Home Mobil Beberapa Hal Yang Menjadi Penyebab Kopling Selip

Beberapa Hal Yang Menjadi Penyebab Kopling Selip

0 4400

Penyebab Kopling Mobil Selip. Memiliki mobil memang tidak terlepas dari beragam masalah. Masalah-masalah tersebut dapat muncul sewaktu-waktu. Bahkan bisa saja terjadi ketika kita sedang asyik berkendara. Hal tersebut tentu menjadi hal yang tidak menyenangkan, terutama bagi Anda yang harus pergi ke suatu tempat karena urusan yang penting.

Berbicara tentang masalah pada mobil, mungkin salah satu dari Anda pernah mengalami gigi transmisi manual mobil seperti sulit untuk berpindah dan berbunyi ketika memindahkan gigi, padahal pedal kopling sudah diinjak dengan benar.

Gejala lain yang dirasakan biasanya adalah perpindahan tuas transmisi ke gigi 2 yang terasa seperti menggunakan gigi 1. Jika Anda pernah menglami hal tersebut, maka kopling mobil Anda kemungkinan besar mengalami selip.

Kopling selip pada umumnya terjadi apabila mobil telah dipakai selama tujuh tahun dengan pemakaian yang sering. Perpindahan gigi yang tidak mendapat respon dan timbulnya bunyi ketika memindahkan gigi hanyalah salah satu contoh dari berbagai gejala saat kopling selip. Ada banyak gejala lain yang dapat mengindikasikan bahwa kopling mobil mengalami selip.

Namun Anda tidak perlu bingung, ada beberapa cara untuk mengetahui bahwa kopling mobil sedang mengalami selip. Berikut adalah beberapa teknik untuk mendiagnosa kopling yang selip.

Coba Anda cermati, apakah Anda sering memindahkan transmisi ke gigi rendah ketika mobil melintasi jalanan yang menanjak. Apabila Anda kurang menyadari hal tersebut, periksa kopling selip di jalan-jalan menanjak yang sepi. Pemilihan jalur menanjak yang sepi tentu bukan tanpa alasan. Dengan memilih jalan yang sepi, Anda dapat melakukan diagnosa tanpa menimbulkan kemacetan bagi pengguna jalan lainnya.

Tips Atasi Kopling Mobil Selip 2

Kemudian, coba Anda cermati apakah muncul bunyi mesin yang tidak seperti biasanya ketika Anda melakukan akselerasi atau saat memulai start. Bunyi tersebut biasanya menyerupai bunyi benda yang sedang berputar cukup keras.

Selanjutnya, sadari apakah pedal kopling pada mobil baru 2015 milik Anda mulai mengendur atau tidak, khususnya ketika pedal kopling sudah tidak dapat disetel atau disesuaikan ulang.

Selain itu ketahui apakah pedal mulai mengeras atau mengencang dan butuh tenaga lebih untuk menginjaknya.

Jika kondisinya mendukung, setel ulang pedal kopling tersebut. Lakukan tahapan ini jika Anda telah merasakan kekenduran pijakan sejauh 1,5 inci. Apabila ditinjau dari segi finansial maupun keekonomisan waktu, melakukan penyetelan ulang pedal kopling jauh lebih murah dan tidak membutuhkan banyak waktu dalam pengerjaannya. Akan tetapi, membeli dan menggunakan kopling baru akan lebih terjamin dan membuat Anda merasa aman dan nyaman.

Silakan Anda coba prosedur diagnosa berikut ini : Aktifkan rem tangan, hidupkan mesin mobil, lalu pijak pedal kopling dan atur transmisi ke gigi 4. Lepaskan pijakan pedal kopling secara perlahan, namun pedal gas tetap diinjak. Apabila dengan melakukan cara ini tidak terdapat respon atau mobil tetap diam dan tidak bergerak sama sekali, bisa dipastikan pedal kopling sudah harus diganti dengan yang baru.

Demikian adalah beberapa tahapan yang bisa Anda coba untuk mengetahui kopling mobil yang selip. Sebagai pengingat, jangan lupa untuk memeriksa kondisi rem tangan. Pastikan perangkat vital yang berfungsi sebagai penghenti laju ini dapat bekerja dengan baik. Mengapa hal tersebut harus dilakukan?

Pemeriksaan rem tangan perlu dilakukan, sebab pedal kopling yang selip kadang kala dapat membuat mobil mundur ketika menanjak atau maju dengan sendirinya. Saat berada di situasi semacam itu, menggunakan rem tangan akan sangat membantu Anda untuk mengatasi masalah tersebut. Baca juga, Tips Memilih Kampas Kopling Motor, Mengatasi Pedal Kopling Mobil Keras dan Tips Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter.

Source: cara mengatasi kopling mobil los, penyebab kopling mobil selip, penyebab kopling selip pada mobil, cara mengatasi kopling mobil selip, 9 penyebab kopling selip, kopling mobil selip, cara memperbaiki kopling mobil selip, penyebab kopling selip, cara mengatasi kampas kopling selip, penyebab kopling mobil slip, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply