Home Motor Tips Perbaiki Rem Tromol Sepeda Motor Tidak Pakem

Tips Perbaiki Rem Tromol Sepeda Motor Tidak Pakem

0 4474

Rem Tromol Sepeda Motor Tidak Pakem. Motor matik atau kerap disebut dengan istilah skutik memiliki cukup banyak peminat dan penggemar. Lambat laun skutik menggeser eksistensi motor bebek yang sempat merajai penjualan motor di Tanah Air beberapa tahun yang lalu.

Kendati demikian, bukan berarti motor bebek sudah benar-benar ditinggalkan. Masih banyak orang yang mempetahankan motor bebek miliknya daripada harus membeli motor baru. Tidak hanya membiarkannya dalam kondisi standar, ada pemilik yang melakukan peningkatan pada kapasitas mesinnya.

Biasanya hal tersebut dilakukan karena motor bebek digunakan untuk kegiatan di luar batas kemampuannya, seperti touring. Akan tetapi langkah itu mengharuskan sistem pengereman belakang yang kebanyakan masih menggunakan tromol harus ditingkatkan. Dan perlu diketahui, opsi yang ditawarkan gerai variasi terbatas untuk urusan yang satu ini.

Lal bagaimana cara maksimalkan rem tromol motor bebek? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada motor kesayangan Anda:

Velg jenis balok pada roda belakang sebenarnya membuat fungsi kepakeman rem belakang menjadi berkurang. Hal tersebut terjadi ketika diameter tromol dan jenis kampas rem masih sama dengan versi spoke. Sebagai catatan, velg balok memiliki nilai moment puntir yang lebih besar daripada model spoke.

Tips Tingkatkan Rem Tromol Motor Bebek 2

Baca Juga : Cara Mengatasi Rem Tromol Bunyi

Oleh karena itu, ketika menggunakan jenis velg balok ada baiknya pengereman belakang diganti dengan model cakram. Hal tersebut bertujuan untuk menyiasati moment puntir yang dihasilkan bobot velg balok.

Musim menentukan jenis kampas rem yang dipakai

Kampas non asbes dinilai paling bagus dan memiliki nilai gesek stabil saat musim hujan. Karena nilai panas serbuk tembaga pada kandungan pad dapat bekerja dengan baik untuk menghambat putaran tromol. Hal yang sama juga berlaku untuk kampas tromol semi asbes. Rem ini tetap optimal untuk menekan silinder tromol walau diguyur air hujan.

Akan tetapi kedua jenis kampas rem ini memiliki kekurangan, yakni dapat mengikis permukaan silinder tromol dengan cepat. Lain halnya dengan kampas tromol jenis asbes. Nilai geseknya terhadap silinder tromol akan berkurang saat hujan, namun optimal saat digunakan pada kondisi kering. Kampas tromol jenis asbes tidak membuat dinding tromol cepat terkikis.

Aplikasikan tromol lebih besar

Dalam hal ini, Yamaha Jupiter-Z yang digunakan di ajang road race menjadi sumber inspirasinya. Diameter tromol motor ini lebih besar dengan menggunakan milik RX-King. Dengan menggunakan diameter yang lebih bsar, pengereman roda belakang menjadi lebih pakem. Khusus untuk Jupiter-Z langsung bisa dipasang, karena keduanya sama-sama menggunakan bearing kode 6301.

Sementara untuk gir belakang, Anda dapat menggunakan varian RX-King. Sebab gir tersebut memiliki mata yang lebih variatif untuk versi aftermarketnya.

Gir dan rantai motor ini memiliki profil yang sama dengan motor bebek, yakni profil 428. Untuk sentuhan akhirnya, Anda hanya perlu melakukan setting bushing penganjal sisi kanan kiri tromol. Hal ini dilakukan agar roda belakang tetap simetris dengan roda depan.

Motor bebek lain juga dapat menggunakan cara yang saa dengan Jupiter-Z. Sebagai contoh, Suzuki Shogun 125 dapat menggunakan RG-R 150, sedangkan untuk Honda Supra-X 125 bisa menggunakan tromol belakang GL-Max.

Namun perlu Anda ingat, perawatan rem tromol motor tidak boleh diabaikan. Hal ini harus dilakukan untuk menjaga performa rem agar tetap bekerja dengan baik.

Untuk merawatnya, pertama-tama buka as roda dan baut yang ada di tromol. Setelah itu lepas dudukan kampas rem dari tromol secara perlahan. Gunakan kain bersih yang halus untuk membersihkan tromol rem. Anda juga dapat menggunakan kompresor angin bertenaga tinggi agar kotoran yang menempel dapat dibersihkan.

Langkah berikutnya, lepas kampas dari dudukan rem, lalu rendam di bak yang berisi air bersih untuk menghilangkan kotoran yang ada. Setelah itu jemur di bawah sinar matahari. Jika sudah selesai, pasang kembali bagian-bagian yang dilepas tadi seperti semula.

Baca Juga : Cara Merawat Rem Tromol Pada Motor

Source: rem belakang motor matic tidak pakem, rem belakang mio tidak pakem, rem belakang vario kurang pakem, rem motor matic tidak pakem, rem belakang vario 125 kurang pakem, agar rem belakang mio pakem, rem vario 125 kurang pakem, rem belakang mio kurang pakem, rem vario tidak pakem, rem belakang vario, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply