Home Auto News Motor Bebek Honda 150cc Segera Meluncur Saingi Suzuki Satria!

Motor Bebek Honda 150cc Segera Meluncur Saingi Suzuki Satria!

0 5162

Motor Honda 150cc Pesaing Suzuki Satria. Seperti yang diketahui bersama, beberapa tahun yang lalu PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki model bebek sport bernama Honda CS-1. Namun penjualannya tidak terlalu menggembirakan sehingga AHM memutuskan untuk menghentikan produksinya pada tahun 2013 lalu.

Setelah kehadiran Honda CS-1 belum sanggup untuk menandingi keberadaan Suzuki Satria FU, rencananya Honda Indonesia akan kembali menyiapkan model barunya. Kabar tersebut telah berhembus di seluruh penjuru Tanah Air sejak penghujung tahun lalu.

Motor bebek dengan mesin berkapasitas 150 cc tersebut dikembangkan dengan kode produksi K56. Kehadiran motor ini nantinya akan kembali melawan Suzuki Satria FU. Sebelum Honda, pabrikan motor berlambang tiga garputala, Yamaha telah lebih dulu meluncurkan bebek sport 150 cc terbaru andalannya. Motor tersebut adalah Yamaha MX King 150 dan Jupiter MX 150.

Sekedar informasi, beberapa tahun terakhir Suzuki Satria FU memang tidak memiliki penantang. Menariknya menurut data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), rata-rata penjualan motor andalan Suzuki ini mencapai 14.000 unit sepanjang tahun 2014 kemarin. Hal tersebut pastinya menjadi daya tarik tersendiri bagi para produsen motor.

Menurut sumber internal AHM yang mengetahui rencana peluncuran bebek sport tersebut, hingga saat ini proses tes produksi dan pengujian unit masih berlangsung. Bahkan AHM selaku agen pemegang merek (APM) Honda di Indonesia telah mendaftarkan Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) kode baru Y3B02R17L0 MT di Dispenda DKI Jakarta. Kode tersebut diduga kuat merupakan calon pesaing Suzuki Satria FU yang memiliki banderol NJKB Rp 14,9 juta off the road.

“Sekarang masih dites, mungkin baru akan diproduksi dan diluncurkan pada September atau Oktober 2015,” kata seorang sumber tersebut.

Honda CS1 150 Indonesia

Update : Spesifikasi dan Harga Honda Sonic 150r Terbaru Dirilis

Lalu seperti apa mesin yang diusung oleh bebek sport terbaru Honda tersebut? Kabarnya AHM akan mengandalkan dapur pacu yang sama persis dengan CB150R dan CBR150R, yakni 150cc, DOHC. Akan tetapi sasis yang digunakan motor ini diduga kuat merupakan tipe baru. Penyesuaian tenaga yang dikeluarkan akan disesuaikan dengan karakter motor bebek yang pada umumnya lebih sering digunakan di daerah perkotaan.

Sebagai informasi, Honda CBR150R lokal yang dipasarkan di Indonesia menggunakan kerangka tipe Thuss Frame yang diklaim ringan namun kuat. Lain halnya dengan CBR150R impor yang mengusung sasis Delta Box. Sasis tipe Thuss Frame tersebut juga digunakan oleh Honda CB150R.

Melihat sektor jantung pacunya, Honda CBR150R dipersenjatai dengan mesin yang memiliki kapasitas sebesar 149,5 cc, 4-langkah, DOHC 4-katup dan silinder tunggal. Berbekal mesin tersebut motor ini dapat menghembuskan tenaga sebesar 12 kW pada putaran 10.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 13 Nm pada putaran 7.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke bagian roda melalui sistem transmisi manual 6-percepatan. Mesin yang digunakan CBR150R itu telah menerapkan sistem suplai bahan bakar Programmed Fuel Injection (PGM-FI) sehingga dapat menghasilkan tenaga secara maksimal namun tetap hemat BBM.

Sementara untuk Honda CS1 yang mulai dipasarkan pada tahun 2008 ini mengandalkan Twin Tube frame sebagai rangkanya. Suspensi depan bebek sport ini menggunakan model teleskopik, sedangkan bagian belakang model monoshock.

Pada sektor pacunya, Honda CS1 dibekali dengan mesin 4 langkah, SOHC dengan liquid cooled radiator yang berkapasitas 125 cc. Mesin yang dipadukan transmisi 5-percepatan tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 12,8 PS pada 10.000 rpm dengan torsi mencapai 1.04 kgf.m pada putaran 7.500 rpm.

Walaupun rencana Motor Honda untuk menghadirkan penantang Satria FU telah terungkap, namun pihak AHM mengungkapkan bahwa belum menentukan nama. Dengan begitu ada dua kemungkinan yang bisa diambil oleh AHM dalam menentukan nama, yakni menghidupkan kembali nama CS-1 atau memilih nama baru.

Img source: http://motorblast.org

Source: satria fu 2016, motor baru 2016, motor honda terbaru 2016, motor bebek yamaha 2016, honda beat 2016, motor 2016, honda terbaru 2016, satria terbaru 2016, motor honda 2016, motor bebek honda terbaru 2016, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply