Home Kawasaki Panduan Membeli Kawasaki Ninja 150R 2Tak Super Kips

Panduan Membeli Kawasaki Ninja 150R 2Tak Super Kips

0 13998

Membeli Motor Kawasaki Ninja 150 Bekas. Banyak motor bekas yang bisa dijadikan sebagai pilihan menarik untuk kendaraan pribadi. Mulai dari motor bebek, hingga motor sport tersedia di pasar motor bekas. Salah satunya yang bisa menjadi penarik perhatian adalah Kawasaki Ninja 150R lansiran tahun 2010. Motor sport andalan automaker asal Negeri Samurai ini memang dihadirkan sebagai sosok motor yang kencang.

Pada sektor pacunya, Ninja 150R dipersenjatai dengan mesin 2-tak dengan kapasitas sebesar 150 cc. Mesin tersebut dirasa sudah cukup untuk memenuhi keinginan pemiliknya melesat di atas aspal hitam. Di samping itu, motor ini juga dibekali dengan teknologi Super KIPS yang membuat performanya semakin maksimal dan ramah lingkungan berkat memenuhi standar Euro 2.

Jika kebetulan Anda sedang mencari motor sport yang bertenaga, Anda dapat menyertakan Ninja 150R 2010 ke dalam daftar Anda. Namun sebelum memutuskan untuk membelinya, jangan lupa untuk memeriksa beberapa bagian terlebih dahulu. Hal ini merupakan ritual wajib yang tidak boleh terlupakan saat hendak membeli motor dalam kondisi bekas.

“Cek kinerja Super KIPS, pastikan bekerja normal pada 6.000-7.000 rpm,” kata Taufik, mekanik Utama Motor yang ahli menangani motor Kawasaki.

Tips Beli Kawasaki Ninja 150R 2010 2

Di samping itu, perhatikan pula oli samping yang digunakan. Oli harus memiliki kualitas yang baik supaya tidak terjadi penumpukan kerak di bagian kepala silinder. Apabila perangkat Super KIPS mengalami masalah, dampak yang dirasakan yakni motor menjadi lebih boros bahan bakar dan kurang bertenaga saat dipacu.

Hal lain yang perlu diperiksa adalah sistem kelistrikan, terutama kiprok dan aki. Sebab, jika kiprok mulai mengalami permasalahan, hal tersebut akan mempengaruhi pengisian aki. Masalah ini juga dapat membuat aki cepat soak. Untuk masalah ini, dampak yang terlihat begitu jelas adalah nyala lampu motor yang menjadi lebih redup dari kondisi normalnya.

Beberapa orang ada yang mengeluhkan perihal sistem pengeremannya. Rem bagian depan dirasa kurang pakem. “Gejala rem kurang pakem biasanya disebabkan tidak menggunakan kampas rem yang orisinal,” ungkap Taufik. Walaupun harga part orisinal sedikit lebih mahal, namun ada baiknya untuk tetap menggunakannya. Sebab hal ini juga menyangkut keselamatan pengguna dalam perjalanan.

Di pasar motor bekas, Kawasaki Ninja 150R 2012 berkode KRL ini dijual dengan harga sekitar Rp 18 juta hingga Rp 19 juta. Harga motor sport bisa dibilang cukup tinggi mengingat mesin yang digunakan masih 2-tak yang kini mulai ditinggalkan. Namun hal tersebut adalah lumrah, pasalnya banyak orang yang berminat untuk membeli motor ini, terutama bagi generasi muda.

Baca Juga : Panduan Membeli Yamaha Jupiter MX Bekas

Biaya servis

Agar performa terjaga, lakukanlah perawatan setiap 2.000- 2.500 km. Apabila tidak ditemukan masalah, Anda akan dikenai biaya servis sebesar Rp 50 ribu. Harga tersebut sudah termasuk pembersihan karburator, cek rem, kopling dan perangkat kelistrikan.

Jika ingin membersihkan peranti Super KIPS, Anda dikenai biaya tambahan Rp 40 ribu. Jika Anda ingin melakukan servis besar dengan membongkar kepala silinder, biayanya mencapai Rp 175 ribu. Namun jika terdapat kerusakan berat dan mengharuskan turun mesin, biaya untuk overhaul Rp 400 ribu. Perlu Anda ingat, harga tersebut belum termasuk parts.

Peranti Super KIPS disarankan untuk diservis setiap tiga bulan sekali. Akan tetapi hal tersebut juga tergantung dari kualitas oli samping yang dipakai. Jika oli yang digunakan di bawah anjuran pabrik, jangka waktu servis bisa lebih cepat.

Harga komponen

  • Busi (NGK B9ECS) Rp 70.000
  • Kampas rem depan Rp 70.000
  • Kampas rem belakang Rp 70.000
  • Kampas kopling Rp 415.000 /set
  • Oli mesin Rp 50.000
  • Oli samping Rp 75.000
  • Aki Rp 160.000
  • Gir set Rp 365.000

Baca juga panduan lainnya, Panduan Membeli Mazda2 Bekas dan Panduan Membeli Chevrolet Spin Bekas.

Source: harga ninja super kips bekas, harga ninja r super kips, harga ninja rr super kips second, ninja super kips, harga ninja super kips, ninja r super kips mulai tahun berapa, harga ninja r super kips second, ninja rr 2tak 2016, ninja r super kips, harga ninja r bekas, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply