Home Motor Peraturan Boncengan Motor Agar Lebih Aman Berkendara

Peraturan Boncengan Motor Agar Lebih Aman Berkendara

0 1538

Boncengan Motor Dengan Benar. Sebagian besar masyarakat di Indonesia mengandalkan sepeda motor sebagai alat transportasi. Kendaraan roda dua ini memang memiliki beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh mobil. Di antaranya adalah harganya yang lebih terjangkau dan kemudahannya untuk digunakan melesat di jalanan padat.

Walaupun mudah untuk dikendarai, namun tidak sedikit pula para pengguna sepeda motor yang tidak mematuhi aturan yang berlaku dalam berkendara motor. Salah satunya adalah dalam hal berboncengan.

Meskipun hal ini terlihat sederhana, namun pada kenyataannya banyak orang yang mengabaikan mengenai tata cara berboncengan yang benar. Hal ini sebenarnya wajib untuk diperhatikan sebab menyangkut keamanan dan keselamatan pengendara, penumpang dan pengguna jalan lainnya.

Instruktur JDDC, Jursi Palubulu menjelaskan bahwa hal sepele seperti berboncengan juga ada aturannya. Ditemui di sela-sela acara kampanye safety riding di Jakarta beberapa waktu yang lalu, Jusri menyampaikan bahwa posisi yang benar ketika berboncengan adalah dengan duduk menghadap ke arah depan, searah dengan posisi pengendara. Jusri mengungkapkan, hingga saat ini masih banyak orang yang berboncengan dengan posisi duduk menyamping. Padahal posisi duduk seperti itu dapat membahayakan orang yang bersangkutan.

Duduk di atas jok sepeda motor dengan posisi menyamping dapat mengurangi stabilitas mnotor ketika melaju kencang. Di samping itu, pembonceng yang duduk dengan posisi miring dapat membuat pemegang kemudi mengalami kesulitan untuk menjaga keseimbangan motor ketika harus berhenti mendadak.

Tips Berboncengan dengan Baik dan Aman 2

Jusri yang merupakan seorang Instruktur safety riding profesional ini menambahkan, posisi duduk menghadap ke depan adalah posisi yang paling aman bagi pembonceng motor. Dengan duduk menghadap ke depan, keamanan pengemudi dan pembonceng selama perjalanan akan terjaga dengan baik.

Perlu Anda perhatikan, di samping posisi duduk menghadap depan, posisi lutut harus mengapit bagian pinggul pemegang kemudi. Hal ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan ketika motor menikung maupun melakukan manuver.

Tidak hanya itu saja, posisi kaki pembonceng juga harus berada di tempat yang tepat, yakni di footstep bagian belakang. Selain itu, khusus untuk pembonceng jangan menempatkan kedua kaki di tempat pengemudi berpijak. Hal ini berlaku untuk seluruh jenis motor, terutama skuter matik. Aturan terakhir, posisi tangan pembonceng harus berada di pinggang pengemudi.

Selain tips yang disampaikan oleh Jusri, ada beberapa tips tambahan seputar aturan saat berboncengan yang dilansir dari situs welovehonda. Berikut adalah tips-tips lain yang bisa Anda simak:

  1. Ketika sedang berkendara, pengendara memegang peran penting untuk menjaga keseimbangan motor. Oleh karena itu selalu perhatikan posisi berkendara sehingga perjalanan terasa lebih nyaman dan aman.
  2. Saat berkendara di jalan raya kecelakaan sangat mungkin terjadi. Dan hal itu tidak dapat diprediksi sebelumnya. Oleh karena itu gunakanlah perlengkapan berkendara yang aman, mulai dari kepala hingga ujung kaki seperti helm, jaket, celana panjang, sepatu dan sarung tangan. Beberapa perlengkapan ini harus digunakan agar Anda terhindar dari resiko cidera ketika terjadi kecelakaan.
  3. Untuk pembonceng, biasakan fokus dan melihat ke arah depan. Usahakan jangan tertidur atau memainkan handphone selama perjalanan. Dengan begitu, pembonceng dapat mengantisipasi agar tidak mengalami cidera terlalu parah jika terjadi kecelakaan.
  4. Tidak disarankan untuk berboncengan lebih dari dua orang. Kenyamanan pengendara dalam perjalanan merupakan hal yang harus diutamakan. Tanpa adanya kenyamanan pengendara akan mengalami kesulitan untuk melakukan manuver atau mengoperasikan instrumen kelistrikan sepeda motor.

Demikian adalah beberapa tips berboncengan dengan sepeda motor. Berkendaralah dengan baik dan benar sehingga Anda dan orang lain terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Img source: http://www.motorcycle-usa.com

Source: aturan boncengan sepeda motor, modif motor laki gonceng 3goncengan di samping, moge nyaman untuk bonceng, motor boncengan disamping, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply