Home Honda Modifikasi Skutik Premium Honda PCX Elegant Gold

Modifikasi Skutik Premium Honda PCX Elegant Gold

0 1766

Motor Matic Honda PCX Modifikasi Elegan. Guna menampung kreasi modifikasi anak bangsa, produsen motor asal Negeri Bunga Sakura, Honda menyelenggarakan Honda Modif Contest (HMC) 2015 seri perdana. Acara tersebut berlangsung di Banjarmasin pada akhir pekan kemarin. Rupanya lomba tersebut menjadi kisah tak terlupakan bagi Muhammad Shobrun dengan Honda PCX miliknya.

Skutik bongsor lansiran tahun 2013 ini telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan memfokuskan ubahan bentuk dan warna agar tampil beda dan menarik. Konsep modifikasi yang dditerapkan oleh Shobrun pada Honda PCX ini adalah Elegant Style. Pengerjaan modifikasi skutik tersebut dilakukan di Workshop BIM Tanjung Rema yang berlokasi di Martapura, Kalimantan Selatan.

Shobrun mengungkapkan, waktu pengerjaan untuk menuntaskan konsep tersebut sekitar 2 bulan. Sedangkan biaya yang dikeluarkan mencapai Rp 17 juga. “Saya puas dengan hasilnya begitu modifikasi motor matik ini jadi. Terlihat sangat garang tampilannya,” ujarnya.

Seperti apa ubahan-ubahan yang dilakukan oleh sang modifikator pada Honda PCX ini? Berikut adalah uraian mengenai detail modifikasinya.

Modifikasi Skutik Honda PCX 2

Agar tampilan standarnya berubah menjadi lebih memikat, ubahan pertama yang diterapkan adalah merombak warna bodinya. Dalam proses ini, cat dan painting menggunakan Blinken yang dikombinasikan dengan sentuhan grafis batik guna membuat tampilannya semakin mengesankan. Warna dasar yang digunakan untuk membalut salah satu skutik andalan automaker berlambang sayap mengepak ini adalah warna coklat.

Beralih ke bagian kaki-kaki, suspensi depan standar milik Honda PCX dipensiunkan dan diganti dengan variasi Ride-It. Sementara suspensi belakang sang modifikator mengandalkan produk YSS Classic. Ubahan juga dilakukan pada ban skutik premium ini.

Untuk roda depan mengusung ban Zeneos yang memiliki ukuran 90/80-14, sementara ban belakang mengusung merek yang sama dengan ukuran 120/80-14. Ban tersebut dipadukan dengan pelek bintang yang dilapisi aksen chrome sehingga membuat tampilan warnanya menjadi kontras.

Selesai memodifikasi bagian kaki-kaki, proses pengerjaan berlanjut ke saluran gas buang. Knalpot standar Honda PCX tak lagi digunakan, sebagai gantinya dipilihlah knalpot berlogo Leo Vince. Bagian handle rem turut dimodifikasi dengan menggunakan produk KTC berwarna merah hati agar tampak kontras dengan warna bodi skutik ini.

Meski tampilannya berubah menjadi sosok yang garang dan unik, tetapi Shobrun memutuskan untuk tidak melakukan ubahan apapun pada sektor jantung pacunya. Mesin tetap menggunakan standar pabrik dari Honda. Akan tetapi sistem kelistrikannya mendapat sejumlah penyesuaian.

Sejumlah ubahan yang diterapkan pada Honda PCX ini rupanya tidak sia-sia bagi Shobrun. Skutik ini dinobatkan sebagai yang terbaik di HMC pada Kelas Matic Advance. Dan dengan demikian, Honda PCX ini akan mewakili Banjarmasin untuk final HMC yang akan diselenggarakan di Yogyakarta pada bulan Oktober mendatang.

Sebagai tambahan informasi, Honda PCX 150 terbaru yang dipasarkan di Tanah Air memiliki ukuran panjang 1.917 mm, dengan lebar sebesar 738 mm dan tinggi mencapai 1.094 mm. Skuter matic ini memiliki wheelbase atau jarak sumbu roda mencapai 1.315 mm dan jarak terendah ke tanah 140 mm. Berat kosong Honda PCX 150 ini mencapai 129 kg, sedangkan kapasitas tangki bahan bakarnya dapat memuat sebanyak 5,9 liter bensin.

Melirik sektor performanya, skutik premium ini dipersenjatai dengan mesin 4 langkah, SOHC, dengan silinder tunggal yang memiliki kapasitas sebesar 152,9 cc. Rasio pembakaran dapur pacu ini 10,6:1. Berbekal mesin tersebut, Honda pCX 150 dapat menghasilkan tenaga hingga 13,1 PS pada putaran 8.500 rpm dengan torsi puncak mencapai 13,1 Nm pada putaran 5.500 rpm. Penyuplai bahan bakarnya telah menganut teknologi PGM-FI sehingga dapat menghemat bahan bakar dan memiliki emisi gas buang yang rendah karena telah memenuhi standar EURO 3. Baca juga modifikasi pcx lainnya, Modifikasi Honda PCX 125.

Source: http://www.dapurpacu.com

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply