Home Mobil Cara Cek Kondisi Rem Sebelum Membeli Mobil Bekas

Cara Cek Kondisi Rem Sebelum Membeli Mobil Bekas

0 1197

Panduan Membeli Mobil Bekas Cek Kondisi Rem. Pada saat membeli mobil bekas, terkadang sistem rem menjadi bagian yang luput dari pemeriksaan. Ada beberapa hal yang melatarbelakangi hal ini, seperti larangan dari pemilik mobil sebelum ada kesepakatan. Padahal sistem rem merupakan bagian penting dari sebuah kendaraan, tak terkecuali pada mobil.

Maka dari itu melakukan pengetesan terhadap mobil bekas yang hendak dibeli merupakan sebuah hal yang semestinya tidak boleh terlupakan. Akan tetapi jika situasi tidak memungkinkan, masih ada cara lain untuk memeriksa siste rem mobil. Caranya adalah dengan memeriksa kondisi minyak rem. Buka tutup tabung minyak rem, lalu lihat volume dan kondisinya.

“Pengecekan minyak rem adalah cara pertama dan yang paling mudah untuk mengetahui kondisi sistem rem,” kata Arief Fadillah, Service Manager Plaza Toyota Garden, Jakarta Barat.

Arief menjabarkan, bila volume minyak rem berkurang ada dua kemungkinan yang terjadi, yakni kampas rem menipis atau adanya kebocoran cairan di sistem rem. Untuk mengetahui kebocoran, Anda dapat mengecek kondisi sekitar tabung minyak rem dan master rem.

Cara Cek Kerusakan Rem Mobil Bekas 2

Apabila Anda diperkenankan untuk melakukan pengetesan pada mobil, tentu informasi yang Anda peroleh akan lebih banyak. Oleh karena itu luangkan waktu untuk memeriksa rem mobil bekas. Berikut adalah beberapa ciri-ciri adanya kerusakan berdasarkan karakter pedal rem saat melakukan pengereman :

1. Pedal rem terasa dalam

Saat Anda mengemudikan mobil dan pedal rem terasa dalam ketika diinjak, bisa dipastikan ada masalah pada sistem rem. Biasanya hal ini disebabkan oleh master rem. Namun Anda tidak dianjurkan untuk mengganti sil master rem saja, sebab kerusakan pada umumnya terjadi pada sil dan dinding silinder master rem. Agar lebih aman, gantilah master rem secara keseluruhan.

2. Rem tidak pakem

Hal ini bisa disebabkan oleh dua komponen. Pertama adalah master rem yang telah rusak. Kerusakan bisa berupa bocornya sil yang membuat minyak rem tidak dapat menekan piston kaliper secara maksimal. Selain itu bisa juga dikarenakan oleh kondisi kampas rem yang mulai menipis atau karena menggunakan sepatu rem imitasi.

“Ciri kampas rem imitasi biasanya setelah dipakai, permukaannya mengilap. Seperti banyak kandungan metalnya,” jelas Purnomo, Technical Leader Plaza Toyota Green Garden. Perlu Anda ketahui, kampas rem yang memiliki kandungan metal terlalu banyak dapat membuat cakram rem mudah terkikis dan bergelombang.

3. Rem keras saat diinjak

Hal ini biasanya ditimbulkan oleh booster rem yang bermasalah. Komponen ini bertugas untuk membantu meringankan kerja master rem untuk mendorong minyak rem dengan memanfaatkan vaku intake mesin. Namun Anda tidak disarankan untuk memperbaiki ataupun membeli booster rem rekondisi, karena tidak awet dan tidak akan bekerja maksimal.

4. Pedal rem bergetar saat diinjak

Masalah ini biasanya timbul saat Anda melakukan pengereman pada kecepatan 80-100 km/jam. Hal ini disebabkan oleh piringan cakram yang sudah tipis dan bergelombang. Jika piringan belum menyentuh angka minimum thickness dan tergolong masih aman, bagian yang bergelombang dapat dibubut agar kembali rata.

5. Pemeriksaan ABS

Untuk memeriksanya, perhatikan indikator ABS. Jika lampu indikator tetap menyala atau berkedip saat mesin hidup, artinya ada masalah pada sistem ABS. Untuk mengetahui penyebabnya, Anda harus melakukan pengecekan dengan menggunakan alat diagnostic.

Perhatikan pula speed sensor, jika kotor dapat membuat lampu ABS menyala. Selain itu jangan lupa untuk memeriksa modulator atau perangkat pengatur tekanan ABS, sebab perangkat ini rentan mengalami kerusakan. Baca juga, Tips Merawat Rem Mobil, Penyebab Rem Mobil Blong dan Cek Rem Mobil Pasca Banjir.

Source: www cara cek kondisi kampas rem swift com, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply