Home Auto News Motor Terbaru Yamaha Saluto, Cuma 9 Juta Rupiah!

Motor Terbaru Yamaha Saluto, Cuma 9 Juta Rupiah!

0 1750

Motor Murah Terbaru Yamaha Saluto. Setelah penantian cukup lama akhirnya pabrikan motor berlambang tiga garputala, Yamaha meluncurkan motor sport murahnya di Negeri Hindustan, India pada Jum’at (17/04/2015). Motor tersebut dijual dengan harga Rs. 52.000 atau hanya mencapai Rp 10 jutaan.

Menurut kabar yang dirilis Rushlane, Rabu (15/04/2015), Yamaha India menamai motor sport terbarunya itu dengan nama Yamaha Saluto. Motor bertransmisi manual itu mengusung mesin berkapaistas 125 cc.

Yamaha Saluto merupakan motor murah entry level yang hadir tanpa disematkannya fairing. Melihat tampilan lampu depan yang dibuat meruncing pada motor ini, sekilas akan mengingatkan kita pada Yamaha Scorpio Z.

Secara keseluruhan motor sport perkotaan ini memiliki tampilan yang terlihat modern dan stylish. Bagian body dibuat serba runcing yang semakin memperkuat identitas dari motor sport Yamaha di India. Sementara melihat tampilan kaki-kakinya, Yamaha menyematkan pelek model palang (casting wheel) pada Saluto ini.

Hadir sebagai motor murah, Yamaha Saluto menggunakan suspensi belakang shock model ganda dengan sistem pengereman teromol.

Melihat sektor performanya, Yamaha Saluto dipersenjatai dengan dapur pacu yang memiliki kapasitas sebesar 123 cc. Yamaha mengklaim mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga mencapai 10,8 hp pada putaran 7.500 rpm dengan torsi puncak sebesar 10,4 Nm pada putaran 6.500 rpm. Mesin tersebut dikombinasikan dengan sistem perpindahan gigi manual 4-percepatan.

Yamaha Saluto 2015 India 1

Menariknya, konsumsi bahan bakar Yamaha Saluto ini diklaim dapat mencapai 78 km/liter. Dengan bobot yang cukup, yakni hanya mencapai 125 cc, Yamaha Saluto cukup lincah untuk digunakan melintasi jalanan yang macet.

Melihat dimensinya, Yamaha Saluto memiliki ukuran panjang 2.035 mm, dengan lebar sebesar 700 mm dan tinggi mencapai 1.080 mm. Motor tersebut memiliki wheelbase atau jarak sumbu roda sepanjang 1.265 mm dengan ground clearance 180 mm.

Yamaha mengatakan, motor ini memang dihadirkan untuk mendongkrak penjualan khususnya di segmen sport 125 cc. Yamaha India berharap penjualan Saluto bisa lebih baik dari pendahulunya yang tidak terlalu diminati masyarakat, yakni Yamaha YBR 125 dan SS 125. Di pasar motor India, Yamaha Saluto memiliki beberapa pesaing, yakni Honda Shine 125 dan TVS Phoenix.

Apabila dibandingkan dengan motor Yamaha yang telah dipasarkan saat ini, Yamaha Saluto bisa dibilang murah karena dihadirkan untuk memaksimalkan fungsionalitas. Yamaha Saluto 125 cc bukanlah satu-satunya motor murah yang dimiliki oleh automaker asal Jepang itu.

Sebelumnya Yamaha India pernah menghadirkan motor yang lebih murah dari Saluto. Motor tersebut adalah Yamaha Indra yang mengandalkan mesin berkapasitas 110 cc sebagai sumber tenaganya. Harga jual dari motor murah tersebut mencapai US$500 atau jika dikurskan mencapai Rp 6 jutaan. Akan tetapi hingga sekarang Yamaha Indra hanya menjadi model konsep dan belum memasuki tahap produksi.

Walaupun merupakan pabrikan besar di Asia, akan tetapi di India Yamaha belum mampu menandingi keberadaan Honda dan beberapa merek lokal India seperti Bajaj, Hero dan TVS. Hal inilah yang membuat Yamaha India fokus dalam merangkul banyak pelanggan.

Dengan adanya peningkatan penjualan produk setiap bulannya, Yamaha India ingin melanjutkan kenaikan yang stabil walaupun lambat. Di samping itu, dengan hadirnya motor Yamaha Saluto yang dipatok dengan harga murah, Yamaha berharap agar penjualan produknya di India dapat meningkat. Yamaha India optimis Saluto dapat menguasai market share 83 persen di kelas motor 100-125 cc. Baca juga beberapa motor murah lainnya, Motor Matik Murah Honda, Daftar Motor Sport Murah dan Motor Injeksi Murah Terbaru.

Spesifikasi Yamaha Saluto 2015 India :

  • Dimensi (P x L x T) : 2.035 mm x 700 mm x 1.080 mm
  • Wheelbase : 1.265 mm
  • Ground clearance : 180 mm
  • Berat : 112 kg
  • Kapasitas tangki BBM : 7,6 liter
  • Rem : teromol 130 mm (depan-belakang)
  • Mesin : 125 cc Blue Core
  • Max power : 8,3 PS @7.000 rpm
  • Max torsi : 10,1 Nm @4.500 rpm
  • Transmisi : 4-speed

Source: motor yamaha 2017 di indonesia manual, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply