Home Motor Cara Hilangkan Kerak atau Korosi Pada Kendaraan

Cara Hilangkan Kerak atau Korosi Pada Kendaraan

0 1730

Tips Menghilangkan Kerak Korosi Mobil Motor. Kondisi sepeda motor yang sering digunakan untuk kegiatan sehari-hari tentu berbeda dengan kondisi motor yang masih baru. Ada beragam masalah yang mungkin Anda jumpai pada kendaraan kesayangan Anda. Munculnya kerak pada bagian-bagian motor adalah hal yang kerap dijumpai oleh pemilik motor.

Namun membersihkan kerak pada motor bukanlah perkara yang mudah. Tak jarang kotoran-kotoran yang ada di jalan menempel hingga menjadi kerak yang sulit untuk dihilangkan dengan cara pembersihan biasa. Lantas bagaimana cara menghilangkan kerak yang terlanjur menempel pada motor?

Berikut adalah empat cara mengusir kerak pada motor dengan mudah:

Jika kerak menempel pada mesin motor, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membilasinya dengan menggunakan sampo khusus untuk cuci motor. Setelah itu gosoklah secara perlahan. Anda dapat membeli sampo untuk cuci motor di bengkel-bengkel motor terdekat. Dengan menggunakan sampo ini, kerak-kerak yang telah mengeras tersebut dapat menjadi lembut sehingga mudah untuk dihilangkan ketika Anda menggosoknya.

Apabila cara tersebut menurut Anda belum mampu untuk menghilangkan kerak, Anda tidak perlu khawatir. Masih ada trik lain yang dapat Anda gunakan. Anda dapat menggunakan sabun cuci piring. Sebab sabun ini memiliki daya bersih yang cukup tinggi. Cara menggunakannya sama seperti sampo khusus motor tadi, yakni dengan cara dioles dan digosok, serta dibilas pada bagian kerak yang menempel.

Di samping itu masih ada cara lain yang bisa Anda manfaatkan. Caranya yakni dengan menggunakan bahan kimia sodium cyclamate atau sering disebut juga dengan istilah biang gula. Untuk barang ini, Anda dapat membelinya di toko makanan dan kue. Cara menggunakannya, siapkan 1/4 bungkus sodium cyclamate. Kemudian campurkan dengan sedikit air panas.

Tips Menghilangkan Kerak pada Motor 2

Jangan lupa untuk menambahkan setengah sendok makan deterjen, lalu aduk hingga larut. Setelah tercampur, oleskan pada bagian motor yang berkerak. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Keringkan bagian yang tadi dicuci hingga benar-benar kering.

Tips terakhir jika kerak motor masih tetap menempel adalah dengan menggunakan obat pembersih keramik. Akan tetapi berhati-hatilah ketika menggunakan tips ini. Sebab penggunaan obat pembersih keramik memiliki efek samping, yakni dapat merusak cat motor baru ataupun bekas. Lantas bagaimana cara membersihkan kerak motor dengan memanfaatkan obat pembersih keramik?

Caranya, pertama-tama campurkan obat pembersih keramik dengan air panas. Aduk hingga merata, kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam ember. Selanjutnya siapkan sebuah sikat gigi yang digunakan untuk membersihkan kerak yang terselip di celah-celah kecil dan sempit yang tidak dapat dijangkau oleh tangan.

Gosok kerak membandel tersebut hingga benar-benar terlihat bersih. Jika sudah selesai, diamkan selama kurang lebih 10 menit hingga Anda melihat busa atau buih-buih putih. Setelah itu bilaslah bagian yang Anda bersihkan tadi dengan sampo khusus motor. Agar hasil lebih maksimal dan memuaskan, bersihkan bekas sampo dan obat pembersih keramik dengan menggunkan air bersih. Apabila kerak tersebut tidak kunjung hilang, lakukanlah langkah-langkah ini berulang kali hingga kerak hilang. Akan tetapi, jika Anda masih ragu untuk melakukan tips ini, akan lebih baik jika Anda meminta bantuan kepada teman yang lebih paham mengenai motor.

Demikian adalah empat tips menghilangkan kerak pada motor. Menjaga penampilan motor agar terlihat selalu bersih akan membuat Anda semakin mantab untuk mengendarainya berkeliling kota atau sebagai teman yang menemani Anda melakukan aktifitas sehari-hari. Baca juga tips terkait lainnya, Bagian Kolong Mobil Yang Wajib Diperiksa, Komponen Motor yang Mudah Berkarat dan Cara Membersihkan Tangki Motor.

Source: tips menghilangkan kerak pada cat mobil, cara menghilangkan kerak air di body mobil, cara membersihkan kerak pada cat mobil, pembersih kerak pd cat mobil, menghilangkan kerak cat mobil, gimana cara membersih kan kerak air di body mobil, cara menghilangkan kerak pada cat mobil, cara menghilangkan kerak pada body mobil, cara menghilangkan kerak body, cara menghilangkan bekas kerak air di mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply