di Tanah Air meluncurkan motor barunya, Mio M3 125. Skutik ini merupakan generasi penerus dari Mio, Mio J dan Mio GT. Yamaha Mio M3 125 ini dihadirkan untuk memenuhi keperluan pemiliknya seperti berangkat kerja, kuliah dan aktifitas lainnya.

Akan tetapi tidak semua orang puas dengan performa motor matik baru andalan Yamaha ini. Salah satunya adalah Mario Wijayanto. Ia mengeluhkan akselerasi Mio M3 125 kurang gesit dan terasa kurang cepat untuk urusan buka-tutup gas. “Jadi agak susah ketika dikejar waktu untuk bertemu klien,” ungkapnya.

Bila dibandingkan dengan All New Yamaha Soul GT 125 yang belum lama ini dirilis, Mio M3 125 memang kalah dalam hal akselerasi. Hal tersebut wajar, karena terdapat perbedaan setup CVT. Jika pada Yamaha Mio M3 menggunakan roller 12 gram, untuk All New Soul 125 menggunakan 10 gram.

Namun bukan berarti akselerasi Mio M3 125 tidak dapat ditingkatkan lagi. Anda dapat mengikuti setup CVT milik All New Soul 125. Setup ini dapat dikategorikan upgrade performa untuk level harian. Dengan demikian, ubahan yang dilakukan aman untuk pemakaian sehari-hari. Selain itu biaya yang dibutuhkan juga tidak besar.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan penggantian roller. Anda dapat menggunakan part milik Yamaha Xeon karburator, baik merek original atau aftermarket. “Untuk aftermarket, ada LHK dengan pilihan berat 7,8,9 dan 10 gram. Harga satu set Rp60 ribu,” jelas Denny Jonathan, dari K’cebonk Racing.

Untuk komponen roller, dianjurkan untuk menggunakan yang 10 gram. Sebab, jika terlalu enteng akan mempengaruhi topspeed yang dapat dicapai. “Bisa juga dibuat kombinasi, pakai standarnya tiga buah dan tiga lagi pakai 10 gram. Akselerasi tetap lebih ringan, tapi tanpa mengorbankan topspeed jika pakai rata 10 gram,” kata pria yang beralamat di jalan Haji Asmawi, nomor 59, Beji, Depok ini.

Tips Upgrade CVT Yamaha Mio M3 125 2

Setelah selesai mengganti roller, ubahan berikutnya Anda dapat mengganti per kampas kopling. Ada dua pilihan spesifikasi yang bisa digunakan, yakni 1.000 dan 1.500 rpm. Part tersebut berfungsi untuk mendukung akselerasi skutik dan menghilangkan gejala getar saat hendak membuka gas dari posisi diam.

“Anggaplah per kampas standar spesifikasinya 800 rpm, padahal pada rpm segitu pulley depan belum membuka untuk menggerakkan motor. Jadi posisi kampas ini nempelnya nanggung ke mangkok kampas kopling, jadi tidak menempel kuat,” papar Deny.

Namun ada konsekuensi yang Anda tanggung jika mengganti per kampas kopling. Konsumsi bahan bakar skutik akan menjadi lebih boros, terutama saat skutik bergerak dari posisi diam. Alasannya Anda harus membuka gas lebih besar agar motor dapat bergerak. Untuk harganya, per kampas kopling ini dibanderol dengan harga yang bersahabat, yakni Rp 35 ribu.

Part berikutnya yang dapat Anda ganti adalah per CVT. Peranti ini bertugas untuk mendorong pulley belakang untuk menggerakkan v-belt. “Fungsinya juga lebih ke akselerasi, dan bisa pakai punya Honda Vario yang punya per lebih panjang,” ungkap Deny.

Sedangkan untuk spesifikasinya, sama seperti per kampas kopling. Anda dapat memilih yang 1.000 atau 1.500 rpm. Sebagai gambaran harga, di K’cebonk Racing, per CVT merek Kitaco asal Taiwan dijual dengan harga Rp 85 ribu.

Cukup dengan biaya tidak lebih dari Rp 300 ribu, keunggulan Yamaha Mio M3 125 milik Anda yaitu akan memiliki akselerasi yang lebih gesit dari sebelumnya. Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga : Perbandingan Mio M3 Vs Honda BeAt eSP

Source: upgrade performa mio m3, upgrade mio m3, upgrade cvt mio m3, modifikasi mio m3, modif mio m3, roller mio m3, harga per cvt xeon karbu, roller racing mio m3, mio m3 modif, meningkatkan performa mio m3, 

RELATED POST

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply