Home Mobil Cara Memperbaiki Spion Mobil Yang Rusak

Cara Memperbaiki Spion Mobil Yang Rusak

0 6277

Cara Perbaiki Spion Mobil. Saat membeli mobil bekas, ada sejumlah bagian yang perlu diperhatikan dan dicermati. Hal ini memang harus dilakukan oleh calon pembeli agar tidak terkecoh setelah membeli mobil pilihannya.

Dari sekian komponen yang ada mobil, mungkin spion menjadi salah satu bagian yang luput dari pemeriksaan. Memang benar masalah pada spion tidak akan mengganggu performa mobil, namun keberadaan spion pada mobil tetap dibutuhkan.

Seperti yang diketahui bersama, ada beberapa kerusakan pada spion mobil bekas. Di antaranya adalah kaca spion pecah ingga electric mirror dan pelipat otomatis yang tidak berfungsi. Namun Anda tidak perlu cemat, kondisi tersebut masih dapat diperbaiki. Selain itu banyak gerai yang menawarkan jasa perbaikan spion mobil dengan harga yang cukup terjangkau.

Berikut adalah beberapa masalah yang bisa menimpa spion mobil dan cara memperbaikinya :

1. Kaca spion

Kerap dijumpai kaca spion mobil bekas yang sudah pecah. Hal ini memang biasa terjadi lantaran kaca spion mudah pecah. “Untuk penggantian kaca spion ialah hal yang sangat mudah dilakukan. Untuk harga kaca spion sendiri dimulai dari Rp 50 ribu pada mobil Avanza,” jelas Emon dari Sandi Putra yang ahli dalam memperbaiki spion mobil.

Jika kaca spion pengganti tidak ditemukan, solusinya adalah dengan dibuatkan yang menyerupai aslinya atau bisa disebut custom.

Tips Perbaiki Spion Mobil Bekas 2

2. Electric Mirror

Masalah yang kerap menjangkiti spion elektrik adalah gigi-gigi penggerak yang sudah aus. Sebab, gigi-gigi tersebut pada umumnya terbuat dari plastik. Untuk mengatasi masalah tersebut, cara termurah yang bisa Anda tempuh adalah dengan melakukan kanibal dengan part yang serupa. Untuk melakukannya Anda akan dikenai biaya Rp 250 ribu dan spion elektrik dapat berfungsi seperti sedia kala.

3. Pelipat spion otomatis

Pada sistem pelipat spion otomatis, masalah yang sering dijumpai adalah kerusakan dinamo. “Sedikit berbeda dengan pelipat spion otomatis, masalah yang ada justru lebih sering pada dinamo akibat malfungsi pelindungan dari air,” kata Emon.

Hal ini biasanya disebabkan oleh masuknya air dari sela-sela spion. Dalam jangka waktu panjang hal tersebut dapat menimblkan munculkan karat pada dinamo. Karat yang menempel pada dinamo akan membuat arus yang keluar menjadi tidak maksimal dan lambat laun dinamo tidak dapat berfungsi. Untuk mengganti dinamo, Anda harus mengeluarkan uang sebesar Rp 300 ribu. Tips Menghindari Pencurian Kaca Spion Mobil dan Cara Merawat Spion Mobil dan Motor.

Setelah spion mobil terbebas dari segala permasalahan, alangkah baiknya Anda merawat spion mobil secara rutin. Hal ini akan membuat spion terhindar dari masalah di kemudian hari. Berikut adalah tips singkat merawat spion mobil :

  • Apabila spion mobil terkena lumpur, segera bersihkan hingga bersih. Jika terlanjur mengering, gunakan air sabun dan cipratkan ke bagian yang terkena lumpur. Diamkan beberapa saat, lalu gosok secara perlahan bagian tersebut hingga lumpur hilang tak tersisa.
  • Seiring pemakaian, spion juga dapat berkarat. Untuk membersihkannya, lepaslah spion (elektrik mobil), kemudian bersihkan rongga gerak spion dengan menggunakan kuas kecil. Jika dirasa sulit, gunakan amplas dan gosokkan perlahan ke bagian yang berkarat. Jika sudah selesai pasang kembali spion seperti sebelumnya
  • Air hujan dapat meninggalkan bekas pada spion mobil. Untuk menghilangkan bekas air ujan, gunakan campuran vinegar dan air dengan perbandingan 2:1. Vinegar merupakan zat asam yang aman untuk kaca spion.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan kain kanebo, sehingga ketika kaca spion basah, Anda dapat segera membersikannya. Selain itu disarankan untuk memarkirkan kendaraan di tempat yang aman dari percikan hujan.

Source: ganti kaca spion mobil pecah, kaca spion avanza pecah, kaca spion mobil pecah, cara memperbaiki spion elektrik, cara memperbaiki spion mobil yang patah, service spion elektrik, elektrik mirror rusak, service spion mobil patah, reparasi spion mobil, service spion mobil, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply