Home Auto News Suzuki Satria F 115 Young Star Indonesia Segera Rilis!

Suzuki Satria F 115 Young Star Indonesia Segera Rilis!

0 1630

Suzuki Satria F 115 Young Star Adik Satria 150. Dalam waktu dekat salah satu pabrikan motor asal Negeri Bunga Sakura, Suzuki akan meluncurkan motor barunya di Tanah Air. Motor tersebut merupakan adik dari Suzuki Satria F 150 yang memiliki banyak konsumen di kalangan penggemar motor.

Sebenarnya kabar mengenai kehadiran motor ini bukanlah pertama kalinya mencuat ke publik. Isu tersebut telah ada sejak tahun lalu, namun pada akhirnya kabar tersebut tidak terdengar lagi. Dan kini, kabar terbaru mengatakan bahwa motor tersebut akan dirilis dalam waktu dekat.

Apabila sebelumnya berita-berita yang beredar hanyalah gosip belaka, kali ini rencana Suzuki Indonesia untuk menghadirkan motor yang memiliki kode produksi FJ ini semakin jelas dan pasti. Menurut gambar yang bocor di dunia maya, motor tersebut akan hadir menyapa konsumen Indonesia dengan nama Suzuki Satria F 115, dengan tagline Young Star.

Dari tagline tersebut, bisa ditarik kesimpulan bahwa motor yang dipersenjata dengan dapur pacu berkapasitas 115 cc ini dihadirkan untuk pengendara pemula yang baru menggunakan sepeda motor. Contohnya seperti anak SMA atau anak yang baru saja masuk perguruan tinggi.

Suzuki Satria F115 Young Star 2015 Indonesia 2

Saat hal ini dikonfirmasi langsung pada pihak PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek (APM) Suzuki di Tanah Air, peluncuran dari Suzuki Satria F115 ini akan dilakukan dalam waktu dekat. “Rencananya akan di-launching sebelum atau mendekati event Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2015,” ungkap Yohan Yahya, General Manager Marketing 2W PT SIS.

Lalu seperti apa mesin yang diusung oleh Suzuki Satria F 115 ini? Walaupun hadir dengan model ayam jago layaknya Satria F 150, rupanya Satria F 115 mengandalkan mesin tidur seperti motor bebek. Menurut informasi yang berkembang, mesin tersebut tidak jauh berbeda dengan Suzuki Shooter.

Suzuki Shooter adalah motor bebek terbaru entry level andalan Suzuki. Motor tersebut dihadirkan sebagai penerus generasi Suzuki Smash.

Mesin yang dibenamkan memiliki kapasitas murni sebesar 113 cc, 2-valve, SOHC. Menariknya sistem bahan bakar yang digunakan sudah fuel injection. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga hingga sebesar 9,2 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 9,1 Nm pada putaran 6.000 rpm.

“Meski sepintas seperti Shooter yang ganti genre jadi ayam jago, tapi ada beberapa perubahan khususnya di rangka. Jadi Shooter tidak bisa dirubah atau dimodifikasi menjadi Satria F 115,” kata Yohan.

Seperti yang diketahui bersama, Suzuki Satria F150 merupakan motor ayam jago yang meraih kesuksesan dengan mengandalkan kopling manual. Akan tetapi untuk Satria F 115 nantinya akan menggunakan kopling otomatis seperti motor bebek biasa. Kendati demikian pemilihan kopling ini bukan tanpa tanpa alasan.

“Ada alasan tersendiri kenapa motor ini tidak mengusung kopling manual. Ada pasar atau target yang kami tuju, jawaban selengkapnya nanti yaa pas launching,” jelasnya.

Dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda dari Suzuki Shooter, diperkirakan harga jual Suzuki Satria F 115 ini hampir sama dengan motor tersebut.

“Basic-nya memang tidak jauh beda dengan Suzuki Shooter, tapi ada beberapa perbedaan pada rangka. Harga jualnya akan sedikit lebih mahal di atas Shooter,” terang Yohan.

Tidak menutup kemungkinan harganya berada di atas Suzuki Shooter namun di bawah Shogun Axelo 125. Sebagai informasi tambahan, Suzuki Shooter SR yang dijual oleh PT SIS saat ini dijual dengan harga tertinggi Rp 13,85 juta. Sedangkan Suzuki Axelo R 125 dipatok Rp 15,79 juta. Semua harga tersebut berstatus on the road Jakarta. Dengan demikian diprediksikan harga Suzuki Satria F 115 mencapai Rp 14 jutaan. Baca juga, Suzuki Indonesia Luncurkan Adik Suzuki Satria dan 5 Motor Baru Yamaha Tahun 2015 Di Indonesia.

Source: motor bebek terbaru, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply