Home Mobil 5 Modus Kejahatan Mobil Yang Sering Terjadi!

5 Modus Kejahatan Mobil Yang Sering Terjadi!

0 1169

Macam Tindak Kejahatan Pengemudi Mobil. Tindak kejahatan di jalanan seakan tidak pernah surut. Bahkan, saat ini para pelaku tidak segan menghabisi nyawa korbannya demi untuk mengambil apa yang menjadi incarannya. Di media massa, banyak diberitakan mengenai kasus begal motor. Namun bukan berarti pengendara mobil aman dan terbebas dari resiko kejahatan. Berikut adalah 5 modus kejahatan yang mengincar pengendara mobil.

1. Joki three in one

Beberapa waktu yang lalu pemberitaan dihangatkan dengan peraturan pemerintah mengenai three in one. Aturan ini sejatinya bertujuan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas yang semakin hari semakin macet. Pengendara mobil diharuskan membawa penumpang dua atau lebih untuk melintasi jalan tertentu.

Akan tetapi hal ini justru dapat mendatangkan bahaya bagi pengendara itu sendiri. Sebab joki yang menawarkan jasa merupakan orang asing yang tidak dikenal oleh pengendara sehingga memperbesar resiko terjadinya kejahatan.

2. Tebar paku

5 Modus Kejahatan pada Pengendara Mobil 2

Modus tebar paku ini sebenarnya sempat menurun lantaran seringnya petugas kepolisian yang menggalakkan kebersihan dengan mengandalkan penyapu jalan. Akan tetapi hal tersebut tidak membuat modus tebar paku lenyap. Modus ini tetap menjadi pilihan aman bagi para pelaku tindak kejahatan, sebab hanya perlu menebar paku dan tidak perlu berhadapan langsung dengan korbannya.

Jika mobil Anda terkena paku, alangkah baiknya untuk mencari tempat yang terang dan ramai sebelum memeriksa ban. Lebih baik jika ban Anda yang rusak daripada Anda menjadi korban lantaran berhenti di tempat yang tidak aman dan sepi.

3. Tabrakan

Modus kejahatan ini bisa dikatakan menjadi modus yang paling menyusahkan bagi para korban kejahatan. Sebab, jika kejahatan ini menimpa korban kerugian yang ditanggung bisa dua kali lipat. Di samping kondisi fisik mobil yang lecet atau rusak, bisa saja barang milik korban lenyap dibawa pencuri.

Modus ini sebenarnya memanfaatkan mekanisme pengalihan perhatian. Orang yang terlibat lebih dari satu orang. Ketika perhatian korban teralihkan, maka tersangka lain akan mengambil barang di dalam mobil secara diam-diam.

Apabila berada di situasi semacam itu, disarankan untuk mengunci mobil saat keluar untuk melihat kondisi kendaraan. Jangan lupa mencatat nomor kendaraan yang menabrak. Akan lebih baik jika ada pihak berwenang yang ikut andil, meskipun pada akhirnya diakhiri secara kekeluargaan.

4. Melempar telur

Aksi kejahatan ini memang tidak banyak dijumpai. Akan tetapi di beberapa kota yang tidak terlalu ramai, seperti Bogor, Bekasi, Madiun dan kota-kota lain modus kejahatan ini bisa dijumpai. Modus ini terbilang masih baru sehingga banyak pengendara yang menjadi korban.

Jika Anda merasa bahwa mobil sedang dalam incaran para pelaku kejahatan yang sengaja melempar telur ayam ke kaca mobil, dianjurkan untuk tidak disemprot dan dibersihkan dengan wiper Sebab hal tersebut justru membuat kaca menjadi lebih kotor. Ada baiknya untuk membawa mobil menuju ke tempat yang ramai dan terang, baru dibersihkan. Perlu Anda ingat, saat keluar dari mobil pastikan pintu terkunci.

5. Anak kecil yang menangis

Tindak kejahatan yang memanfaatkan anak kecil yang sedang menangis ini banyak terjadi di tahun 2013. Modus kejahatan ini bisa dibilang cukup kejam, pasalnya tersangka menggunakan kriminal berlapis. Pertama, memanfaatkan anak kecil di bawah umur sebagai pekerja dan kedua, jika modus tersebut berhasil korban akan di bawa ke suatu tempat yang telah direncanakan sebelumnya dan banyak hal yang bisa menimpa korbannya. Bisa jadi mobil baru anda dibawa lari, barang dicuri atau bahkan korban dibunuh.

Oleh karena itu, jika bertemu dengan anak kecil yang sedang menangis, sangat disarankan untuk membawanya ke kantor polisi. Jangan sekali-sekali menuruti permintaan anak tersebut untuk dibawa ke sebuah tempat. Dengan begitu Anda akan terhindar dari tindak kejahatan sekaligus membantu pihak kepolisian untuk mengusut kasus tersebut. Baca juga tips keamanan lainnya, Tips Naik Taksi Hindari Kejahatan, Bahaya Tidur Di Mobil Dan Tips Mengatasi Begal Motor.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply