Home Mobil Pilih Mana? Lampu Pijar Atau Lampu Halogen?

Pilih Mana? Lampu Pijar Atau Lampu Halogen?

0 2263

Perbandingan Lampu Pijar Dengan Halogen. Bagi Anda yang suka berkendara dengan kendaraan pribadi baik mobil baru ataupun motor baru, terutama di malam hari tentu sudah mengetahui manfaat dari digunakannya lampu. Satu dari sekian banyak komponen yang ada pada kendaraan ini memiliki peran yang sangat penting.

Apabila Anda sering berkendara di malam hari, pada umumnya pengendara akan menyalakan lampu low beam atau lampu jarak dekat. Tujuannya sudah jelas, yakni untuk menerangi jalanan yang gelap. Sementara jika hendak mendahului kendaraan lain yang ada di depan, maka pengendara dapat menggunakan lampu high beam atau lampu jauh sebagai tanda. Lampu ini juga digunakan saat melintasi jalanan berkabut.

Akan tetapi, cahaya yang dihailkan oleh lampu bisa terang dan bisa redup. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah jenis lampu yang digunakan. Berbicara mengenai jenis lampu, kebanyakan pemilik kendaraan tentu sudah mengatahui jenis lampu pijar dan halogen. Kedua lampu ini hanyalah salah satu dari beberapa jenis lampu yang dijual di pasaran.

Lampu pijar dan halogen sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Lampu pijar dikenal memiliki harga yang lebih murah, namun kualitas cahayanya tidak terlalu terang. Hal ini juga diamini oleh Bebin Djuana, seorang pakar otomotif.

“Lampu pijar lebih murah. Antara pijar dan halogen memiliki daya yang sama (watt) tapi Anda tidak mendapatkan terang yang sama,” kata Bebin.

Sebenarnya, lampu halogen hampir sama dengan lampu pijar. Akan tetapi dengan pengembangan teknologi yang ada, lampu ini memiliki kualitas yang lebih baik dari lampu pijar. Sebagai contoh, lampu pijar lebih cepat panas dan mudah putus. Lain halnya dengan lampu halogen yang memiliki cahaya lebih terang, dengan kualitas baik sehingga lebih tahan lama.

Perbedaan Lampu Pijar dan Halogen 2

Pemasangan kedua jenis lampu ini juga berbeda. Apabila Anda memilih lampu halogen untuk dipasangkan di kendaraan Anda, jangan sampai pemasangannya menyentuh kaca. Sebab tangan atau jari kita mengandung minyak. Sehingga sidik jari yang menempel di kaca lampu dapat mempengaruhi intensitas pencahayaan lampu tersebut.

“Yang diharamkan pada saat pemasangan halogen tidak boleh pegang depan (kaca) karena tangan atau jari kita mengandung minyak. Sidik jari yang menempel di kaca bisa memengaruhi intensitas pencahayaan lampu. Berbeda kalau pijar dipegang juga tidak masalah,” jelasnya.

Perbedaan lain yang terdapat pada lampu pijar dan halogen terletak pada intensitas pencahayaan lampunya. Sumber cahaya pada lampu pijar berasal dari arus listrik ke filamen kemudian menghasilkan panas. Ketika filamen tersebut panas, tungsten akan menguap dan menempel pada dinding kaca bagian dalam. Hal inilah yang dapat membuat dinding kaca pada lampu pijar menjadi hitam.

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan tersebut, disarankan untuk menggunakan lampu halogen pada kendaraan. Meskipun dari segi harga lebih mahal daripada lampu pijar dan menguras daya cukup banyak, akan tetapi lampu halogen memiliki kemampuan penerangan yang jauh lebih baik dari lampu pijar.

Akan tetap ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum mengganti lampu kendaraan dengan jenis halogen. Pertama, perhatikan ukuran watt lampu yang hendak digunakan. Lebih baik gunakan lampu halogen dengan ukuran watt yang sama dengan standar pabrik.

Selain itu, pilihlah lampu halogen yang bermerek dan terpercaya. Sebab kualitas lampu tidak terlepas dari merek lampu tersebut. Dengan menggunakan lampu halogen yang bermerek pastinya akan tahan lebih lama dan cahaya yang dihasilkan akan lebih maksimal. Baca juga mengenai tips lampu lainnya, Tips Memilih Lampu Motor dan Tips Memilih Lampu HID Motor.

Source: lampu motor halogen, lampu halogen, perbedaan lampu halogen dan biasa, perbedaan lampu biasa dengan lampu halogen, perbedaan lampu bohlam dan halogen, perbedaan lampu ho, lampu motor hilogin, perbandingan panas lampu pijar dan halogen, perbedaan bohlam halogen, sebutkan perbedaan antara lampu halogen dan lampu bias, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply