Home Motor Modifikasi Yamaha R25 Indoprix Tanpa Bore-Up

Modifikasi Yamaha R25 Indoprix Tanpa Bore-Up

0 2528

Yamaha YZF-R25 Modifikasi Bore-up. Walaupun masih tergolong motor baru, namun tidak sedikit pemilik yang memodifikasi Yamaha YZF-R25 miliknya. Dalam keadaan standar, performa motor ini sebenarnya sudah cukup mumpuni. Akan tetapi banyak juga orang yang memutuskan untuk meningkatkan performa motor agar lebih maksimal ketika dipacu. Salah satunya dapat dilihat di Event Yamaha Sunday Race R-Series seri pertama.

Dari sekian banyak motor yang bertanding, Yamaha YZF-R25 milik tim Daytona Proven Performance memiliki cerita unik tersendiri. Dalam ajang tersebut, motor ini sanggup meraih pole position di kelas professional rider dan finish kedua.

Yang membuatnya menarik, motor yang menempati posisi satu dan tiga telah mendapat bore-up hingga kapasitas mesinnya meningkat menjadi 280 cc sesuai batas ketentuan regulasi. Namun lain halnya dengan YZF-R25 yang dikendarai oleh Hendra Rusmana Rusbule yang tetap dalam kondisi standar 250 cc.

“Saya mau memaksimalkan potensi mesin yang ada seperti ini, jadi bisa tahu letak kekurangan dan apa yang perlu dimaksimalkan,” jelas Hendra.

Sebagai informasi, motor berlambang tiga garputala tersebut dipersenjatai dengan jantung pacu 4 langkah, 8 valve, 2 silinder, DOHC, berpendingin cairan yang memiliki kapasitas sebesar 249 cc. Mesin tersebut dapat menghembuskan tenaga hingga sebesar 26,5 kW atau 36 PS pada putaran 1.200 rpm dengan torsi puncak mencapai 23,2 Nm pada putaran 10.000 rpm.

“Untuk mesin cuma di porting-polish head silinder dan custom camshaft,” terang Fariz Aldino, Manager tim Daytona Proven Performance.

Selain menerapkan ubahan pada kedua bagian tersebut, Yamaha YZF-R25 ini juga menggunakan sejumlah part racing. Di antaranya knalpot, suspensi bagian dalam dan ECU yang menggunakan Daytona. Sementara settingan final gear mengandalkan perpaduan 14 dan 45 mata yang juga menggunakan part Daytona. Hanya berbekal ubahan pada beberapa bagian tersebut, tenaga Yamaha YZF-R25 tak kalah hebat dengan motor yang telah di bore-up hingga 280 cc.

Untuk menghadapi seri kedua nanti, Fariz menjelaskan akan melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memperbesar kapasitas mesin menjadi 280 cc. “Kita lagi menunggu piston hi-compression, tiga pekan lagi datang,” ujarnya

Apabila hasil tes menunjukkan performa yang positif, maka tim itu akan menggunakan mesin berkapasitas 280 cc pada seri kedua. “Kita harus tes dulu, takutnya malah power drop di lap-lap akhir, karena kalau bore-up liner silinder yang tersedia liner besi, harusnya diasil,” papar Fariz.

Yamaha YZF-R25 memang kerap digunakan di berbagai perlombaan. Performa mesin yang gahar membuat banyak orang memilih motor sport andalan pabrikan otomotif asal Negeri Bunga Sakura ini.

Namun tidak hanya digunakan untuk balap saja, tujuan modifikasi motor ini juga sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tampilannya yang mirip seperti motor balap motoGP, Yamaha YZR-M1 akan membuat pemiliknya merasa lebih percaya diri dan menjadi daya tarik bagi pengendara lain.

Sekedar tambahan informasi, Yamaha YZF-R25 pertama kali diperkenalkan kepada publik pada 20 November 2013 silam dalam perhelatan Tokyo Moto Show di Jepang. Motor ini memiliki desain yang gahar dan sporty sehingga mempunyai daya tarik tersendiri. Kesan gahar tampak melalui desain body bagian depan dan belakang yang dibuat meruncing.

Meruncingnya body motor ini tidak hanya membuat tampilannya terlihat memukau, namun juga membuat akselerasinya semakin maksimal. Bagian jok dirancang sedemikian rupa agar terasa nyaman saat diduduki, lengkap dengan bantalan tangki. Sementara bagian headlamp memiliki desain predator yang mengesankan dengan sporty airduct di bagian tengah dan belakang yang telah menggunakan lampu LED.

Spesifikasi Yamaha YZF-R25 modifikasi balap:

  • Silinder head : porting-polish
  • Camshaft : Custom
  • Knalpot : Daytona GP Taper
  • ECU : Pro ECU Daytona
  • Final gear : Daytona
  • Throttle body : 34 mm custom air box
  • Sok belakang : Ohlins
  • Sok depan : Custom Daytona

Source: http://otomotif.metrotvnews.com

Source: R25 modif balap, meningkatkan performa r25, indoprix 2016, modif new r25 2017, porting polis cylinder head r25, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply