Home Modifikasi Motor Modifikasi Suzuki Thunder 250 Jadi Suzuki Volty, Gagah!

Modifikasi Suzuki Thunder 250 Jadi Suzuki Volty, Gagah!

0 3143

Modifikasi Suzuki Thunder Cafe Racer Volty. Dari sekian banyak motor sport yang dipasarkan dan beredar di jalanan, jumlah populasi Suzuki Thunder 250 bisa dibilang tidak terlalu banyak. Sebagai informasi, motor ini pertama kali diproduksi oleh Indomobil Suzuki Indonesia pada tahun 1999 dan diluncurkan pada tahun 2004.

Suzuki Thunder 250 atau Suzuki Thunder GSX250 ini mengandalkan mesin jenis 4-tak sebagai sumber tenaganya. Performa Suzuki Thunder 250 tergolong cukup memuaskan dan bersaing ketat dengan motor sport sekelas seperti Honda Tiger 200 cc dan Yamaha Scorpio 225 cc.

Walaupun populasinya tidak banyak, para pengguna motor sport berlambang “S” ini termasuk konsumen yang setia dan enggan untuk berpindah ke model lain. Selain itu motor ini termasuk kendaraan yang paling banyak dimodifikasi oleh para pemiliknya.

Hal serupa juga menimpa Suzuki Thunder keluaran tahun 2005 yang satu ini. Motor yang sejatinya merupakan kendaraan berjenis cruiser ii berubah wujud menjadi sosok motor klasik. Pengerjaan modifikasi yang dilakukan tidak terlalu rumit, sebab motor ini dimodifikasi menyerupai Suzuki Volty, motor klasik cruiser yang dijual di Jepang dan Inggris.

“Suzuki Volty aslinya beredar di sana dari tahun 1997 sampai 2002 saja, mesin sama persis dan rangka pun tak jauh berbeda dengan Thunder 250 yang beredar di Indonesia,” kata Welly Bong dari Karisma Motor yang menangani pengerjaan modifikasi motor ini.

Tidak dijualnya Suzuki Volty di Indonesia menjadi alasan yang melatarbelakangi modifikasi ini. “Jadi pemiliknya mau modifikasi jadi ala Volty, selain bergaya retro juga motor lebih nyaman dibawanya,” ujar Welly.

Yang menjadi tantangan tersendiri dari modifikasi ini adalah pengerjaan bagian bodi dan beberapa komponen yang turut disematkan. Pasalnya, Suzuki Volty hanya dijual di Jepang dan Inggris. Alhasil komponen bodi dan barang-barang yang terpasang pada motor ini juga dipesan langsung dari dua negara tersebut. “Itu jadi kendala pengerjaan, karena lama menunggu barangnya,” ungkap pebengkel yang bermarkas di Jl. Cinere Raya, No. 17c, Kota Depok.

Komponen bodi yang dipesan seluruhnya merupakan part original Suzuki. Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab sang pemilik motor lansiran pabrikan otomotif asal Negeri Matahari Terbit ini memang ingin tunggangannya tampil seperti Volty aslinya.

Bahkan untuk semakin memperkuat kesan aslinya, stiker identitas Volty yang disematkan pada bagian tangki bahan bakar juga dipesan. Maka bukanlah hal yang mengherankan jika modifikasi Suzuki Thunder 250 ini menghabiskan biaya lebih dari Rp 30 juta.

“Selain dari Volty, kita juga pakai tromol belakang dari Suzuki GT550. Setelah barang terkumpul semua, proses pemasangannya sih hanya memakan waktu satu minggu saja,” papar Welly yang dikenal ahli dalam menangani Thunder 250 dan Inazuma ini.

Pengerjaan modifikasi ini dilakukan dengan sangat rapi. Detail-detail dari Suzuki Volty juga diperhatikan dengan jeli sehingga menghasilkan hasil yang sempurna. Wajar saja jika banyak orang awam yang tidak bisa mengenali sosok Suzuki Thunder 250 yang telah dimodifikasi ini.

Sedangkan bagian jantung pacu tidak mengalami perubahan apapun. Dengan demikian mesin 4 langkah, DOHC, TSCC, berpendingin udara tetap dipertahankan. Mesin tersebut memiliki tenaga sebesar 20 daya kuda pada 7.500 rpm dengan torsi maksimal 2,1 kg-m pada 6.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan ke roda-roda melalui sistem transmisi 5-percepatan. Baca juga artikel modifikasi thunder lainnya, Modifikasi Suzuki Thunder Ala Triump Bonneville, Modifikasi Suzuki Thunder Jadi Motor Trail Cross dan Modifikasi Suzuki Thunder 125 Lebih Klasik.

Spesifikasi motor modifikasi Suzuki Thunder 250 2005 :

  • Lampu depan : Suzuki Volty
  • Lampu belakang : Suzuki Volty
  • Tangki : Suzuki Volty
  • Spidometer : Suzuki Volty
  • Ban : Avon
  • Tromol belakang : Suzuki GT550
  • Jok : Suzuki Volty
  • Spion : Thunder 250

Source: http://otomotif.metrotvnews.com

Source: berita modip motar susuki tander, Modif suzuki volty, modifikasi motor tunder jadi clasik gagah, modip motor tunder, Suzuki thunder 225 trail, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply